Logo BeritaSatu

Pelaku Usaha Pariwisata Sambut Penghapusan Tes PCR untuk Penumpang Pesawat

Senin, 1 November 2021 | 15:55 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com – Pelaku usaha di sektor pariwisata menyambut baik adanya kebijakan tidak lagi mewajibkan tes PCR untuk perjalanan udara di Jawa-Bali maupun ke luar Jawa-Bali, melainkan hanya menggunakan tes antigen.

Corporate Secretary PT Panorama Sentrawisata Tbk AB Sadewa mengatakan, kewajiban tes PCR bisa memberatkan penumpang pesawat.

"Kami menyambut baik penghapusan test PCR untuk penumpang pesawat, karena biaya tes PCR pastinya membebani biaya perjalanan,” kata AB Sadewa saat dihubungi Beritasatu.com, Senin (1/11/2021).

Namun, Sadewa juga memberi catatan tentang regulasi yang terlalu sering berubah dan disampaikan oleh banyak lembaga atau kementerian. Hal ini menurutnya bisa membuat bingung masyarakat dan para pelaku.

“Sebaiknya kebijakan disampaikan oleh satu orang atau lembaga dan lengkap dengan juklaknya supaya tidak timbul hal-hal yang kontra produktif," harap Sadewa.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah telah menetapkan perjalanan udara ke Pulau Jawa dan Bali serta ke luar Pulau Jawa dan Bali tidak lagi diwajibkan menggunakan tes PCR, melainkan hanya menggunakan tes antigen saja.

“Untuk perjalanan udara akan ada perubahan. Untuk Jawa dan Bali, perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes PCR. Tetapi cukup menggunakan tes antigen. Sama dengan yang sudah diberlakukan untuk wilayah luar Jawa dan Bali,” kata Muhadjir Effendy.

Muhadjir menegaskan usulan perubahan syarat utama untuk perjalanan menggunakan pesawat terbang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam rapat terbatas bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sementara itu, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku masih menunggu Surat Edaran (SE) dari Satgas Penanganan Covid-19 untuk kemudian dijadikan acuan dalam membuat SE terbaru mengenai syarat perjalanan, termasuk juga untuk perjalanan menggunakan transportasi darat.

"Kelihatannya begitu, saya masih menunggu SE dari Satgas Penanganan Covid-19,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi saat ditanya apakah Kemenhub akan mengeluarkan SE terbaru menyusul pernyataan yang disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menhub: Jalur KA Solo Balapan-Palur Beroperasi Juli 2022

Menhub menyebutkan, proyek elektrifikasi jalur KA Solo Balapan-Palur saat ini sudah mencapai 84,33% dan ditargetkan beroperasi pada Juli 2022.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Kerja Sama IPEF Diluncurkan, Ini Harapan Pelaku Usaha

Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik atau Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) merupakan upaya untuk memperkuat hubungan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Kebijakan People First Jadi Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, Indonesia saat ini sudah menuju pemulihan ekonomi.

EKONOMI | 26 Mei 2022

UMKM Binaan Bank Indonesia Catat Nilai Ekspor US$ 61 Juta

Komoditas ekspor yang paling signifikan dari para UMKM binaan Bank Indonesia (BI) antara lain ikan laut, kopi, serta kerajinan tangan.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Dukung Platform dan UMKM, Menkominfo: Kami Terus Bangun Infrastruktur Digital

Menkominfo Johnny G Plate menyatakan pemerintah mendukung platform digital dan UMKM dengan terus membangun infrastruktur digital.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Genjot Pemasaran, Synthesis Huis Gandeng Tiga Agen Properti

Selain memperkuat tim sales inhouse, Synthesis Huis berkolaborasi dengan tiga agen properti besar Century 21, ERA Indonesia, dan Promex Indonesia.

EKONOMI | 26 Mei 2022

PLN Insurance Gelar Go Live Pengelolaan ASO PT PLN

Acara go live pengelolaan ASO menandai dimulainya pelayanan pengelolaan administration service only dari PLN Insurance kepada karyawan dan pensiunan PLN.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Merck Alokasikan 80% dari Laba Bersih untuk Dividen

PT Merck Tbk (MERK), perusahaan sains dan teknologi global, sepakat membagikan dividen sebesar Rp 240 per saham atau senilai total Rp 107,5 miliar.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Reforminer: Daripada Pembatasan, Lebih Baik Naikkan Harga Pertalite Rp 1.000

antinya pembelian Pertalite akan diatur hanya bagi mereka yang berhak sesuai dengan kriteria yang akan ditentukan oleh pemerintah.

EKONOMI | 26 Mei 2022

PLN Dukung Pelaksanaan Sistem Manajemen Antipenyuapan

PLN mendukung pelaksanaan sistem manajemen antipenyuapan dan berupaya mewujudkan kelancaran pembangunan infrastruktur kelistrikan andal.

EKONOMI | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

NEWS | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings