Logo BeritaSatu

Airlangga: Golkar Optimistis Indonesia Mampu Jalankan Peran Baik di Presidensi G-20

Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:45 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya sangat optimis bahwa Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin akan mampu menjalankan tugas sebagai bagian dari Presidensi Negara G-20 yang akan dimulai sejak akhir bulan ini hingga satu tahun ke depan.

"Indonesia harus bisa menjadi kekuatan yang menyuarakan kemanusiaan dan demokrasi," kata Airlangga dalam pidato pembukaan kuliah umum Golkar Institute bertema “Kepemimpinan Indonesia dalam G20: Tantangan Pasca Pandemi dan Harapan Negara Berkembang”, Rabu (27/10/2021).

Kata Airlangga, Indonesia akan melakukan tugasnya bukan dengan arah menebar ketakutan, namun justru untuk menumbuhkan harapan untuk yang lainnya. Serta bagaimana kepentingan bersama bisa dicapai dengan mendorong kerja sama yang baik.

"Indonesia kini berada dalam posisi yang baik untuk menjalankan peran tersebut," katanya.

Mengapa? Sebab Indonesia telah berhasil menunjukkan kesuksesan yang baik dalam menjalankan demokrasi serta menumbuhkan perekonomiannya di tengah tantangan yang ada.

Indonesia memiliki wilayah geografi luas dan tersebar dengan berbagai pulaunya. Namun dengan itupun, Indonesia berhasil mempertahankan sistem politik yang demokratis, dan ekonomi yang relatif sehat.

"Sekarang kita menghadapi tantangan ekonomi dan demokrasi post pandemi. Demokrasi kami akan lebih kuat, dan ekonomi kami akan tumbuh lebih baik," ujarnya.

"Kami menunjukkan bahwa kami bisa meraih sesuatu yang kerap dianggap tak mungkin terjadi di negara maju. Menumbuhkan bunga demokrasi dengan mempertahankan keberagaman, membiarkan kebebasan mekar dengan mempertahankan ketertiban dan demokrasi," tegas Airlangga.

Jika dapat terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi ini, Airlangga meyakini Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Ia juga menegaskan bahwa ada perubahan megatrend yang akan dibicarakan kedepannya, yakni terkait dengan supply chain dan digital disruption. Maka Indonesia pun mempersiapkan itu semua.

“Indonesia adalah negara demokrasi yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dengan bangunan demokrasi yang kuat. Dan Golkar ada di dalamnya,” tegas Airlangga.

Kuliah Umum itu menghadirkan Prof Kishore Mahbubani yang diperkenalkan sebagai Distinguished Fellow National University of Singapore, Dewan Penasihat Golkar Institute, dan Top 100 public intellectuals menurut majalah Foreign Policy.

Mengenai Kishore, Airlangga banyak memberikan pujian. Baru-baru ini Kishore menulis soal Pemerintahan Jokowi dan mengapresiasi kepemimpinannya.

"Kita tahu Prof Kishore adalah orang Singapura yang paling terkenal di Jakarta saat ini," kata Airlangga sambil tersenyum.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPJS Kesehatan Dukung Kemenkes Naikkan Tarif Layanan RS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk kenaikan tarif layanan kesehatan rumah sakit (RS).

EKONOMI | 7 Desember 2022

APSI: Jasa Unlock IMEI Rugikan Industri dan Negara

Asosiasi Pengusaha Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) menilai jasa unlock IMEI untuk ponsel ilegal di marketplace telah merugikan industri dan negara.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Beda dengan Kripto, Digital Rupiah Akan Jadi Alat Pembayaran Sah

Berbeda dengan kripto, digital rupiah akan diterapkan menjadi alat pembayaran yang sah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terbukti sebagai negara yang bertahan dari krisis dengan tetap menjamin ketahanan ekonomi dan politik.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

Gema Goeyardi pendiri sekaligus CEO Astronacci International menjadi anggota Forbes Finance Council. 

EKONOMI | 7 Desember 2022

BKPM Sudah Terbitkan 2,9 Juta Nomor Induk Berusaha

BKPM menyampaikan bahwa total Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah diterbitkan mencapai 2,9 juta NIB per 5 Desember 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BI: Cadangan Devisa November Naik Jadi US$ 134 Miliar

BI melaporkan posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada November 2022 naik jadi US$ 134 miliar dari Oktober 2022 senilai US$ 130,2 miliar.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Ini Bedanya Mata Uang Rupiah Digital dengan Uang Tunai

Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Mayoritas Sektor Saham Merah, IHSG Ambles 67 Poin Sesi I

Selama sesi I, nilai perdagangan IHSG mencapai sekitar Rp 9,66 triliun dan frekuensi perdagangan mencapai 759.814 kali transaksi.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Aset Kripto Ceria Pekan lalu, ke Depan Investor Waspadai Ini

Secara keseluruhan pasar aset kripto relatif tenang dan berbagai bursa kripto di seluruh dunia termasuk Indonesia menunjukkan transparansi.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Arema FC Bekuk Dewa United 2-0

Liga 1: Arema FC Bekuk Dewa United 2-0

BOLA | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE