Logo BeritaSatu

Skema Program Penanggulangan Kemiskinan Estrem Akan Diimplementasikan di Tujuh Provinsi

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:37 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Ambon, Beritasatu.com – Saat ini pemerintah terus memantapkan skema program penanggulangan kemiskinan ekstrem yang akan diimplementasikan pada tujuh provinsi yang diprioritaskan, di mana salah satunya adalah Provinsi Maluku.

"Tadi saya beserta beberapa jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju baru saja mendampingi Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, mengikuti rapat penanggulangan kemiskinan ekstrem di Kantor Gubernur Maluku. Di dalam rapat tersebut Kemenaker memiliki mandat untuk menekan angka kemiskinan melalui masifikasi peningkatan pelatihan kerja, serta pelatihan kewirausahaan mandiri," ungkap Ida.

Ia mengatakan itu saat membuka pelatihan berbasis kompetensi serta menyaksikan MoU dengan mitra pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Ambon, Rabu (13/10/2021).

Ida menyebut, sebelumnya, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah menggandeng Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Kementerian Koperasi dan UKM, guna melakukan Sinergi Program Penumbuhan dan Pengembangan Kewirausahaan dalam rangka Pengurangan Pengangguran dan Peningkatan Perekonomian Berbasis Desa.

Di satu sisi terkait peningkatan kompetensi, Ida menekankan agar BLK Ambon harus menjadi garda terdepan dalam menjawab kebutuhan peningkatan kompetensi, sertifikasi, hingga penempatan industri, guna mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan yang ada di Maluku.

Lebih lanjut, Ida menyambut baik atas MoU yang dilakukan oleh pihak industri dengan BLK Ambon. Menurutnya, upaya ini sangat dibutuhkan sebagai upaya dan sinergi dari BLK sebagai lembaga pelatihan dengan para pemangku kepentingan yang ada, baik dari kalangan pemerintah, akademisi, lembaga pelatihan, kalangan industri/dunia usaha, juga masyarakat.

"Upaya dan sinergitas inilah yang hendaknya didorong secara maksimal untuk memperoleh dampak positif dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan secara nasional maupun secara regional di wilayah Provinsi Maluku," ujar Ida.

Ia mengatakan, Ida Fauziyah menekankan agar BLK terus mengoptimalkan program transformasi BLK sebagai salah satu lompatan besar, guna meningkatkan kompetensi dan menekan angka kemiskinan di daerah.

Dalam menyukseskan program tersebut, Kemenaker menjadikan agenda 6R sebagai perhatian utamanya. 6R yang dimaksud yaitu reformasi kelembagaan, redesign substansi pelatihan, revolusi sumber daya manusia (SDM), revitalisasi fasilitas dan sarana prasarana, rebranding BLK, dan relationship.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DJP Optimistis Penerimaan Pajak 2022 Lampaui Rp 1.485 T

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) optimistis penerimaan pajak tahun 2022 akan melampaui  target yang ditetapkan sebesar Rp 1.485 triliun.

EKONOMI | 30 November 2022

Pertamina SMEXPO 2022 Dukung UMKM Binaan Naik Kelas

Sebanyak 500 UMKM binaan Pertamina akan berpartisipasi secara online maupun offline dalam Pertamina SMEXPO 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Honeywell Komitmen Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Honeywell menyatakan kesiapan dalam mendukung Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk mewujudkan ibu kota yang cerdas dan berkelanjutan.

EKONOMI | 30 November 2022

Erick Thohir Sebut Impor Beras Sebagai Langkah Keseimbangan

Erick Thohir menyatakan, impor beras sebagai langkah memastikan terjadinya keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

52,9 Juta Wajib Pajak Bisa Gunakan NIK Sebagai NPWP

Neil mengatakan, pengintegrasian NIK sebagai NPWP bertujuan meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak.

EKONOMI | 29 November 2022

Pacu Bisnis KPR, KB Bukopin Gandeng Asosiasi Agen Properti

KB Bukopin mengumumkan kerja sama strategis dengan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) dalam memacu bisnis kredit pemilikan rumah (KPR).

EKONOMI | 29 November 2022

Begini Strategi BRI Finance Targetkan NPF di Bawah 2,5%

PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) menetapkan target NPF di bawah 2,5% melalui strategi tata kelola yang baik.

EKONOMI | 29 November 2022

Wamenkeu: Pemerintah Waspadai Dampak Kebijakan The Fed

Wamenkeu Suahasil Nazara mengatakan, gejolak perekonomian global bisa terjadi karena The Fed masih akan menaikan suku bunga acuan di tahun 2023 nanti.

EKONOMI | 29 November 2022

Indonesia Dapat Komitmen Rp 314 Miliar untuk Transisi Energi

Indonesia mendapat komitmen dana asing US$ 20 juta (Rp 314 miliar) untuk transisi energi.

EKONOMI | 29 November 2022

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang Kompetisi Bukit Asam Innovation Awards 2022 Greenovator

Kompetisi ini terdiri dari roadshow, workshop, penyampaian karya inovasi, screening, pembekalan, presentasi, verifikasi lapangan, dan penetapan pemenang.

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE