Logo BeritaSatu

Tingkatkan Pengawasan, OJK Luncurkan Aplikasi Obox bagi BPR dan BPRS

Selasa, 2 November 2021 | 11:34 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan aplikasi OJK-Box (Obox) bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Obox merupakan aplikasi pintar yang memungkinkan bank untuk berbagi data dan informasi yang bersifat transaksi dalam periode waktu tertentu melalui repository. Aplikasi ini sebelumnya sudah diluncurkan pada 2019 untuk bank umum.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangka Anggota Dewan Komisioner OJK Heru Kristiyana menyampaikan, pengembangan aplikasi Obox bagi BPR dan BPRS ini dalam rangka peningkatan pengawasan BPR dan BPRS, serta sejalan dengan salah satu pilar dalam Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia (2020-2025).

“Lewat aplikasi Obox, kita ingin memberikan pelayanan yang lebih baik kepada perbankan kita, terutama kalau kita ingin meminta laporan-laporan dari bank,” kata Heru Kristiyana dalam peluncuran Obox bagi BPR dan BPRS secara daring, Selasa (2/11/2021).

Bagi bank, Heru mengatakan aplikasi ini dapat meningkatkan risk awareness pegawai BPR/BPRS, serta menghemat sumber daya karena waktu pemeriksaan dari OJK yang lebih pendek. Sedangkan bagi OJK, aplikasi ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan dan pemeriksaan, mendeteksi potensi permasalahan bank secara lebih dini, serta memberikan respon yang lebih cepat dan tepat.

“Dengan aplikasi Obox, kita berharap manfaat-manfaat yang ingin kita capai dengan penggunaan teknologi akan membuat kita semakin fokus dalam mengawasi, semakin tepat dalam melakukan pengawasan, sehingga harapan kami pengawasan OJK bisa lebih responsif dalam mencegah berbagai tata kelola yang perlu kita perbaiki, ” kata Heru.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

WEF 2022, Dirut BRI: Tingkatkan Inklusi Keuangan, Hindari Pinjaman yang Kaku

Di WEF 2022, Dirut BRI Sunarso ungkap karakter yang dimiliki oleh nasabah BRI adalah tidak nyaman dengan produk pinjaman konvensional perbankan yang kaku.

EKONOMI | 26 Mei 2022

CEO GoTo di WEF: Ekosistem Digital Bisa Tekan Kesenjangan Ekonomi

CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), Andre Soelistyo, menjadi salah satu pembicara utama dalam rangkaian acara WEF 2022 di Davos, Swiss.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Ketimbang Nunggu Elon Musk, Lebih Baik Dukung Anak Bangsa

Pemerintah dinilai lebih baik merangkul anak bangsa untuk kembangkan kendaraan listrik dan teknologi EBT ketimbang menunggu janji investasi Elon Musk.  

EKONOMI | 26 Mei 2022

Bursa Asia Dibuka di Zona Merah di Tengah Sentimen the Fed

Bursa Asia-Pasifik bergerak melemah pada perdagangan Kamis pagi (26/5/2022) setelah the Federal Reserve AS mengatakan akan menaikan suku bunga 50 basis poin.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Cara Mendapatkan Tokopedia Paylater untuk Mahasiswa yang Kerja Paruh Waktu

Tokopedia paylater adalah metode pembayaran di Tokopedia yang memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi paylater rekanan Tokopedia untuk bertransaksi.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Sandiaga Uno Ajak UMKM Kolaborasi dengan Platform Digital

Sandiaga Uno mengajak para pelaku UMKM untuk berkolaborasi dengan platform digital agar dapat ciptakan peluang usaha.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Setelah 3 Hari Naik, Harga CPO Akhirnya Turun

Setelah 3 hari reli, harga kontrak Crude Palm Oil (CPO) di Bursa Malaysia Derivatives terkoreksi pada penutupan Rabu (25/5/2022).

EKONOMI | 26 Mei 2022

Harga Minyak Mentah Naik Tipis di Tengah Kurangnya Pasokan

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Juli naik 47 sen atau 0,4%, menjadi US$ 114,03, WTI naik 0,5% ke US$ 110,33.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Wall Street Menguat Menyusul Risalah Rapat the Fed

Indeks-indeks acuan Wall Street naik pada hari Rabu (25/5/2022) setelah risalah pertemuan kebijakan the Federal Reserve menunjukkan kenaikan suku bunga.

EKONOMI | 26 Mei 2022

The Federal Reserve Bakal Naikkan Suku Bunga 50 Bps Lagi

“Sebagian besar peserta menilai bahwa kenaikan 50 basis poin kemungkinan akan terjadi pada beberapa pertemuan berikutnya,” kata the Federal Reserve.

EKONOMI | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Adik Ipar Presiden Jokowi

Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Adik Ipar Presiden Jokowi

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings