Logo BeritaSatu

Jokowi Serius Geser Batu Bara dengan Energi Baru Terbarukan

Rabu, 17 November 2021 | 19:35 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) sangat serius ingin mengembangkan ekonomi hijau di Tanah Air. Salah satunya, menggantikan batu bara dengan energi baru terbarukan (EBT). Ia minta hal itu menjadi komitmen bersama jajaran Kabinet Indonesia Maju.

“Mengenai pengembangan ekonomi hijau dan transisi energi dan renewable energy, energi baru terbarukan, betul-betul harus jadi komitmen kita bersama,” kata Presiden Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Untuk itu, Jokowi meminta para menteri memastikan investasi yang masuk ke Indonesia berkaitan dengan ekonomi hijau, yakni untuk menggeser pembangkit batu bara dan menggantinya dengan EBT.

“Baik itu pengembangan kendaraan dan baterai listrik, serta pembangunan green industrial park di Kalimantan Utara yang juga menggunakan energinya dari hydropower juga betul-betul segera direalisasikan dan dimulai,” ujar Jokowi.

Komitmen tersebut pernah disampaikan Presiden Jokowi saat mengadakan pertemuan CEOs Forum dengan beberapa investor besar asal Inggris, di Kota Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11/2021) pagi.

Jokowi menekankan pembahasan pada investasi di bidang ekonomi hijau. Ia mengungkapkan telah menandatangani Peraturan Presiden mengenai instrumen nilai ekonomi karbon yang akan mengatur mekanisme carbon trading ke depan beberapa waktu lalu.

Selain itu, di sektor energi, Indonesia membuka peluang Investasi untuk melakukan early retirement dari pembangkit-pembangkit batu bara dan menggantikannya dengan energi terbarukan.

Pemerintah telah mengidentifikasi ada 5,5 GW PLTU Batubara yang bisa masuk dalam proyek ini dengan kebutuhan pendanaan sebesar US$ 25 miliar hingga US$ 30 miliar selama 8 tahun ke depan.

“Indonesia akan mengalihkan pembangkit batu bara dengan renewable energy pada tahun 2040, dengan catatan jika terdapat kerja sama, teknologi, nilai keekonomian yang layak, dan pendanaan internasional yang membantu transisi energi tersebut,” terang Jokowi.

Tidak hanya itu, Presiden juga menjelaskan Indonesia memiliki potensi pengembangan kendaraan dan baterai listrik. Hal ini mengingat Indonesia memiliki kekayaan mineral, seperti nikel, tembaga dan bauksit/aluminium.

Indonesia juga sedang membangun Green Industrial Park di Kalimantan Utara seluas 13.000 hektare yang akan menggunakan sumber energi ramah lingkungan seperti hydropower dan solar panel farm, sehingga produk yang dihasilkan akan ramah lingkungan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BRINS Imbau Pelaku UMKM Miliki Asuransi Sebagai Proteksi

CEO BRINS Fankar Umran mengatakan, risiko yang tidak diduga tersebut bisa menimpa UMKM atau juga usaha besar.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Injury Time, Peserta PPS Diyakini Meningkat Signifikan

Peserta PPS akan meningkat karena orang Indonesia terbiasa dengan injury time, hari ini akan ada kenaikan signifikan.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Untuk Ekspansi Bisnis, Ringan Bantu Ratusan UMKM di Makassar

PT Ringan Teknologi Indonesia (Ringan) membantu ratusan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Makassar, Sulawesi Selatan untuk ekspansi bisnis.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Ini Posisi Indonesia di Percaturan Industri Halal Global

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, potensi Indonesia menjadi pemain utama di industri halal global sangat besar.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Bank Mega Syariah Beri Apresiasi Pengguna Mobile Banking

PT Bank Mega Syariah (BMS) memberi apresiasi kepada nasabah pengguna mobile banking dengan memberikan hadiah 3 bulanan.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pengamat Proyeksi Penerimaan PPS Pajak Bisa Capai Rp 71,54 T

Untuk potensi penerimaan dari PPS Pajak, Fajry Akbar optimistis pemerintah akan meraup PPh Rp 71,54 triliun, namun kalau di atas Rp 65 triliun sudah baik.

EKONOMI | 30 Juni 2022

800 Petani Kalteng Ikuti Program Bertani Berkelanjutan

Sekitar 800 petani dari 16 desa telah berinisiatif untuk mempraktekkan cara membuka lahan dan bercocok tanam secara berkelanjutan, yak

EKONOMI | 30 Juni 2022

PPS Pajak Berakhir Hari Ini, DJP Kumpulkan PPh Rp 54 T

PPS pajak hingga hari ini telah mencapai 212.240 wajib pajak dengan jumlah PPh yang berhasil diraup pemerintah mencapai Rp 54,23 triliun.

EKONOMI | 30 Juni 2022

TikTok Akan Buka Kursus Sukses Bisnis untuk UKM

Para UKM dapat berpartisipasi dalam program Follow Me dan memulai perjalanan TikTok mereka dengan mengunjungi https://www.tiktok.com/business/.

EKONOMI | 30 Juni 2022

IHSG On Track Menguat 5% Sepanjang Semester I 2022

Menjelang penutupan semester I 2022, IHSG masih mencatat penguatan 5,87% secara year to date, tetapi masih berada di bawah level tertingginya di 7.355,3.

EKONOMI | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Holywings Kota Bekasi Ditutup, 60 Karyawan Dirumahkan

Holywings Kota Bekasi Ditutup, 60 Karyawan Dirumahkan

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings