Logo BeritaSatu

Startup Indonesia Didorong Kembangkan Usahanya di Era Digital

Jumat, 29 Oktober 2021 | 13:03 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, program pembinaan startup pemula yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Surge, program startup tahap awal dari Sequoia India and Southeast Asia berkolaborasi membekali pengusaha baru khususnya perusahaan rintisan di Indonesia untuk mengembangkan usaha. Fokusnya membangun topik yang berhubungan dengan startup dan kewirausahaan menjadi modul untuk kurikulum perguruan tinggi.

Inisiatif ini dimulai dengan peluncuran buku setebal 70 halaman berjudul Founder Starter Pack yang berisikan panduan praktis membangun perusahaan untuk founder startup. Buku ini dicetak dalam versi bahasa Inggris dan Indonesia dan menjadi buku pertama yang diterbitkan Sequoia India and Southeast Asia. Buku ini akan tersedia untuk mahasiswa dan founder startup di Indonesia. Topik yang diangkat meliputi penilaian ukuran pasar dan struktur industri, mendapatkan product market fit, penyempurnaan model bisnis, memahami dan melacak metrik keuangan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mengatakan dengan buku ini, pemerintah berharap para pengusaha muda dapat merancang dan menjalankan usaha yang sehat dan bermanfaat bagi masyarakat. "Dengan semangat membangun negara, mari ciptakan inovasi dan bergerak bersama mewujudkan pembelajaran mandiri,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya Jumat (29/10/2021).

Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani mengatakan dalam membentuk ekosistem digital yang inklusif, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. "Kami menyambut inisiatif dari Sequoia melalui Surge untuk membuat buku yang dapat menjadi panduan bagi startup founder, yaitu Founder Starter Pack," jelas dia.

Managing Director, Sequoia India Rajan Anandan mengatakan pihaknya ingin melanjutkan komitmen di Indonesia tidak hanya menjadi bagian generasi pertama unicorn, tetapi generasi berikutnya. "Membangun startup memang sulit, pilihan rancangan awal dapat menyukseskan atau menggagalkan perusahaan dan kami ingin mendukung perusahaan tahap awal untuk melalui perjalanan ini,” ujar dia.

Buku Founder Starter Pack akan didistribusikan pada 100 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, dengan versi e-book yang tersedia untuk mahasiswa tanpa pungutan biaya. Founder Starter Pack juga akan didistribusikan untuk berbagai komunitas dan organisasi pemerintahan lokal. Para pemimpin di Sequoia Capital juga akan bekerja sama dengan Kemdikbudristek untuk memberikan masukan tentang kurikulumnya, yang berasal dari pengalaman ahli lebih 50 tahun dalam membangun perusahaan kelas dunia di Amerika Serikat, Tiongkok, India dan Asia Tenggara.

Sequoia India and Southeast Asia telah bermitra dengan berbagai startup seperti GoTo, Kopi Kenangan, Kargo, Bibit, Lemonilo, Ula, hingga Traveloka selama beberapa tahun terakhir. Perusahaan modal ventura ini akan membawa para founder dalam daftarnya untuk membimbing para siswa



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dubes Heri Fasilitasi Penandatanganan MoU PT MRT Jakarta dan Perusahaan Jepang

Duta Besar untuk Jepang, Heri Akhmadi memfasilitasi penandatanganan empat MoU antara PT MRT Jakarta dengan perusahaan Jepang.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Perkuat Kolaborasi Startup dan Ekosistem, Telkomsel Hadir di NEX-BE Fest 2022

Tahun ini sebanyak 38 BUMN yang turut berpartisipasi di dalam agenda NEX-BE Fest 2022 di Bali bertemu dengan sekitar 41 startup dari berbagai sektor yang merupakan bagian dari ekosistem.  

EKONOMI | 1 Desember 2022

Bank INA Siap Right Issue Jumbo Rp 1,2 T untuk Perkuat Modal

PT Bank INA Perdana Tbk (BINA) bersiap kembali menggelar rights issue dengan mengincar dana Rp 1,2 triliun dalam rangka memperkuat struktur permodalan. 

EKONOMI | 1 Desember 2022

Menkeu Warning Kualitas Belanja Pusat dan Daerah Diperbaiki

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta kualitas belanja pusat dan daerah harus terus diperbaiki pada 2023.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Industri Asuransi Makin Baik, LPS Bisa Jamin Polis Lebih Cepat

LPS siap menjalankan program penjaminan polis dalam kurun 2 tahun sejak Undang-Undang ditetapkan, bukan 5 tahun seperti yang tengah dicanangkan.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Usai Lock Up Dibuka, GOTO Diproyeksi Terbang Saat Window Dressing

Harga saham emiten teknologi, PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) pada hari pertama pembukaan masa penguncian saham (lock up) tergerus 6,62%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

IHSG Hilang 60 Poin, GOTO, AMAR dan BABP Paling Boncos

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (1/12/2022), ditutup anjlok sebanyak 60,51 poin (0,85%) menjadi 7.020,80.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Perkasa! Rupiah Menguat 169 Poin Jadi Rp 15.562 Per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sore ini Kamis (1/12/2022) ditutup menguat dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Inflasi Bulanan November Capai 0,09%, Ini Pemicunya

BPS menyatakan inflasi secara bulanan atau month to month (m-to-m) pada November 2022 sebesar 0,09% atau naik setelah sebelumnya terjadi deflasi 0,11%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

KDTN Gandeng Swiss-Belhotel Kembangkan Hotel di Rest Area

Pengalaman Swiss-Bellhotel International sebagai operator hotel menjadikan KDTN bermitra dengan perusahaan global tersebut.

EKONOMI | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE