Logo BeritaSatu

PJB Operasikan PLTS di Pulau Bawean Bulan Depan

Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:43 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB) berkomitmen untuk terus mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia. Salah satunya, melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk pemakaian sendiri di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. PJB akan mulai mengoperasikan PLTS tersebut pada November 2021 mendatang.

Direktur Pengembangan dan Niaga PJB, Iwan Purwana, mengatakan Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki sekitar 17.000 lebih pulau. Kebanyakan listrik di kepulauan kecil tersebut menggunakan diesel. Dengan dana komitmen dalam penggunaan EBT, maka PJB membangun pembangkit hybrid, salah satunya di Pulau Bawean tersebut.

"PJB telah membangun PLTS 400 kWp + Bess 1300 kWh sebagai dukungan untuk Pembangkit Listrik Mesin Gas (PLTMG) 3x1 MW Bawean yang rencananya akan mulai beroperasi di November 2021 besok," kata Iwan, di Surabaya, Rabu (13/10/2021).

Selain itu, jelas Iwan, saat ini PJB juga telah merencanakan pengembangan PLTS Apung 2MWp + Bess 400 kWh di tepi pantai dekat PLTD. Pasalnya, pembangunan PLTS memerlukan lahan yang luas. "Di pulau Jawa karena keterbatasan lahan, maka PLTS akan dibuat terapung atau di atap," jelasnya.

Menurut Iwan, untuk membangun PLTS berkapasitas 2 MWp membutuhkan lahan seluas 1 hektare. Jika kapasitas PLTS ditambah maka luasan lahan juga harus ditambah.

"Menyikapi keterbatasan lahan untuk penambahan PLTS, solusinya bisa memanfaatkan bendungan milik PLN dimana pengelolaan airnya oleh Perum Jasa Tirta," imbuhnya.

Seperti di Jawa Timur sendiri, lanjut Iwan, untuk penambahan PLTS dengan memanfaatkan bendungan akan dilakukan PJB bersama Jasa Tirta Energi (anak perusahaan Jasa Tirta) yakni di Bendungan Sutami Malang dan Bendungan Lodoyo Blitar.

"Ini sudah masuk dalam RUPTL dan model kerja samanya adalah PJB, Jasa Tirta Energi sharing modal. Untuk investornya sangat banyak ada yang melalui pemerintahan seperti dari Inggris, ada Aqua, bahkan banyak investor dari Timur Tengah naksir dengan danau-danau di Pulau Jawa yang memiliki potensi untuk pemanfaatan PLTS. Terlebih yang sudah ada PLTA-nya," ungkapnya.

Direktur SDM PJB, Karyawan Aji mengatakan, pengembangan PLTS di Pulau Bawean itu juga untuk mendukung pencapaian target nasional energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025.

Dia menegaskan, penerapan EBT di Indonesia sudah tidak bisa dihindarkan. Apalagi setelah adanya perjanjian internasional untuk mengurangi emisi karbon di tanah air.

"Ditargetkan pada 2025 mendatang pemanfaatan energi baru terbarukan di Indonesia bisa mencapai 23%, dan potensi EBT di Indonesia menjadi magnet tersendiri bagi dunia internasional, karena cukup besar," kata Aji.

Menurut Aji, secara umum program pengembangan EBT yang dilakukan PJB ada beberapa skema, masing-masing EBT Skema Kemitraan, EBT Kepulauan Tersebar, PLTS untuk Pemakaian Sendiri (PS), hingga elektrifikasi dengan EBT.

"PJB juga mempunyai skema PLT Hybrid, yakni tenaga campuran, terdiri dari diesel, tenaga surya, dan baterai," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan Buyback

Emiten sektor teknologi, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) mengumumkan akan melakukan aksi korporasi pembelian kembali saham (buyback) secara bertahap.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Bukit Asam Borong MTN PT Timah Senilai Rp 391,25 Miliar

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membeli Medium Term Notes (MTN) I PT Timah TBK (TINS) Tahun 2022 sebanyak 25 lembar atau senilai Rp 391,25 miliar.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Mayoritas Masyarakat Puas dengan Pelayanan Petugas Pajak

Mayoritas responden yang memiliki NPWP merasa puas dengan pelayanan yang diberikan petugas pajak.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Telkom Dukung Digitalisasi Pendidikan di Daerah 3T

Telkom menyerahkan bantuan berupa perangkat device, network, application ke 321 sekolah di seluruh Indonesia terutama yang berada di wilayah 3T.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Survei Indikator: 80% Masyarakat Indonesia Belum Punya NPWP

Mayoritas responden dari survei Indikator Politik Indonesia menyatakan belum mempunyai nomor pajak wajib pajak (NPWP), yakni sekitar 80%.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

TransNusa Mulai Terbang Jakarta-Bali-Yogyakarta

TransNusa lepas landas pertamanya bersama penerbangan 8B 5532 pada pukul 08.20 WIB pagi dari Soekarno-Hatta dan mendarat di Yogyakarta pukul 09.25 WIB.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Bos LPS Yakin Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh di 2023

Purbaya menegaskan, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan menentukan arah pengembangan dan penguatan sektor keuangan di tengah kekhawatiran resesi.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Right Issue, Victoria Investama Bidik Dana Segar Rp 1,79 T

PT Victoria Investama Tbk (VICO) berencana melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) I atau rights issue.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Pelindo Optimistis Pelabuhan Garongkong Rampung Akhir 2022

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 optimistis target program quick win atau percepatan Pelabuhan Garongkong rampung akhir tahun 2022.

EKONOMI | 6 Oktober 2022

Kadin Gaungkan Inclusive Closed Loop di Rantai Pasok Jagung

Kadin mengatakan skema inclusive closed loop dapat menempatkan petani jagung di tengah ekosistem bisnis, sehingga lebih mudah mengakses permodalan.

EKONOMI | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan <em>Buyback</em>

PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS) Lakukan Buyback

EKONOMI | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings