Logo BeritaSatu

Indocement Kampanyekan Keunggulan Semen Hijau

Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:25 WIB
Oleh : Leonard AL Cahyoputra / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk telah berkomitmen untuk ambil bagian dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Perseroan telah menghasilkan 3 produk semen ramah lingkungan atau disebut semen hijau yaitu, Portland Composite Cement (PCC), Portland Slag Cement (PSC) atau Duracem, dan Hydraulic Cement. Ketiga produk tersebut memiliki keunggulan dibandingkan semen biasa atau Ordinary Portland Cement (OPC).

Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Christian Kartawijaya menerangkan, produk tersebut menggunakan proses produksi yang lebih ramah lingkungan, mengurangi emisi CO2, dan durability yang lebih baik, yang menjadi keunggulan dari produk-produk ini.

Produk ini juga sejalan dengan instruksi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 04/IN/M/2020 tentang penggunaan semen Non-Ordinary Portland Cement (OPC) yang lebih ramah lingkungan pada Pekerjaan Kontruksi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kami menyambut baik dan juga asosiasi semen menyambut baik karena ini bisa menurunkan emisi gas rumah kaca, mengoptilmalkan penggunaan material konstruksi yang ramah lingkungan dan semen non-OPC,” ujar Christian dalam acara Bumee Summit 2021 bertema "Strategi Korporasi Menurunkan Emisi Karbon” yang ditayangkan live di Beritasatu TV, Rabu (27/10/2021).

Christian menerangkan, penggunaan produk yang ramah lingkungan tidak menambah biaya produksi karena respon pasar yang baik terhadap semen hijau. Untuk produk PCC, semen tersebut telah digunakan dalam pembangunan 2 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Jawa Tengah yaitu PLTU Batang dan Tanjung Jati.

Menurut Christian, hasilnya sukses karena PCC lebih rendah panas hidrasi dibandingkan OPC serta lebih mudah pengerjaannya untuk pembetonan. Selain itu, PCC juga menghasilkan campuran beton yang lebih kedap, sehingga beton lebih tahan terhadap serangan kimia atau akali yang berasal dari lingkungan.

"Jadi teman-teman yang mempunyai proyek power plant sebetulnya ada semen yang ramah lingkungan yang kita sebut PCC dan sudah dipakai dengan baik di PLTU tersebut,” ucap Christian.

Selanjutnya, Portland Slag Cement (PSC) atau Duracem, dipakai oleh kontraktor Penta Ocean untuk pembangunan Pelabuhan Patimban yang berada di Subang, Jawa Barat.

Christian menerangkan, produk tersebut melepaskan panas hidrasi yang rendah sehingga sangat direkomendasikan untuk pengerjaan proyek dermaga, bendungan, dan pengecoran slab yang tebal seperti di basement. Selain itu, kontruksi dengan PSC lebih tahan terhadap akali, senyawa asam, sulfat dan klorida.

"Dengan adanya slag, membuat beton mempunyai waktu yang cukup sehingga mengurangi retak. Selain itu partikel lebih halus, menghasilkan permukaan yang lebih halus," terangnya.

Terakhir, Hydraulic Cement. Christian menerangkan, produk tersebut bisa menekan clinker ratio dan semen ini dirancang dengan kualitas yang sama dengan OPC dan kualitas kuat tekannya sama.

"Semen ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan bangunan yang kuat dan durabel atau beton kinerja tinggi. Jadi ini produk masa depan semen di Indonesia. Saya percaya itu,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Alasan OJK Perpanjang Restrukturisasi Kredit hingga 2024

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi mengumumkan perpanjangan program restrukturisasi kredit/pembiayaan sampai dengan 31 Maret 2024.

EKONOMI | 28 November 2022

Tok! Ganjar Pranowo Naikkan UMP Jawa Tengah Sebesar 8,01%

Ganjar Pranowo resmi mengumumkan kenaikan upah minimun provinsi (UMP) Jateng 2023 naik sebesar Rp 145.234 atau 8,01 persen.

EKONOMI | 28 November 2022

FTX Runtuh, DEX Jadi Alternatif Perdagangan Kripto

DEX (decentralized crypto exchange) menawarkan kode kontrak yang terbuka dan transparan di blockchain, tanpa campur tangan pihak ketiga.

EKONOMI | 28 November 2022

Cetak Rekor Baru, Laba Pradiksi Gunatama Melesat 74%

PT Pradiksi Gunatama Tbk (PGUN) berhasil mencatatkan laba sebesar Rp 123 miliar pada kuartal III 2022.

EKONOMI | 28 November 2022

Indonesia-Jepang Kerja Sama Penerimaan Peserta Magang

Indoensia gandeng JOE Cooperative sebagai agency yang menaungi perusahaan-perusahaan penerima peserta magang di Jepang.

EKONOMI | 28 November 2022

Per Oktober, Utang Pemerintah Capai Rp 7.496,7 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat posisi utang pemerintah mencapai 7.496,70 per 31 Oktober 2022, naik Rp 76,23 triliun.

EKONOMI | 28 November 2022

Kontribusi Asuransi Syariah Diproyeksikan Tumbuh 15%

Industri asuransi syariah ditargetkan mencatatkan pertumbuhan premi atau kontribusi sebesar 10%-15% pada tahun 2023.

EKONOMI | 28 November 2022

Harga Beras di Bandung Mulai Meningkat, Ini Pemicunya

Harga beras di sejumlah pasar tradisional, Kota Bandung, Senin (28/11/2022) Naik hingga Rp 1.000 per kilogram (kg) akibat panen kurang melimpah.

EKONOMI | 28 November 2022

Upaya Menjaga Inflasi Nasional Dimulai dari Beras

BPS menyebutkan bahwa beras merupakan salah satu komoditas pangan yang berkontribusi besar terhadap inflasi pangan.

EKONOMI | 28 November 2022

IHSG Terpangkas di Sesi I Terseret Saham Teknologi

Dibuka turun 0,78 poin (0,01%) di posisi 7.052, IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) tenggelam di zona merah pada perdagangan sesi I, Senin (28/11/2022).

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadi Calon Panglima TNI, Ini Profil Yudo Margono

Jadi Calon Panglima TNI, Ini Profil Yudo Margono

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE