Logo BeritaSatu

OECD Sepakati Reformasi Pajak Global 15%

Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:35 WIB
Oleh : Grace Eldora Sinaga / WBP

Paris, Beritasatu.com - Dorongan global untuk memberlakukan pajak internasional minimum pada perusahaan besar semakin mendekati kenyataan. Salah satu pihak yang tidak setuju, Hungaria, menyatakan setuju bergabung dengan reformasi yang kini melibatkan 136 negara.

Kesepakatan yang ditengahi Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) menetapkan pajak global sebesar 15%. Tujuannya untuk mencegah perusahaan internasional memotong tagihan pajak dengan mendaftar di negara-negara dengan tarif rendah. "Perjanjian hari ini akan membuat pengaturan pajak internasional kita lebih adil dan bekerja lebih baik. Ini adalah kemenangan besar bagi multilateralisme yang efektif dan seimbang," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) OECD Mathias Cormann, Sabtu (9/10/2021).

Pengumuman Hungaria datang sehari setelah Irlandia, yang tarif pajak rendahnya menarik perusahaan seperti Apple dan Google, setuju bergabung dengan upaya global.

OECD mengatakan, dengan tanda sepakat dari pemerintah Hongaria, sebanyak 136 negara yang mewakili 90% produk domestik bruto (PDB) global kini telah mendaftar dalam kesepakatan tersebut. Estonia juga bergabung dengan reformasi pajak pada Kamis (7/10/2021).

Menurut lembaga yang berbasis di Paris tersebut, Kenya, Nigeria, Sri Lanka, dan Pakistan adalah negara-negara terakhir di antara 140 negara yang menegosiasikan pajak. Pakistan telah berada di daftar penandatangan sebelumnya.

Organisasi itu mengatakan, negara-negara menargetkan penandatanganan konvensi multilateral pada 2022 dengan memperhatikan pelaksanaan reformasi pada 2023.

Momen Bersejarah
Pembicaraan selama bertahun-tahun mendapat dorongan awal tahun ini ketika pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendukung tarif pajak minimum global setidaknya 15%.

Pandemi virus corona menambah urgensi pada reformasi pajak, karena negara di dunia membutuhkan sumber pendapatan baru untuk membayar program stimulus besar yang dikerahkan selama resesi global tahun lalu. "Perjanjian hari ini merupakan pencapaian sekali dalam satu generasi untuk diplomasi ekonomi," tutur Menteri Keuangan Keuangan AS Janet Yellen dalam sebuah pernyataan.

"Mulai pagi ini, hampir seluruh ekonomi global telah memutuskan untuk mengakhiri perlombaan hingga ke dasar perpajakan perusahaan," katanya.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menyebutnya sebagai momen bersejarah. Ia mengatakan, semua perusahaan harus membayar bagian mereka yang adil.

Asosiasi Industri Komputer dan Komunikasi (CCIA) yang berbasis di Brussel juga menyambut baik kesepakatan itu. "(Itu adalah langkah) untuk memastikan bahwa aturan pajak internasional mencerminkan ekonomi global saat ini. Ini adalah langkah penting menuju lebih banyak keadilan dan kepastian dalam sistem perpajakan global," kata Wakil Presiden CCIA Christian Borggreen dalam sebuah pernyataan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bank DBS Indonesia Hadirkan This is DBS digibanking

Bank DBS Indonesia menghadirkan This is DBS digibanking, layanan perbankan digital bagi nasabah ritel, korporasi maupun Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

EKONOMI | 1 Juli 2022

Taspen Gandeng MNC Bank Kelola Rekening Penerima Pensiun

MNC Bank dan Taspen akan memudahkan konsumen melakukan pembayaran tabungan hari tua (THT), jaminan pensiun, dan lainnya.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Pemilik Belum Tertangkap, Binomo Masih Leluasa Beroperasi?

Aplikasi binary option berkedok robot trading Binomo masih bisa diakses masyarakat meski sudah berkali-kali diblokir oleh Bappebti.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Investor Aset Kripto Cermati Kelanjutan Fase Bear Market

Perdagangan aset kripto secara keseluruhan masih datar dan tidak bergairah selama sepekan terakhir.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Pacu Bisnis UMKM, Esta Dana Ventura Kembali Gandeng 9 BPR

Esta Dana Ventura kembali menjalin kerja sama dengan sembilan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk menyalurkan pembiayaan ke sektor UMKM.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Logam Bangun Setia Gelar Akad Massal Rumah Subsidi

Perumahan Logam Bangun Setia 2 (LBS 2) yang dikembangkan PT Saipul Putra Sakti, melakukan prosesi akad kredit massal rumah subsidi bekerja sama dengan Bank DKI.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Janji Jiwa Adopsi Nimbly Technologies Capai Operasi Optimal

Janji Jiwa, salah satu brand kopi di Indonesia, menerapkan Nimbly Technologies untuk meraih konsistensi dan transparansi.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Properti Tumbuh, MAJ Residences Bekasi Kebut Pembangunan

Tren positif sektor properti di Bekasi menjadi momentum untuk mengejar progres pembangunan apartemen The MAJ Residences Bekasi.

EKONOMI | 1 Juli 2022

AAJI: Aset Asuransi Jiwa Indonesia Bisa Tembus Rp 3.000 T

Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyampaikan, tingkat penetrasi industri asuransi jiwa nasional berkutat di kisaran 1,2%-1,4%.

EKONOMI | 1 Juli 2022

Secara Analisis Teknikal, Penurunan Bitcoin Masih Wajar

Penurunan harga Bitcoin yang saat ini berada pada level sekitar Rp 300 jutaan masih dalam batas wajar jika ditinjau dari analisis teknikal.

EKONOMI | 1 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-76 Polri, Henry Indraguna Dukung Restorative Justice

HUT Ke-76 Polri, Henry Indraguna Dukung Restorative Justice

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings