Logo BeritaSatu

Ini Cerita Kopiko Bisa Tembus Drakor

Jumat, 5 November 2021 | 10:52 WIB
Oleh : Leonard AL Cahyoputra / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Permen buatan Indonesia Kopiko kembali muncul di drama Korea (drakor) yang sedang naik daun Hometown Cha Cha Cha. Sebelumnya produk dari Mayora Grup ini sempat viral karena tampil di drakor yang tak kalah pamor, Vincenzo.

Pegiat pemasaran merek lokal saat ini sangat kompetitif dalam melakukan strategi pemasaran yang fenomenal di kancah internasional. Mulai dari menunjuk superstar Korea sebagai brand ambassador, memasang iklan di Times Square, hingga menayangkan produknya di drama Korea (drakor). Tujuannya tidak terbatas pada kenaikan penjualan atau menarik investor, tapi juga pada membangun awareness dan relevansi dengan pasar.

Strategi produk yang telah dipasarkan ke lebih dari 100 negara ini menjadi fenomenal karena mampu tampil pada drama korea yang masuk top chart di Netflix.

Global Marketing Director Mayora Group Ricky Afrianto menerangkan, sebagai pengusaha ketika bicara soal intuisi, mereka tahu campaign ini akan menghasilkan sesuatu yang bagus. "Kombinasi dari riset yang kami lakukan, dengan superstar di drama Korea, dan intuisi kami sebagai pengusaha jadi kombinasi yang baik, lantas kita putuskan untuk lakukan campaign-nya”, ujar dia pada ASEAN Marketing Summit 2021 yang diadakan secara virtual, Kamis (4/11/2021).

Dalam keterangannya pada acara MarkPlus ini Ricky menyatakan, drama Korea menjadi kendaraan bagi Mayora Grup untuk memasarkan produk di ranah global. "Ini menjadi kesempatan yang bagus tak hanya untuk Kopiko, tapi juga untuk masyarakat Indonesia agar bangga produknya menjadi merek global," ucap dia.

Ricky mengungkap awalnya Kopiko hanya muncul pada credit di pembuka drama saja. Namun pihaknya menilai apabila Kopiko bisa masuk ke episode 14 dan setelahnya, maka penempatannya akan optimal. Hal ini kemudian dieksekusi pada drama
Korea Hometown Cha Cha Cha.

“Awalnya tidak mudah, pemilik seri dan produsernya sangat ingin tahu apa itu Kopiko, mereka mau tahu apa produk yang tampil di acaranya. Kita beruntung Kopiko telah memasuki pasar Korea sehingga mereka sudah familiar," ujar dia.

Ricky menjelaskan, ketika diskusi mereka ingin Kopiko memiliki peran pada drama tersebut dengan menjadi pengganti kopi.

"Saat superstar di film tersebut menyatakan dia tidak mau pergi ke kafe, dia bilang kita hanya perlu makan permen ini (baca: Kopiko)," terang dia.

Bagi Ricky, skenario ini bisa menjadi fokus penting yang patut diperdalam oleh para pemasar agar mampu menyuntikkan pesan dari brand dengan pintar dan cermat.

Ke depannya Ricky berharap Mayora Group bisa forever young dan terus bersinergi dengan Generasi Y dan Generasi Z di Indonesia. Dia kemudian menyatakan saat ini Kopiko telah meluncurkan packaging dengan bahasa Korea yang telah beredar, hal ini merupakan upaya integrasi marketing yang menunjukkan keseriusan Kopiko untuk menarik peminat K-Pop di Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Indonesia-Jepang Kerja Sama Penerimaan Peserta Magang

Indoensia gandeng JOE Cooperative sebagai agency yang menaungi perusahaan-perusahaan penerima peserta magang di Jepang.

EKONOMI | 28 November 2022

Per Oktober, Utang Pemerintah Capai Rp 7.496,7 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat posisi utang pemerintah mencapai 7.496,70 per 31 Oktober 2022, naik Rp 76,23 triliun.

EKONOMI | 28 November 2022

Kontribusi Asuransi Syariah Diproyeksikan Tumbuh 15%

Industri asuransi syariah ditargetkan mencatatkan pertumbuhan premi atau kontribusi sebesar 10%-15% pada tahun 2023.

EKONOMI | 28 November 2022

Harga Beras di Bandung Mulai Meningkat, Ini Pemicunya

Harga beras di sejumlah pasar tradisional, Kota Bandung, Senin (28/11/2022) Naik hingga Rp 1.000 per kilogram (kg) akibat panen kurang melimpah.

EKONOMI | 28 November 2022

Upaya Menjaga Inflasi Nasional Dimulai dari Beras

BPS menyebutkan bahwa beras merupakan salah satu komoditas pangan yang berkontribusi besar terhadap inflasi pangan.

EKONOMI | 28 November 2022

IHSG Terpangkas di Sesi I Terseret Saham Teknologi

Dibuka turun 0,78 poin (0,01%) di posisi 7.052, IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) tenggelam di zona merah pada perdagangan sesi I, Senin (28/11/2022).

EKONOMI | 28 November 2022

Usai Grup Salim Masuk, BUMI Private Placement Lagi Rp 2,1 T

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) kembali akan melaksanakan private placement setelah private placement Rp 24 triliun saat Grup Salim ikut masuk.

EKONOMI | 28 November 2022

Gubernur Sulut Tetapkan UMP Naik 5,4% Jadi Rp 3.485.000

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menetapkan besaran UMP Sulawesi Utara sebesar Rp 3.485.000 atau naik sebesar 5,24%

EKONOMI | 28 November 2022

Searah Mata Uang Asia, Rupiah Terpangkas di Awal Perdagangan

Pergerakan mata uang Garuda ata rupiah di tengah mata uang Benua Kuning yang berada di zona merah.

EKONOMI | 28 November 2022

Awal Pekan Investor Bersemangat, IHSG Masih di Zona Hijau

Di menit-menit awal, nilai perdagangan IHSG sebesar Rp 210,02 miliar dan frekuensi perdagangan baru mencapai 25.442 kali transaksi.

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Saksi Duga Ada Teroris Saat Disuruh Bawa Senjata ke Rumah Ferdy Sambo

Saksi Duga Ada Teroris Saat Disuruh Bawa Senjata ke Rumah Ferdy Sambo

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE