Logo BeritaSatu

Penerapan Teknologi Digital Tarik Investor Ritel ke Dunia Investasi

Kamis, 4 November 2021 | 12:16 WIB
Oleh : Lona Olavia / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Tren perkembangan teknologi digital termasuk di sektor keuangan telah mendorong tumbuhnya jumlah investor ritel pada pasar modal Indonesia. Hal ini juga didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap investasi. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) per 14 Oktober 2021, jumlah investor pasar modal telah tumbuh sebesar 489% mencapai 6,5 juta investor, dibandingkan pada akhir 2017 lalu yang masih di angka 1,12 juta.

Direktur PT Bahana TCW Investment Management Danica Adhitama mengatakan, perkembangan dan penerapan instrumen digital di dunia keuangan dan investasi Indonesia telah membawa dampak yang cukup signifikan khususnya pada peningkatan jumlah investor ritel di tanah air. Selain itu, tingginya minat masyarakat terhadap investasi dan faktor pandemi telah mendorong lebih banyak orang untuk berinvestasi terutama menggunakan kanal digital.

Pertumbuhan minat masyarakat terhadap investasi juga dirasakan anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Indonesia Financial Group (IFG) dan perusahaan manajer investasi global dari Los Angeles, Amerika Serikat, Trust Company of the West (TCW) ini yang sejak 2018 hingga 2021 secara tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata investasi (compound annual growth rate/CAGR) telah tumbuh 31,67%. Menjelang penghujung tahun 2021, jumlah investor ritel Bahana TCW telah mencapai 92.360 investor. Dari jumlah ini, mayoritas berasal dari kalangan usia produktif yaitu dari umur 21-29 tahun.

Tingginya minat investasi masyarakat melalui kanal platform digital juga dijawab Bahana TCW dengan menggandeng mitra Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang juga memiliki kanal penjualan digital. Hingga saat ini Bahana TCW telah menggandeng lebih dari 30 APERD baik bank maupun non-bank.

“Bahana TCW mencoba terus berinovasi untuk menjawab tantangan perkembangan teknologi di dunia investasi. Menggandeng mitra distribusi yang memiliki kanal distribusi digital merupakan salah satu inovasi dalam meningkatkan layanan dan kualitas produk kami dengan aset yang dikelola (Asset Under Management/AUM) mencapai Rp 44,63 triliun per September 2021 (tidak termasuk RDPT/Reksa Dana Penyertaan Terbatas dan KPD/Kontrak Pengelolaan Dana) menunjukkan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap produk dan layanan investasi Bahana TCW hingga saat ini,” ujar Danica.

Saat ini, tambah Danica adalah momentum yang tepat untuk meningkatkan jumlah investor dan dana kelolaan investasi. Mengingat, indikator makroekonomi Indonesia sudah beranjak bergerak positif paska pandemi. “Namun, pengenalan risiko-risiko investasi kepada masyarakat secara umum juga perlu ditingkatkan oleh semua pemangku kepentingan. Hal ini ditujukan untuk membawa industri keuangan dan investasi Indonesia semakin baik ke depan,” ungkap dia.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengakui bahwa teknologi dan digitalisasi dinilai memiliki peran penting terkait upaya pendalaman pasar modal, terutama untuk menarik investor-investor ritel khususnya kaum milenial. Dia pun menggarisbawahi pentingnya memperbesar basis investor di pasar modal Indonesia agar tidak selalu bergantung pada sekelompok investor besar yang cenderung lebih sensitif terhadap isu negatif.

Untuk itu, Wimboh mengimbau agar para pelaku pasar modal terus mengembangkan layanan dan platform digital mereka, termasuk membuat produk-produk yang lebih ramah digital agar dapat memperluas pasar.

“Inilah yang harus selalu kita pupuk. Sekarang ini investor ini adalah milenial yang tentunya melek teknologi sehingga digitalisasi dalam akses market maupun desain produk ini sangat penting,” tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonomi Makin Kuat, Penerimaan Pajak Tercatat Tumbuh 58,1%

Sri Mulyani menegaskan, penerimaan pajak hingga Agustus 2022 mencapai Rp 1.171,8 triliun atau 78,9% dari target Rp 1.485 triliun.

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani: APBN Surplus Rp 107,4 Triliun Per Agustus 2022

"APBN kita juga dalam kondisi surplus Rp 107,4 triliun dibandingkan tahun lalu yang defisit Rp 383,1 triliun," kata Sri Mulyani.

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani Sebut Realisasi BLT BBM Capai Rp 6,2 Triliun

Sri Mulyani menyebutkan, realisasi BLT BBM telah disalurkan sebesar Rp 6,2 triliun kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per 16 September 2022.

EKONOMI | 26 September 2022

ABM Group Rampungkan Proses Pembelian 30 Persen Saham GEMS

ABM Group melakukan penyelesaian proses pembelian 1.764.705.900 saham atau setara 30 persen saham di PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS).

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani: Dana Pemda Mengendap di Bank Rp 203,42 Triliun

Sri Mulyani menyampaikan, tingginya saldo dana pemda di perbankan disebabkan belum optimalnya realisasi belanja daerah sampai dengan Agustus 2022.

EKONOMI | 26 September 2022

PP Properti Bayar Lunas Utang Jatuh Tempo Rp 2,5 Triliun

PT PP Properti Tbk (PPRO) berhasil melunasi utang jatuh tempo di tahun 2022 sebesar Rp 2,5 triliun, yang terdiri dari obligasi, MTN, dan perbankan.

EKONOMI | 26 September 2022

PPRE Targetkan Pengolahan Sampah Ciliwung Selesai Akhir 2022

PT PP Presisi Tbk (PPRE) menargetkan pembangunan sistem pengambilan dan treatment sampah badan air selesai secara bertahap pada akhir 2022

EKONOMI | 26 September 2022

Jaga Ekonomi, Inaplas Bertekad Subtitusi Impor Petrokimia

Untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia, Inaplas berupaya melakukan substitusi impor petrokimia.

EKONOMI | 26 September 2022

Pahami Kebutuhan Sebelum Membeli Produk Asuransi Yang Paling Tepat

Sebelum memutuskan memiliki asuransi, sebaiknya pahami dengan benar produk dan kebutuhannya, apakah memang perlu produk tradisional atau unit link.

EKONOMI | 26 September 2022

Handojo Santosa Meninggal Dunia, Ini Kiprahnya Sebagai Dirut Japfa

Melansir laman resmi japfacomfeed, Handojo Santosa merupakan warga negara Siprus, usia 57 tahun, berdomisili di Singapura.

EKONOMI | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengamat: Anies Penuhi Janji Sediakan Sarana Transportasi

Pengamat: Anies Penuhi Janji Sediakan Sarana Transportasi

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings