Logo BeritaSatu

Literasi Keuangan Jadi Kunci Penting untuk Memberdayakan Masyarakat

Jumat, 22 Oktober 2021 | 20:28 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) percaya kecakapan literasi keuangan merupakan salah satu kunci penting untuk memberdayakan masyarakat agar dapat membuat keputusan keuangan yang tepat.

Oleh karena itu, Prudential Indonesia melalui inisiatif Community Investment secara berkelanjutan melaksanakan beragam pelatihan literasi keuangan kepada sejumlah target yang sangat potensial untuk berkembang dan berperan penting dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, yaitu perempuan, anak, komunitas ekonomi Syariah, dan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah).

Komitmen edukasi ini juga kian digencarkan untuk turut menyukseskan Bulan Inklusi Keuangan 2021 dan Hari Asuransi 2021 sepanjang Oktober.

Saat ini, nilai indeks inklusi keuangan Indonesia dilaporkan sudah mencapai 76,19%, melampaui target Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) sebesar 75%. Meski demikian, kondisi ini masih belum ideal karena masyarakat menggunakan produk keuangan tanpa pemahaman yang memadai tentang pengelolaannya. Hal ini terlihat dari indeks literasi keuangan yang baru mencapai 38,03%.

Chief Human Resources and Community Investment Officer Prudential Indonesia, Indrijati Rahayoe, mengatakan, masih terdapat kesenjangan yang cukup besar antara indeks inklusi dan literasi keuangan.

"Oleh karena itu, kita perlu mengatasinya dengan membekali masyarakat pengetahuan untuk membuat keputusan keuangan yang cerdas dan memahami berbagai pilihan perencanaan keuangan yang tersedia, seperti perlindungan asuransi untuk keluarga. Pemahaman keuangan harus kian ditingkatkan terutama dalam kondisi pandemi yang menyebabkan berbagai tekanan dan ketidakpastian ekonomi," ujar Indrijati dalam siaran pers, Jumat (22/10/2021).

Indrijati menjelaskan, memahami pentingnya upaya-upaya untuk meningkatkan literasi keuangan di Indonesia guna membantu individu menghindari kerapuhan ekonomi di masa depan, pendidikan menjadi salah satu pilar utama inisiatif Community Investment perusahaan dalam memberdayakan masyarakat.

"Prudential Indonesia melalui berbagai program Community Investment terus melatih kemampuan pengelolaan uang bagi para perempuan, anak-anak sebagai generasi penerus, komunitas ekonomi Syariah, hingga pelaku UMKM agar mereka dapat memiliki perencanaan keuangan yang sehat dan bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya," jelasnya.

Community Investment Prudential Indonesia telah melakukan berbagai rangkaian inisiatif yang strategis untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, di antaranya edukasi literasi keuangan untuk perempuan.

Inisiatif ini telah dilaksanakan sejak 2009 sebagai respons atas rendahnya literasi pada perempuan, padahal mereka memegang peran penting untuk memberdayakan dirinya serta lebih jauh lagi, menjadi "menteri keuangan" keluarga dan mewujudkan keuangan keluarga yang sehat.

Pada 2019 indeks literasi keuangan perempuan Indonesia juga masih tertinggal dibandingkan laki-laki yaitu 36,13%. Sejumlah pelatihan terus dilakukan Prudential Indonesia berkolaborasi dengan berbagai kementerian, antara lain Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Hingga September 2021, program ini telah memberikan manfaat kepada lebih dari 41.000 perempuan Indonesia di seluruh Indonesia, dan ditargetkan untuk mencapai 50.000 perempuan pada 2022.

Inisiatif lainnya yang dilakukan Community Investment Prudential Indonesia adalah menggelar edukasi literasi keuangan untuk anak. Cha-Ching merupakan program literasi keuangan untuk anak usia 7-12 tahun yang dikembangkan oleh Prudence Foundation.

Hadir sejak 2012 dengan format menarik bagi anak melalui platform digital, yang kemudian berkembang seiring waktu menjadi modul pembelajaran tambahan di berbagai sekolah untuk mengajarkan empat kunci utama konsep pengaturan keuangan sehari-hari yaitu Peroleh (Earn), Tabung (Save), Belanjakan (Spend) dan Sumbangkan (Donate).

Bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia, selama enam tahun terakhir, program Cha-Ching telah mendapatkan
dukungan dari berbagai Dinas Pendidikan dan diimplementasikan di 2.675 sekolah dasar di Jakarta, Sidoarjo, Trenggalek, Blitar dan menjangkau 4.828 guru dan 146.799 anak. Merespons pandemi, Prudential Indonesia meluncurkan Cha-Ching Kid$ at Home sehingga anak tetap dapat belajar pengelolaan keuangan dari rumah.

Inisiatif berikutnya adalah edukasi literasi keuangan untuk komunitas ekonomi syariah. Edukasi berkelanjutan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan demi terjaminnya kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui roadshow dengan masyarakat ekonomi syariah (MES) sejak 2014 dan hingga kini telah menjangkau hampir 28.000 masyarakat.

Edukasi literasi keuangan juga dilakukan untuk pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa. Pandemi covid-19 memang telah memberi hantaman keras terhadap usaha mereka. Memahami hal ini, di tahun 2020- 2021, Prudential Indonesia memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM dengan mengadakan webinar edukasi literasi keuangan yang memfasilitasi mereka dengan materi-materi pengelolaan bisnis, dan menghadirkan sosok pemilik bisnis untuk menginspirasi. Program ini ditargetkan menjangkau 800 pemilik UMKM hingga akhir tahun ini.

Selama Bulan Inklusi Keuangan, seluruh kegiatan edukasi secara intensif dilakukan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam format virtual di lingkup nasional. Selain itu, sejak akhir Desember 2020, Prudential Indonesia juga secara aktif melakukan edukasi literasi keuangan, khususnya yang terkait dengan literasi asuransi melalui sosial media dan media online. Hingga kini, inisiatif literasi asuransi tersebut telah menjangkau lebih dari 2,38 juta masyarakat Indonesia.

"Edukasi tidak akan pernah lepas sebagai bagian dari strategi Prudential Indonesia dalam menjalankan bisnis, dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat luas. Lebih dari itu, komitmen ini merupakan sikap proaktif selaku sektor swasta untuk terus mendukung pemerintah dalam mendukung kemajuan perekonomian bangsa sekaligus membuat masyarakat Indonesia lebih sehat dan sejahtera,” tutup Indri.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPJS Kesehatan Dukung Kemenkes Naikkan Tarif Layanan RS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk kenaikan tarif layanan kesehatan rumah sakit (RS).

EKONOMI | 7 Desember 2022

APSI: Jasa Unlock IMEI Rugikan Industri dan Negara

Asosiasi Pengusaha Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) menilai jasa unlock IMEI untuk ponsel ilegal di marketplace telah merugikan industri dan negara.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Beda dengan Kripto, Digital Rupiah Akan Jadi Alat Pembayaran Sah

Berbeda dengan kripto, digital rupiah akan diterapkan menjadi alat pembayaran yang sah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terbukti sebagai negara yang bertahan dari krisis dengan tetap menjamin ketahanan ekonomi dan politik.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

Gema Goeyardi pendiri sekaligus CEO Astronacci International menjadi anggota Forbes Finance Council. 

EKONOMI | 7 Desember 2022

BKPM Sudah Terbitkan 2,9 Juta Nomor Induk Berusaha

BKPM menyampaikan bahwa total Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah diterbitkan mencapai 2,9 juta NIB per 5 Desember 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BI: Cadangan Devisa November Naik Jadi US$ 134 Miliar

BI melaporkan posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada November 2022 naik jadi US$ 134 miliar dari Oktober 2022 senilai US$ 130,2 miliar.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Ini Bedanya Mata Uang Rupiah Digital dengan Uang Tunai

Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Mayoritas Sektor Saham Merah, IHSG Ambles 67 Poin Sesi I

Selama sesi I, nilai perdagangan IHSG mencapai sekitar Rp 9,66 triliun dan frekuensi perdagangan mencapai 759.814 kali transaksi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Aset Kripto Ceria Pekan lalu, ke Depan Investor Waspadai Ini

Secara keseluruhan pasar aset kripto relatif tenang dan berbagai bursa kripto di seluruh dunia termasuk Indonesia menunjukkan transparansi.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Arema FC Bekuk Dewa United 2-0

Liga 1: Arema FC Bekuk Dewa United 2-0

BOLA | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE