Logo BeritaSatu

Gandeng CrediBook, Pemkot Kediri Dorong UMKM Go Digital

Rabu, 17 November 2021 | 20:03 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Kediri, Beritasatu.com - Pemerintah kota (Pemkot) Kediri berkolaborasi dengan CrediBook, startup yang berfokus pada digitalisasi operasional UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), dalam penyelenggaraan pelatihan UMKM secara daring bertajuk UMKM Go Digital: Makin Kredibel dan Cuan.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan UMKM dalam mengelola usaha dengan memanfaatkan teknologi digital. Pelatihan ini diikuti oleh 200 UMKM Kediri dari beragam latar belakang usaha, seperti makanan dan minuman, fashion dan kriya, jasa, hingga pertanian.

CrediBook dan Pemerintah Kota Kediri menghadirkan pakar yang mengedukasi peserta pelatihan mengenai pengelolaan keuangan usaha, seperti pengelolaan arus kas, utang piutang, serta pembuatan laporan keuangan. UMKM didorong untuk memiliki pencatatan keuangan yang rapi agar memudahkan pemantauan kondisi usaha hingga dapat mengajukan pinjaman.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, mengapresiasi upaya CrediBook untuk mengakselerasi kapasitas keuangan dan digital pelaku usaha di Kediri.

"Salah satu aspek yang perlu mendapat perhatian serius dalam recovery ekonomi di masa pandemi covid-19 adalah memantapkan kesiapan pelaku UMKM untuk go digital," ujar Abdullah seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Rabu (17/11/2021).

Abdullah menjelaskan, Pemerintah Kota Kediri berupaya semaksimal mungkin untuk terus mendampingi dan menggandeng mitra untuk para pelaku UMKM Kota Kediri agar bisa lebih baik dan lebih besar lagi ke depan.

"Kita bekerjasama dengan platform e-commerce untuk akselerasi pelaku UMKM onboarding di ekosistem digital. Kemudian terkait digitalisasi pembayaran, Pemkot Kediri juga bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk terus memperluas penggunaan QRIS di kalangan pelaku UMKM,” jelasnya.

Disampaikannya pula, banyak pelaku usaha yang belum bisa memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Pencatatan keuangannya masih dijalankan secara manual di kertas. Untuk itu, upaya Pemerintah Kota Kediri saat ini yaitu berkolaborasi dengan CrediBook untuk mengatasi salah satu tantangan pengembangan UMKM terkait pengelolaan keuangan.

"Ketika skala bisnis makin besar dan order makin banyak, saya yakin pencatatan manual seperti itu tidak akan efektif lagi. CrediBook membuka kelas bagi pelaku UMKM, bagaimana mengelola dan mencatat keuangan secara proper agar bisnisnya makin profitable dan berkembang,” tuturnya.

Abdullah berpesan agar para pelaku UMKM dapat terus mengembangkan sayap dan mengubah strategi market-nya untuk go digital. Melalui pelatihan ini, pelaku UMKM di Kota Kediri diharapkan bisa teredukasi dan terasah digital skill-nya dengan pelatihan- pelatihan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Kediri.

"Semoga pelatihan ini tidak hanya kali ini, namun ada pelatihan-pelatihan lagi karena ada UMKM-UMKM yang belum mengerti. Mudah-mudahan kita bisa besar bersama-sama,” ujarnya.

Sementara, CEO dan co-founder CrediBook Gabriel Frans berterima kasih atas sinergisitas bersama Pemerintah Kota Kediri yang memiliki visi sejalan untuk mengajak UMKM melek keuangan dan teknologi digital.

"CrediBook bangga dapat bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kediri dalam menghadirkan program pelatihan ini. Pelatihan di bidang literasi keuangan dan penggunaan teknologi digital akan membantu UMKM Indonesia naik kelas serta turut merasakan keuntungan dari tingginya nilai ekonomi internet Indonesia yang diprediksi akan menyentuh angka US$ 70 miliar di tahun 2021 ini,” ungkap Gabriel.

Sebagai perusahaan teknologi, kata Gabriel, CrediBook menghadirkan aplikasi pencatatan dan manajemen keuangan yang dapat digunakan gratis oleh pelaku UMKM.

"Saya dan teman-teman pendiri membangun CrediBook untuk membantu UMKM Indonesia bersaing di era digital. Saat ini,
UMKM harus bisa mengambil keputusan bisnis secara cepat dan akurat. Pengelolaan keuangan yang baik akan mempermudah pelaku usaha mengambil keputusan. Aplikasi CrediBook membantu memudahkan UMKM mencatat keuangan usahanya kapan saja dan dimana saja,” kata Gabriel.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tokopedia Luncurkan Spot Award, Program Apresiasi Karyawan

Tokopedia baru saja meluncurkan Spot Award, sebuah program untuk mengapresiasi karyawan-karyawan.

EKONOMI | 29 Juni 2022

PUPR Tetapkan Tiga Pemenang Sayembara Rancang Kawasan IKN

Ibu Kota Negara (IKN) akan dibangun secara bertahap hingga 2045 dengan mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Imbas Kenaikan Bunga Fed Arus Kas Bukalapak Makin Kuat, Lo?

PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menyatakan kenaikan suku bunga Federal Reserve AS (the Fed) baru-baru ini berdampak positif terhadap kas perseroan.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Dirut BEI Targetkan Kapitalisasi Pasar Rp 13.500 Triliun

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman menargetkan kapitalisasi pasar bursa bisa menembus Rp 13.500 triliun pada 2026 mendatang.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Home Credit Salurkan Pembiayaan Modal Kerja Rp 560 Miliar

PT Home Credit Indonesia (Home Credit) telah menyalurkan pembiayaan modal kerja mencapai Rp 560 miliar kepada lebih dari 48.000 UMKM.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Bentuk Tanggung Jawab, BRI Komitemen Kedepankan Aspek ESG

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI berkomitmen menerapkan prinsip ESG untuk meneruskan pertumbuhan bisnis berkelanjutan.

EKONOMI | 29 Juni 2022

IHSG Turun 54 Poin, Kapitalisasi Pasar Capai Rp 9.097 T

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan sore ini Rabu (29/6/2022) turun 54,1 poin (0,7%) ke level 6.942.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Meski Pandemi Kinerja BEI Tetap Cemerlang, Laba Melonjak 80%

Laba bersih BEI tahun berjalan sebesar Rp 881,41 miliar di tahun 2021 atau tumbuh 80,8% dari tahun 2020.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Arisan Digital Mapan Raih US$ 15 Juta dari Patamar dan Astra

Mapan mengumumkan penutupan pendanaan seri-A sebesar US$ 15 juta yang dipimpin oleh Patamar Capital dan PT Astra Digital Internasional.

EKONOMI | 29 Juni 2022

DJP Kemenkeu Gandeng BRI untuk Implementasi Aplikasi PSIAP

BRI bekerja sama dengan DJP Kemenkeu dalam implementasi aplikasi Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP).

EKONOMI | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Suap Alfamidi, KPK Dalami Sumber Uang Suap untuk Wali Kota Ambon

Kasus Suap Alfamidi, KPK Dalami Sumber Uang Suap untuk Wali Kota Ambon

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings