Logo BeritaSatu

Airlangga Minta Sektor Pelayaran dan Pelabuhan Antisipasi Lonjakan Permintaan

Jumat, 29 Oktober 2021 | 17:53 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan sektor pelayaran dan kepelabuhanan agar bersiap menghadapi peningkatan permintaan jasa di tengah tren kenaikan permintaan komoditas.

Dia menjelaskan, saat ini dunia mendapatkan tantangan dengan terganggunya supply chain logistik, terutama terkait dengan kebutuhan kontainer yang terbatas, logistik kapal antarnegara yang juga meningkat permintaannya, kemudian juga pelabuhan-pelabuhan internasional yang masih mengalami bottleneck.

"Ini ditambah dengan kenaikan harga-harga komoditas yang tinggi akibat demand yang naik secara cepat. Nah, tentu untuk tantangan ini sektor pelayaran dan kepelabuhan harus dapat beradaptasi dengan tingginya permintaan ini," terang Airlangga dalam pameran virtual maritim pertama di Indonesia, Virtual Expo Maritime Indonesia (VEMI) 2021 dikutip Jumat (29/10).

Dia mengatakan, semua pihak, termasuk sektor pelayaran dan kepelabuhanan,harus mencari jalan keluar agar biaya logistik tetap terjaga.

Airlangga mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal II-2021 mencapai 7,07% atau tertinggi dalam 16 tahun terakhir. Sektor transportasi dan pergudangan menunjukkan pertumbuhan positif tertinggi, yaitu 25,1%. Sementara, secara lebih spesifik, angkutan laut tumbuh 16,4% year on year dengan peningkatan volume perdagangan dunia dan aktivitas ekspor impor Indonesia yang meningkat.

Dari sisi pemerintah, kata dia, upaya digitalisasi diharapkan memperbaiki kondisi supply and demand. Lalu, dengan National Logistic Ecosystem atau NLE diharapkan bisa menyelaraskan supply and demand dari lalu lintas barang, kargo, bahkan dokumentasi sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang.

"Kerja sama antarintansi pemerintah dan swasta diharapkan bisa membuat eksporimpor menjadi lancar. NLE ini diharapkan menjadi efisiensi dalam proses logistik dan biaya logistik bisa turun dan tentu biaya logistik ini akan turun kalau supply and demand dan logistic efficiency bisa dicapai tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri," imbuh Airlangga.

Dia mengatakan, pihaknya menyadari peran digitalisasi merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari berbagai sektor. Karena itu, diharapkan sektor pelabuhan dan pelayaran serta maritim secara umum dapat mengoptimalisasikan efisiensi yang dilakukan dengan menerapkan digitalisasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

70% Bahan Baku Pabrik Boneka Barbie Cikarang Buatan Lokal

70% bahan baku pembuatan boneka barbie dan mainan anak yang diproduksi PT Mattel Indonesia (PTMI) buatan lokal Indonesia. 

EKONOMI | 8 Desember 2022

Jadi Tuan Rumah G20, Erick Thohir Sebut Indonesia Sudah Balik Modal

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut investasi Indonesia sudah "balik modal" setelah menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Bulan Maret Panen Raya, DPR Minta Bulog Serap Beras Petani Sebanyak-banyaknya

Bulog diminta untuk segera menyiapkan diri saat panen raya akan berlangsung pada bulan Maret mendatang, sehingga Kementan tidak perlu impor beras.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Belajar Dari Pengalaman, Fraksi PKS Wanti-wanti Beras Impor Bisa Membusuk

Bulog sebaiknya fokus melakukan penyerapan dibanding bersuara melakukan impor beras di saat petani akan melakukan panen raya.

EKONOMI | 8 Desember 2022

DPR Pertanyakan Serapan Beras Bulog

Persediaan beras nasional mencapai 8.727.752 ton, stok ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Sempat Anjlok 135 Poin, IHSG Ditutup Melemah Tipis

Sempat anjlok 135 poin, IHSG akhirnya ditutup hanya turun sekitar 14,52 poin (0,21%) menjadi 6.804,23.

EKONOMI | 8 Desember 2022

PT Mattel Indonesia Bakal Produksi 3 Juta Boneka Barbie Per Minggu

PT Mattel Indonesia (PTMI) akan menggenjot produksi boneka Barbie hingga 3 juta per minggu atau 156 juta boneka Barbie dalam setahun.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Ini Upaya PNM Dorong Pengembangan Talenta Perusahaan

PT PNM menggelar Innovation Festival (I-Fest) 2022 untuk memberikan semangat inovasi, kolaborasi, serta mengembangkan talenta perusahaan.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Sasar Milenial, Sanex Lakukan Sejumlah Perubahan Strategi

Selain logo baru, perubahan dilakukan Sanex pada tahun 2022 ini di antaranya  pembaruan manajemen hingga memperluas distribusi produk,

EKONOMI | 8 Desember 2022

Kurs Rupiah Cenderung Stabil di Kisaran Rp 15.600

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan hari ini, Kamis (8/12/2022) terpantau menguat ke kisaran Rp 15.600.

EKONOMI | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ronaldo: Timnas Portugal Terlalu Kompak untuk Dipecah Belah Pihak Luar

Ronaldo: Timnas Portugal Terlalu Kompak untuk Dipecah Belah Pihak Luar

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE