Logo BeritaSatu

Telkomsel dan Beehive Uji Coba Drone Medis di Madura

Minggu, 31 Oktober 2021 | 19:38 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Sumenep, Beritasatu.com - Telkomsel Innovation Center (Tinc) bersama Beehive Drones dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menggelar uji coba proyek pesawat tanpa awak atau drone untuk pengiriman kebutuhan medis ke pulau terpencil, di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (31/10/2021).

Keterlibatan Telkomsel dalam proyek drone untuk pengiriman logistik medis di daerah terpencil ini tak lepas dari dukungan jaringan infrastruktur broadband Telkomsel yang hadir hingga daerah pedalaman.

Vice President Business Development Telkomsel Jockie Heruseon mengatakan, inisiatif yang dijalankan bersama Beehive Drones ini merupakan salah satu contoh perwujudan komitmen Tinc untuk dapat berkolaborasi dengan startup tanah air dalam menghadirkan solusi digital inovatif yang dapat memecahkan permasalahan di tengah masyarakat.

"Pemanfaatan teknologi pesawat tanpa awak yang dilakukan bersama Beehive Drones untuk kebutuhan logistik medis menghadirkan solusi untuk membantu masyarakat di area-area yang sulit terjangkau," kata Jockie.

Jockie menjelaskan, inisiatif ini juga sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam mendorong pemanfaatan teknologi digital secara merata untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia hingga wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

"Ke depannya, Telkomsel melalui Tinc akan terus membuka semua peluang untuk berkolaborasi dengan startup di tanah air untuk dapat menghadirkan solusi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” ungkap Jockie.

Dikatakan, Telkomsel secara konsisten menghadirkan jaringan broadband berteknologi terdepan dengan jangkauan terluas dan kualitas merata melalui pembangunan Base Transceiver Station (BTS) terbaru yang sepenuhnya menggunakan teknologi terdepan 4G LTE.

Hingga kini, Telkomsel telah membangun lebih dari 237.000 BTS yang sebagian besar sudah terhubung teknologi broadband 3G/4G di seluruh penjuru negeri, dan melayani 169 juta pelanggan di 95% wilayah populasi. Untuk di wilayah Jawa Timur sendiri, Telkomsel telah menghadirkan sekira 25.000 unit BTS broadband 3G/4G, dan sekira 600 BTS broadband di wilayah Sumenep.

Masalah yang dilihat bersama oleh Beehive Drones dan Tinc adalah sejumlah daerah di Indonesia termasuk daerah tertinggal, sulit dicapai, dan terpencil. Kekurangan infrastruktur dan pembangunan daerah yang tidak merata juga jadi masalah tambahan.

"Tinc mendukung Beehive Drones untuk mengembangkan solusi drone medical delivery. Harapannya, ekosistem drone medis ini nantinya membantu industri kesehatan di dalam negeri maupun di luar negeri," tutur Jockie.

Sementara itu, CEO Beehive Drones, Albertus Gian Dessayes, menyatakan, uji coba di Sumenep merupakan momen penting bagi perusahaan dan juga bagi lanskap penyedia layanan sistem penerbangan drone di Indonesia. Sedangkan bagi sistem logistik Indonesia, drone adalah jawaban praktis atas permasalahan last-mile delivery.

"Distribusi konvensional jadi lebih bisa terbantu karena drone memberikan kecepatan waktu antar dan kepraktisan sistem distribusi," ujarnya.

Dikatakan, Kabupaten Sumenep, yang terdiri sejumlah pulau kecil, mengandalkan moda transportasi laut untuk berbagai aktivitas mobilitas. Beehive Drones juga akan mengandalkan kapal laut dalam alur logistik last-mile delivery.

"Kapal laut akan sangat berguna sebagai moda transportasi antar pulau besar di area Sumenep. Tindakan ini juga sebagai pernyataan bahwa inovasi teknologi drone bukan berarti mematikan moda logistik lain. Justru, inovasi teknologi drone tetap membutuhkan kolaborasi dengan moda transportasi konvensional," imbuhnya.

Dengan alasan tersebut, lanjut Gian, Beehive Drones juga melakukan kolaborasi dengan ITS yang memiliki pemahaman mumpuni tentang moda transportasi laut dan Telkomsel dengan jaringan infrastruktur broadband yang hadir hingga daerah pedalaman.

"Inisiatif Beehive Drone adalah sebuah ikhtiar masalah besar logistik medis di area terpencil. Kami mengadakan FGD dengan dokter-dokter di Indonesia, waktu itu ada 20 sekian kabupaten yang hadir. Mereka menyatakan bahwa pasti ada daerah yang sulit ditempuh dan ada orangnya. Kami berikhtiar memecahkan masalah ini dengan pesawat tanpa awak," ucap Gian.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dubes Heri Fasilitasi Penandatanganan MoU PT MRT Jakarta dan Perusahaan Jepang

Duta Besar untuk Jepang, Heri Akhmadi memfasilitasi penandatanganan empat MoU antara PT MRT Jakarta dengan perusahaan Jepang.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Perkuat Kolaborasi Startup dan Ekosistem, Telkomsel Hadir di NEX-BE Fest 2022

Tahun ini sebanyak 38 BUMN yang turut berpartisipasi di dalam agenda NEX-BE Fest 2022 di Bali bertemu dengan sekitar 41 startup dari berbagai sektor yang merupakan bagian dari ekosistem.  

EKONOMI | 1 Desember 2022

Bank INA Siap Right Issue Jumbo Rp 1,2 T untuk Perkuat Modal

PT Bank INA Perdana Tbk (BINA) bersiap kembali menggelar rights issue dengan mengincar dana Rp 1,2 triliun dalam rangka memperkuat struktur permodalan. 

EKONOMI | 1 Desember 2022

Menkeu Warning Kualitas Belanja Pusat dan Daerah Diperbaiki

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta kualitas belanja pusat dan daerah harus terus diperbaiki pada 2023.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Industri Asuransi Makin Baik, LPS Bisa Jamin Polis Lebih Cepat

LPS siap menjalankan program penjaminan polis dalam kurun 2 tahun sejak Undang-Undang ditetapkan, bukan 5 tahun seperti yang tengah dicanangkan.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Usai Lock Up Dibuka, GOTO Diproyeksi Terbang Saat Window Dressing

Harga saham emiten teknologi, PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) pada hari pertama pembukaan masa penguncian saham (lock up) tergerus 6,62%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

IHSG Hilang 60 Poin, GOTO, AMAR dan BABP Paling Boncos

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (1/12/2022), ditutup anjlok sebanyak 60,51 poin (0,85%) menjadi 7.020,80.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Perkasa! Rupiah Menguat 169 Poin Jadi Rp 15.562 Per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sore ini Kamis (1/12/2022) ditutup menguat dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Inflasi Bulanan November Capai 0,09%, Ini Pemicunya

BPS menyatakan inflasi secara bulanan atau month to month (m-to-m) pada November 2022 sebesar 0,09% atau naik setelah sebelumnya terjadi deflasi 0,11%.

EKONOMI | 1 Desember 2022

KDTN Gandeng Swiss-Belhotel Kembangkan Hotel di Rest Area

Pengalaman Swiss-Bellhotel International sebagai operator hotel menjadikan KDTN bermitra dengan perusahaan global tersebut.

EKONOMI | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE