Logo BeritaSatu

Erafone Ekspansi Pasar Ritel di Jatim

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 13:24 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FMB

Surabaya, Beritasatu.com - Perusahaan perangkat telekomunikasi dan aksesori PT Erafone Artha Retailindo atau Erafone berencana menambah sejumlah gerai baru di setiap kecamatan dengan menggandeng mitra lokal untuk menggenjot pasar ritel di Jawa Timur yang terus tumbuh meskipun di masa pandemi.

Retail Partnership Development Erafone, Angkasa Mart Purbaya, mengungkapkan perluasan pasar di Jawa Timur itu merupakan bagian dari rencana penambahan dua kali lipat jumlah gerai secara nasional pada tahun depan. Saat ini, Erafone memiliki 230 gerai, baik yang dikelola sendiri maupun oleh mitra lokal.

Advertisement

“Tahun depan, kita akan tambah gerai baru sehingga total menjadi 560 gerai. Beberapa daerah di Jawa Timur masuk dalam target penambahan gerai baru sampai ke tingkat kecematan, karena selama ini terus tumbuh pasarnya, bahkan saat pandemi Covid-19 gerai-gerai kita tetap tumbuh meski tipis dan omzetnya di atas Rp 1 miliar,” kata Angkasa di sela pembukaan pameran waralaba dan peluang usaha National Road Show Info Franchise and Business Concept Expo (IFBC) 2021 di Surabaya, Jumat (29/10/2021).

Angkasa berharap dari keikutsertaannya di pameran tersebut bisa menggaet 50 mitra lokal melalui program kemitraan yang akan mendukung rencana pengembangan gerai baru di Jawa Timur. Saat ini Erafone memiliki empat gerai kemitraan, yakni dua gerai di Malang, dan masing satu gerai di Madiun dan Ponorogo. Sedangkan gerai sendiri ada di setiap mal di Surabaya.

Dia optimistis target penambahan gerai di setiap kecamatan melalui program kemitraan akan tercapai. Pasalnya, mitra lokal cukup menyiapkan properti ruko seluas lebih dari 60 meter persegi yang sesuai standar Erafone, perizinan usaha, serta investasi awal. Selain untuk modal kerja, investasi awal juga bersifat deposit.

“Artinya, ketika kontrak kemitraan selesai dan mitra lokal memutuskan untuk tidak memperpanjang kerja sama, investasi awal akan dikembalikan kepadanya. Modalnya sekitar Rp 500 juta untuk satu gerai dengan kontrak 4 tahun,” terang dia.

Dikatakannya, penambahan gerai baru tahun depan sejalan dengan proyeksi pertumbuhan pasar gadget di Indonesia yang jauh lebih baik dari tahun ini. “Kami sendiri memerkirakan pertumbuhan pasar 30% tahun depan, apalagi dengan kehadiran 5G,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan Nina Mora menyatakan, bisnis waralaba sangat gampang dijalankan dan diterapkan oleh pelaku usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) karena umumnya merk yang diwaralabakan sudah cukup dikenal dan sistemnya juga sudah cukup jelas.

“Itulah alasan mengapa perkembangan waralaba cukup bagus belakangan. Dalam sebulan, selalu ada satu dua tiga UMKM yang mendaftarkan waralaba. Prioritas kita sekarang adalah bagaimana bisa meningkatkan dan memajukan UMKM karena hamppir 85 persen usaha di Indonesia adalah UMKM dan paling bisa bertahan dalam kondisi seperti pandemi,” imbuh Nina.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Minyakita Langka di Pasar Cibubur, Harganya Naik Rp 2.000

Minyak goreng Minyakita yang dicetuskan Kementerian Perdagangan sebagai pengganti curah sulit didapatkan.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Mulai Besok, Biodiesel Bakal Dicampur Bahan Bakar Nabati 35%

Pemerintah akan meningkatkan kandungan bahan bakar nabati (BBN) dalam biodiesel menjadi 35% dari sebelumnya 30%, mulai besok, 1 Februari 2023.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Waskita Beton Suplai Produk Perdananya untuk Proyek IKN

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mulai mensuplai produk perdananya untuk proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

EKONOMI | 31 Januari 2023

IMF: Risiko Inflasi dan Covid-19 Masih Mengintai

Terlepas dari prospek yang lebih cerah, Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan masih banyak risiko menanti di tahun 2023 ini.

EKONOMI | 31 Januari 2023

IHSG Hari Ini 31 Januari 2023 Turun 21 Poin di Sesi I

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sesi I siang hari ini Selasa 31 Januari 2023 turun 31,0 poin (0,45%) ke level 6.841.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Pendiri ChatGPT Bicara Soal Skenario Terburuk AI

Menurut founder ChatGPT Sam Altman, skenario terbaiknya, AI bisa sangat bermanfaat, tetapi skenario terburuknya adalah "akhir dari kita semua."

EKONOMI | 31 Januari 2023

Laba Konsolidasi IFG Diproyeksi Rp 3,44 Triliun di 2022

IFG, BUMN holding asuransi, investasi dan penjaminan memproyeksikan laba konsolidasi tahun 2022 mencapai Rp 3,44 triliun.

EKONOMI | 31 Januari 2023

2023, Sektor Properti Masih Andalan Pertumbuhan Ekonomi

Sektor properti masih akan menjadi salah satu kontributor utama perekonomian Indonesia di tahun 2023 yang diproyeksikan tumbuh 5%.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Minyakita di Ibu Kota Mulai Langka dan Harganya Meroket

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan akan mencukupi kebutuhan pasar dengan meningkatkan pasokan dari 300.000 ton per bulan menjadi 450.000 ton.

EKONOMI | 31 Januari 2023

Baidu Siapkan Pesaing ChatGPT OpenAI

Raksasa mesin pencari Tiongkok Baidu berencana untuk meluncurkan layanan chatbot kecerdasan buatan yang mirip dengan ChatGPT OpenAI.

EKONOMI | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Isu Reshuffle di Rabu Pon, Mahfud: Itu Urusan Presiden

Soal Isu Reshuffle di Rabu Pon, Mahfud: Itu Urusan Presiden

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE