Logo BeritaSatu

OJK: Transformasi Digital RI Lahirkan 2.100 Startup, 7 Unicorn, 2 Decacorn

Senin, 11 Oktober 2021 | 11:58 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyampaikan, pandemi Covid-19 memiliki momentum besar hadirnya transformasi digital, baik pada kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan bisnis. OJK juga terus melakukan akselerasi transformasi digital di sektor jasa keuangan dengan memanfaatkan potensi ekonomi digital yang tumbuh luar biasa di Indonesia.

Wimboh mengungkapkan, kehadiran teknologi di seluruh aspek kehidupan tidak mempunyai batasan ruang dan waktu dalam mendeliver produk dan layanan, sehingga semua produk bisa diakses dan dibeli di mana saja dan kapan saja. Sehingga muncul berbagai produk digital dari perusahaan rintisan atau startup, bukan hanya financial technology (fintech), tapi juga pemanfaatan teknologi pada bidang lainnya untuk mempermudah kehidupan masyarakat.

Advertisement

"Hingga saat ini terdapat 2.100 startup di Indonesia, di mana sampai dengan September 2021 ada tujuh unicorn dan dua decacorn yang telah merambah pasar ASEAN," ungkap Wimboh Santoso dalam acara OJK Virtual Innovation Day 2021, Senin (11/10/2021).

Dikatakan Wimboh, tumbuhnya inovasi digital tidak lepas dari dukungan otoritas, bukan hanya OJK tapi juga dari seluruh pemangku kepentingan dengan prinsip light touch and safe harbour.

“Jadi kebijakan kita bukan kebijakan yang membatasi, tapi mendorong, sangat mendukung hadirnya digital ini karena masyarakat mendapatkan manfaat paling besar. Terutama di sektor jasa keuangan, OJK sangat berperan strategis untuk mendukung pengembangan inovasi dalam satu ekosistem sistem keuangan digital secara terintegrasi," kata Wimboh.

OJK mendorong industri jasa keuangan di Indonesia untuk terus selalu relevan dari masa ke masa dan responsif dengan perkembangan teknologi, sehingga mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat untuk menciptakan tenaga kerja, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan membawa seluruh lapisan masyarakat kepada layanan keuangan atau inklusi keuangan.

Wimboh menambahkan, OJK juga terus bekerja sama dengan regulator negara-negara lain yang memiliki kewenangan dalam mengatur sektor keuangan, misalnya regulator di Singapura, Malaysia, Thailand, dan juga Filipina, agar gerak dan langkahnya sama sehingga tidak ada regulatory arbitrage. Di samping itu, OJK juga mendapat dukungan dari World Bank dan Asian Development Bank yang telah membantu OJK dalam mengembangkan berbagai kebijakan agar relevan dan sejalan dengan kebijakan-kebijakan secara global.

“Kebijakan OJK dalam mempercepat transformasi digital di sektor keuangan terfokus pada dua hal, pertama mendukung memanfaatkan teknologi digital dalam rangka memberikan layanan produk kepada masyarakat yang murah dan kompetitif. Kedua memberikan kemudahan dan mempermudah akses kepada masyarakat yang unbankable dan para pelaku UMKM untuk masuk dalam ekosistem digital,” kata Wimboh.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Segera IPO, Simak Laporan Keuangan Solusi Kemasan Digital

PT Solusi Kemasan Digital berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan mencapai 40,97% menjadi Rp 26,22 miliar per 31 Juli 2022

EKONOMI | 2 Februari 2023

Pemerintah Siapkan Super Tax Deduction untuk Investor IKN Nusantara

BKPM menyampaikan akan memberikan insentif lebih besar untuk investor yang akan berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

EKONOMI | 2 Februari 2023

TBS Energi Utama Tawarkan Obligasi hingga Rp 500 Miliar

PT TBS Energi Utama Tbk berencana  enerbitkan obligasi dengan jumlah pokok sebanyak-banyaknya sebesar Rp 500 miliar terdiri seri A dan seri B.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Antisipasi Kenaikan Harga Pangan Jelang Ramadan, Mendag Siapkan Subsidi

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah memantau harga komoditas sembako secara berkala jelang bulan Ramadan.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mendag Tidak Terburu-buru Bentuk Bursa Kripto

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan bursa kripto akan diluncurkan sebelum Juni 2023.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Minyakita Dijual di Atas Rp 14.000, Mendag Ingatkan Sanksi Berat

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengingatkan para pedagang untuk tidak menaikkan harga Minyakita di atas Rp 14.000 per liter.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Mendag Targetkan Peluncuran Bursa Kripto di Juni 2023

Sebelum bursa kripto diluncurkan, Zulhas berharap masyarakat mampu memahami perdagangan aset kripto dan memiliki literasi dasar.

EKONOMI | 2 Februari 2023

3 Minggu Terakhir, Minyakita Sudah Hilang di Depok

Sudah hampir satu bulan Minyakita hilang dari peredaran di sejumlah pasar tradisional di kota Depok. 

EKONOMI | 2 Februari 2023

Membaiknya PDB AS dan The Fed Picu Tren Positif Aset Kripto

Pasar aset kripto tengah dalam tren positif sejak awal Januari 2023 bahkan dalam sepekan terakhir karena data ekonomi PDB AS.

EKONOMI | 2 Februari 2023

Agritech FishLog Serap 15.000 Ton Ikan dari Perairan Indonesia

FishLog, perusahaan agritech di industri rantai dingin perikanan hingga Desember 2022 menyerap 15.000 ton ikan dari seluruh perairan Indonesia,

EKONOMI | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ada Format Baru, Ini Jadwal MotoGP 2023

Ada Format Baru, Ini Jadwal MotoGP 2023

SPORT | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE