Logo BeritaSatu

Ketua AFI: Pandemi Covid-19 Terkendali, Industri Waralaba Bangkit Kembali

Sabtu, 13 November 2021 | 22:03 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar, menyebutkan, dampak pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret tahun lalu, telah menyebabkan seluruh sektor industri, termasuk waralaba terpuruk.

Tidak sedikit kalangan pelaku usaha franchise dan business opportunity berdarah-darah, dan omzet merosot tajam. Banyak pula gerai waralaba yang tutup sementara. Bahkan, tidak sedikit juga yang harus tutup permanen.

"Namun, berkat kerja keras pemerintah dan semua elemen yang saling bahu-membahu mengatasi pandemi ini, titik cerah atas kembali pulihnya perekonomian Indonesia mulai terlihat," kata Anang Sukandar, di sela kegiatan pameran International Franchise License & Business Concept Expo & Conference (IFRA), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (13/11/2021).

Anang menjelaskan, AFI sangat memahami pandemi merupakan tantangan maha berat yang harus dijalani untuk membuat bisnis tetap bertahan bahkan bertumbuh. Ketika pandemi saat ini sudah mulai teratasi dengan baik oleh pemerintah, pameran waralaba sudah bisa dilaksanakan.

"Kami sangat bersyukur karena dengan digelarnya pameran ini, muncul kembali optimisme industri waralaba dan business opportunity di Indonesia bisa bangkit dan tumbuh kembali,” jelasnya.

Anang menambahkan, AFI bersama majalah Franchise Indonesia memberikan apresiasi tertinggi kepada pelaku industri franchise dan business opportunity yang mampu bertahan dan pulih serta mencatatkan kinerja yang positif selama masa pandemi.

"Kami mengajak para pelaku usaha waralaba dan business opportunity untuk terus melakukan transformasi usahanya, sehingga mampu mempertahankan dan bahkan meningkatkan pendapatan,” ujarnya.

CEO majalah Franchise Indonesia, Rofian Akbar, menambahkan, untuk kembali membangkitkan semagat para pelaku bisnis waralaba lokal sekaligus memotivasi para pelaku lainnya, pihaknya bersama AFI dua pemetaan.

Pemetaan pertama, metode penelitian dilakukan dengan desk reserach yakni dengan menggali data-data sekunder terkait kepatuhan terhadap regulasi waralaba, jumlah gerai, reputasi brand serta kinerja bisnis selama masa pandemi (awal 2020 hingga akhir 2021 ini).

"Berdasarkan hasi pemetaan ini kami mendapatkan 5 brand franchise yang layak mendapat penghargaan sebagai the best 5 franchise brands in Indonesia 2021," tambahnya.

Pemetaan kedua, lanjut Rofian, metode reserach dengan menggali data-data sekunder dari sekitar 600 merek franchise dan business opportunity.

Adapun data yang digali di pemetaan kedua ini mencakup aspek kompetensi owner, kreativitas dan inovasi seperti konsep bisnis, produk, packaging, serta strategi marketing dan branding termasuk aktivitas kampanye di media sosial (Medsos).

"Berdasarkan penggalian data yang kami lakukan, kami menemukan ada 25 merek franchise dan business opportunity yang layak mendapat predikat the most innovative franchise brands. Mereka ini berdasarkan penilaian kami di masa pandemi senantiasa bergerak, produktif, kreatif dan inovatif sehingga bisnisnya bisa tetap bertahan,” sebut Rofian Akbar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Miris Petani Buang Hasil Panen Raya, DPR Desak Pemerintah Lakukan Intervensi

DPR menyesalkan peristiwa dibuangnya hasil panen raya oleh petani di daerah Gayo, Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

EKONOMI | 29 September 2022

Ombudsman Tekankan Pentingnya Regulasi Pembatasan Distribusi BBM

Ombudsman menekankan pentingnya regulasi mengenati pembatasan distribusi bahan bakar minyak (BBM).

EKONOMI | 28 September 2022

Tarik Investasi, Pemerintah Didorong Manfaatkan Momentum Perfect Storm

Pemerintah didorong memanfaatkan momentum perfect storm untuk menarik investasi. Yose Rizal Damuri menilai Indonesia harus bisa memanfaatkan situasi global.

EKONOMI | 28 September 2022

Biro Klasifikasi Indonesia Berkomitmen Tingkatkan Kompetensi Mitra Bisnis

Biro Klasifikasi Indonesia melaksanakan sertifikasi juru las secara gratis bagi 100 tenaga pengelasan dari berbagai perusahaan galangan kapal anggota Iperindo.

EKONOMI | 28 September 2022

Emiten Transportasi Genjot Ekspansi Kendaraan Listrik

PT Blue Bird Tbk (BIRD) siap menambah 150 kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) hingga akhir tahun 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Airlangga Ajak Sherpa G-20 Wujudkan Dunia yang Harmonis

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkenalkan Sherpa G-20 pada kearifan budaya Indonesia melalui gala dinner di Pelataran Wisnu Candi Prambanan.

EKONOMI | 28 September 2022

Merek Oppo Kembali Pimpin Pasar Smartphone Indonesia

Oppo berhasil mengukuhkan diri kembali menjadi pemain nomor satu di pasar smartphone Indonesia pada kuartal II 2022.

EKONOMI | 28 September 2022

Keuangan Bermasalah, Seluruh Kegiatan Usaha Wanaartha Life Dibatasi OJK

Dalam penjelasannya, OJK menilai bahwa Wanaartha Life tidak memenuhi sejumlah ketentuan di bidang perasuransian.

EKONOMI | 28 September 2022

BUMN Startup Day Perkuat Sinergi BUMN dengan Usaha Rintisan

BUMN Startup Day merupakan kegiatan yang positif karena bisa memperkuat sinergi antara BUMN dengan para perusahaan rintisan yang ada di Indonesia.

EKONOMI | 28 September 2022

Dana Otsus Papua Meningkat Tiap Tahun, Bagaimana Hasilnya?

Aliran dana otsus Papua dan dana tambahan infrastruktur (DTI) dari 2002 hingga 2021 untuk Papua dan Papua Barat telah mencapai Rp 138,65 triliun.

EKONOMI | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

NEWS | 2 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings