Logo BeritaSatu

SUN Energy Akuisisi PLTS Terbesar di Australia Barat

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 06:15 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Singapura, Beritasatu.com - SUN Energy, perusahaan pengembang tenaga surya pada sektor komersial, industri, dan residensial di Indonesia, mengumumkan ekspansi globalnya ke Australia dengan mengakuisisi Merredin Solar Farm dari perusahaan pengembang teknologi surya global, Risen Energy. Adapun Merredin Solar Farm merupakan ladang panel surya terbesar di Australia Barat berkapasitas 132 megawat panel (MWp) dengan total 354.452 panel terpasang dan kapasitas output listrik 274 GWh per tahun.

"Pasar Australia adalah kunci bagi setiap perusahaan energi surya, mengingat potensi jangka panjang untuk pemanfaatan energi ini dan letak geografisnya," kata Chief Executive Officer SUN Energy, Philip Lee dalam keterangan tertulisnya Sabtu (30/1/2021).

Lee mengatakan sebagai pengembang proyek tenaga surya yang kini berpusat di Singapura, SUN Energy memperluas portofolio penggunaan energi baru terbarukan (EBT) dengan cepat di Asia-Pasifik. "Akuisisi ini mendukung strategi kami untuk menjadi salah satu perusahaan energi terbarukan di Asia-Pasifik,” kata dia.

Selama proses akuisisi, SUN Energy bermitra dengan Voltiq sebagai konsultan keuangan dan DLA Piper sebagai konsultan hukum. Sedangkan Risen Energy bermitra dengan Holding Redlich. Melalui akuisisi ini, SUN Energy berhasil meningkatkan posisinya sebagai salah satu perusahaan energi terbarukan paling berkembang dari Indonesia di Asia-Pasifik.

SUN Energy berhasil menjadi salah satu perusahaan pengembang proyek tenaga surya dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia sejak 2016. Dalam waktu setengah dekade, SUN Energy berhasil melampaui rekor proyeknya sendiri hingga lebih 200 MWp. Setelah memperkuat fondasi bisnis energi surya di Indonesia, SUN Energy kini mengejar pertumbuhan melalui ekspansi anorganik. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan akuisisi regional proyek pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Taiwan dan Thailand.

Sementara selain melistriki sekitar 42.000 rumah di Australia Barat, Merredin Solar Farm juga berkontribusi untuk melistriki dua fasilitas milik BHP, perusahaan tambang Australia. BHP telah menandatangani perjanjian bahwa 50% listrik yang dihasilkan dari Merredin Solar Farm akan digunakan untuk kilang Nickel West Kwinana dan smelter pertambangan Kalgoorlie sehingga BHP dapat berkontribusi mengurangi emisi dari penggunaan listrik di kedua fasilitas ini sebesar 30% sampai 50%.

Proyek pembangunan PLTS ini memiliki perjanjian dengan Sunshot Energy mengenai sertifikat pembangkit skala besar yang dihasilkan Merredin. Dalam hal ini, Risen Energy akan tetap menjadi kontraktor O&M untuk Merredin Solar Farm usai akuisi.

Merredin Solar Farm awalnya dibangun dan dioperasikan oleh Risen Energy sejak tahun 2020. Memiliki misi sama dengan SUN Energy, Risen Energy bertujuan meningkatkan pemanfaatan energi hijau di seluruh dunia dan ekspansi jaringan penjualan di berbagai negara. Sejak 1986 hingga sekarang, Risen Energy telah mencapai kapasitas produksi modul hingga 19,1 GWp.

Chief Executive Officer Risen Energy Australia, Archie Chen, mengatakan Risen Energy senang dapat bekerja sama dengan SUN Energy untuk Merredin Solar Farm. "PLTS ini merupakan ladang panel surya terbesar kedua yang dikembangkan oleh Risen Energy di Australia, dan kami berharap dapat memberikan lebih banyak proyek energi terbarukan ke Australia di tahun-tahun mendatang,” kata dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anggia/Laras Sabet Gelar di Indonesia International Challenge

Anggia/Laras Sabet Gelar di Indonesia International Challenge

SPORT | 40 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings