Logo BeritaSatu

Kehadiran BLK Manokwari Selatan Ubah Paradigma Lama tentang Orang Asli Papua

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:13 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Manokwari, Beritasatu.com - Keberadaan Balai Latihan Kerja (BLK) di Manokwari Selatan, Papua Barat sangat bermanfaat untuk melatih dan mendidik orang asli Papua (OAP) menjadi cerdas dan terampil.

"Adanya BLK di Manokwari Selatan dapat mengubah paradigma lama tentang daya serap OAP di semua bidang usaha di tahun-tahun mendatang. Dengan adanya BLK maka ke depannya OAP dapat mandiri di daerahnya sendiri, karena kami yakin kehadiran BLK ini OAP menjadi cerdas dan terampil," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Papua Barat, Frederik DJ Saidui, di Manokwari, Kamis (14/10/2021) malam.

Frederik menyambut positif dukungan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah dengan memberikan bantuan peralatan dan instruktur yang tersertifikasi. Pemprov Papua Barat, telah menyiapkan lahan seluas 5 hektar untuk pembangunan BLK di Manokwari Selatan.

Selama tiga tahun, lanjut Frederik, pembangunan BLK di Mankowari Selatan telah didukung Gubernur Papua Barat melalui APBD Papua Barat. Tahun pertama, dibangun dinding penahan tanah di lokasi, tahun berikutnya dibangun pagar keliling dan tahun ketiga perumahan PNS yang akan difungsikan untuk mengelola BLK tersebut.

"Mudah-mudahan Pak Gubernur tahun depan kembali mendukung pembangunan bangunan-bangunan penunjang lainnya. Semoga tahun depan, akan ada kucuran anggaran agar BLK secepatnya dapat terealisasi di Manokwari Selatan," katanya.

Sementara Menaker, Ida Fauziyah memberikan perhatian khusus atas rencana Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk mendirikan BLK di Manokwari Selatan. “Para calon pekerja di Papua Barat perlu ditingkatkan kualitasnya dengan cara memperkuat keberadaan BLK. Saya kira untuk kebutuhan peningkatan kompetensi pekerja, atau calon pekerja di Papua Barat, perlu dipercepat dengan cara memperkuat BLK. Kita punya BLK Unit Pelayanan Terpadu Pusat (UPTP) di Sorong dan kita sangat mendukung BLK Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) yang dikelola Pemprov Papua Barat," kata Ida Fauziyah kepada media di Manokwari, Papua Barat, Kamis (14/10/2021) malam.

Ida meyakini dengan sinergisitas antara pemerintah pusat melalui BLK Sorong, dan Pemprov Papua Barat dengan membuat BLK berstandar nasional, bahkan Internasional, akan mempercepat peningkatan kompetensi masyarakat Papua Barat.

"Kalau tahun depan sudah dibangun, kita akan support dengan bantuan peralatan, bantu siapkan kapasitas instruktur dengan BLK dari seluruh Indonesia, tergantung jurusan yang akan di bangun di BLK sini. Prinsipnya, kami sangat support mulai dari peralatan hingga meningkatkan kompetensi instrukturnya," katanya.

Ida menegaskan pembangunan BLK UPTP di Kabupaten Manokwari Selatan ini dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Dengan begitu, pengembangan kompetensi tenaga kerja di Bumi Cendrawasih terus meningkat.

Menurut Ida, secara geografis, letak Kabupaten Manokwari Selatan sangat strategis. Karena sebagai kabupaten penghubung dan terletak di antara lima kabupaten yakni Manokwari, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama. Sementara dari sisi kebutuhan tenaga kerja, dapat diserap oleh industri dan perusahaan-perusahaan yang berada di lima kabupaten tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekosistem BUMN Bisa Bantu Startup Berkembang Secara Sustainable

Wamen  BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, tantangan utama yang dihadapi dunia startup adalah ketika ingin masuk ke tahap scalability.

EKONOMI | 27 September 2022

Mandala Finance Lirik Pembiayaan Motor Listrik

PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) siap membuka ruang kerja sama kepada calon mitra terkait untuk dapat menyalurkan pembiayaan motor listrik.

EKONOMI | 27 September 2022

Digagas Kaesang Pangarep dan Kevin, Saham Rakyat Luncurkan Versi Pro

Saham Rakyat, yang diinisiasi oleh Kaesang Pangarep dan Kevin Hendrawan, menghadirkan Saham Rakyat versi Pro.

EKONOMI | 27 September 2022

SIG Gandeng Cloud Amazon Percepat Transformasi Digital

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) atau SIG bekerja sama dengan Amazon Web Services (AWS) mempercepat transformasi digital dengan memanfaatkan teknologi cloud.

EKONOMI | 27 September 2022

Bank BJB Gelar Kompetisi Entrepreneur Muda Indonesia

Bank bjb menggelar kompetisi entrepreneur muda Indonesia yang penuh inovasi melalui Young Entrepreneur Success Zone (YEZ) 2.0 by bank bjb.

EKONOMI | 27 September 2022

Traveloka Dukung Implementasi Lima Pilar Aksi TWG G-20

Traveloka berkomitmen penuh mendorong percepatan pemulihan pariwisata nasionalmelalui berbagai inisiasi.

EKONOMI | 27 September 2022

Widodo Makmur Perkasa Ekspansi Pasar Ekspor ke Tiongkok

PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP) terus memperluas pasar ekspor produknya hingga ke Tiongkok.

EKONOMI | 27 September 2022

Bank BJB Berhasil Kembali Meraih Top GRC Award 2022

Bank BJB pada tahun ini kembali berhasil meraih penghargaan Top Governance, Risk & Compliance (GRC) Award 2022.

EKONOMI | 27 September 2022

Dolar Perkasa di Rp 15.100, Pound Inggris Masih Murah

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan sore hari ini, Selasa (27/9/2022), terpantau menguat ke kisaran Rp 15.120.

EKONOMI | 27 September 2022

Tarif Ojol Lebih Mahal dari Ketentuan? Ternyata Ini Biaya Tambahannya

Saat Beritasatu.com mencoba untuk perjalanan sejauh 2,5 km, tarif ojol ternyata Rp 15.000 atau lebih tinggi dari biaya jasa minimal.

EKONOMI | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Suap, Hakim Itong Isnaeni Dituntut 7 Tahun Penjara

Kasus Suap, Hakim Itong Isnaeni Dituntut 7 Tahun Penjara

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings