Logo BeritaSatu

ABM Berhasil Raih Penghargaan ASSRAT untuk Keempat Kali

Rabu, 17 November 2021 | 20:28 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - PT ABM Investama Tbk (ABMM) kembali meraih penghargaan prestisius berskala internasional dengan kategori “Silver Rank” pada ajang Asia Sustainability Reporting Rating 2021 (ASSRAT) yang diselenggarakan secara hybrid pada Rabu (17/11/2021) di Jakarta. Diraihnya penghargaan ini merupakan wujud komitmen ABMM dalam penerapan prinsip keberlanjutan (sustainability), sekaligus dukungan nyata terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainability Development Goals – SDGs).

Penghargaan ini diberikan untuk Laporan Berkelanjutan (Sustainability Report) 2020 ABMM bertajuk “Merancang Prospek Masa Depan (Fostering Future Prospects). Direktur Utama ABM Andi Djajanegara menyambut antusias atas kembali diraihnya penghargaan prestisius berskala internasional ini selama empat tahun berturut-turut, yaitu “A Commendation For Four Consecutive Years Participation In ASSRAT”.

“Kami merasa terhormat dan berbahagia atas penghargaan ini. Partisipasi ABM yang keempat kalinya secara berturut-turut dalam ajang ini merupakan bagian dari strategi keberlanjutan serta penerapan ESG yang menjadi fokus utama dalam upaya menciptakan kesinambungan pertumbuhan bisnis,” jelas Andi melalui keterangan, Rabu (17/11/2021).

“Kami percaya bahwa keberlangsungan usaha lekat dengan pelaksanaan tanggung jawab lingkungan dan sosial. Dukungan dari publik akan menumbuhkan iklim investasi yang sangat positif untuk ABM, terutama kebanggaan karyawan terhadap perusahaan sehingga dapat berkontribusi secara optimal. Penghargaan ini memacu kami untuk senantiasa melakukan yang terbaik demi masa depan yang berkelanjutan," tambahnya.

Laporan keberlanjutan ini merupakan publikasi tahun ke-4 yang sudah dilakukan Perseroan. Hal ini sekaligus meneguhkan komitmen transparansi informasi ABMM kepada seluruh pemangku kepentingannya. “ABM telah secara serius menunjukkan langkah-langkah transformasi terkait keberlanjutan bisnis, salah satunya dengan publikasi sustainability reporting sejak 2017. ABM juga telah merancang konsep keberlanjutan yang kami namakan Sustainability House, untuk mempermudah harmonisasi antara penetapan target-target ESG dan aspek monitoring hingga pengungkapannya kepada publik,” kata Andi.

Penghargaan ini sendiri diselenggarakan oleh National Center of Sustainability Reporting (NCSR), lembaga non-profit anggota dari Global Reporting Initiative (GRI) yang konsisten dalam pengukuran transparansi informasi korporasi pada pengelolaan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) melalui publikasi laporan keberlanjutan perusahaan (sustainability report). Ratusan perusahaan, baik dari dalam negeri, maupun internasional di Asia pun turut berpartisipasi dalam ASSRAT 2021.

ABMM merupakan salah satu dari sekitar 120 perusahaan di Indonesia yang menerbitkan Laporan Keberlanjutan dan mengikuti ajang ini.

Metodologi penilaian ASSRAT menggunakan standar Global Reporting Initiative (GRI) yang juga mencakup kepatuhan regulasi pasar modal POJK 51/2017, kesesuaian dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainability Development Goals – SDGs), pengelolaan emisi dan energi yang berkaitan dengan upaya pengurangan dampak perubahan iklim (climate change), serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses “assurance” oleh lembaga independen.

Sebagai informasi, ABM juga memiliki komitmen kuat melalui kemitraan strategis untuk mendukung pencapaian SDGs. ABM telah membina kemitraan dengan Yayasan Kumala melalui program pemberdayaan kelompok rentan di fasilitas Sentra Kreasi Atensi yang telah diresmikan secara langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini pada awal November lalu, serta tengah mengembangkan program pelestarian keanekaragaman hayati dan gerakan pemberdayaan generasi milenial desa di kawasan Bogor melalui kemitraan dengan Yayasan Greena.

Tidak hanya itu, komitmen ABM dan seluruh entitas usahanya dalam menerapkan aspek keberlanjutan telah dibuktikan dengan adanya berbagai perhargaan lain yang berhasil diperoleh. Mulai dari penghargaan kategori “CCC” atas pengungkapan ESG dan kategori Gold pada ajang Penghargaan Emisi Korporasi yang juga diselenggarakan oleh Berita Satu Media Holding dan BGK di bulan April dan November 2021 lalu.

Penghargaan ESG Award peringkat “Terbaik” untuk keterbukaan ESG emiten sektor investasi non perbankan di tahun 2020, penghargaan “4 Star Company” dan TOP Leader CSR dari TOP CSR Award selama dua tahun berturut – turut (2020 dan 2021), Penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI untuk Pengelolaan Lingkungan Pertambangan kategori Aditama (site Kalimantan) dan kategori Pratama (site Aceh) di tahun 2021. Penghargaan “Platinum” dan “Gold” pada Indonesia CSR Award dan Indonesia SDGs Award melalui program pelestarian terumbu karang dan konservasi bakau. Serta penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk kategori Inspirator Rehabilitasi DAS (2017).

“Diraihnya penghargaan ini tidak lepas dari hasil kerja keras seluruh keluarga besar ABM dan seluruh entitas usahanya yang selalu berkomitmen untuk menerapkan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam keberlangsungan usaha. Kami berharap ke depannya prestasi ini dapat terus kami pertahankan dan mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan, dan juga seluruh pemangku kepentingan,” tutup Andi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jababeka Wujudkan Green Industrial Estate Lewat Cara Ini

PT Jababeka Tbk (KIJA) berkomitmen mewujudkan green industrial estate dengan menggelar program kolaborasi pelestarian lingkungan.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Ini 5 Urgensi Pentingnya Beralih dari TV Analog ke Digital

Dengan beralih ke TV digital, masyarakat akan mendapatkan siaran yang lebih bagus, lebih bersih gambarnya dan lebih jernih suaranya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Sandiaga Ingatkan Konsep Tiga G dan Empat As, Apa Itu?

Sandiaga menyampaikan, dalam menjalankan setiap usaha, UMKM harus menjalankan konsep "Tiga G".

EKONOMI | 3 Juli 2022

79 Produsen Dukung Program Minyak Goreng Curah Rakyat

Kemenperin mencatat hingga 1 Juli 2022, ada 130 perusahaan mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Jualan Alat Berat Moncer, Laba Hexindo Melesat di Atas 100%

PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA) kuartal I 2022 mencatat laba bersih tahun berjalan US$ 55,08 juta atau melesat d iatas 100%.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Spanyol Siap Bantu Proyek Transportasi Indonesia, Apa Saja?

Spanyol menawarkan bantuan beberapa proyek-proyek yang bisa dibangun di Indonesia khususnya terkait transportasi.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Rambah Dubai, Bank Syariah Indonesia Raih Penghargaan

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) meraih penghargaan Progressive International Market Expansion setelah berhasil membuka kantor cabang di Dubai.

EKONOMI | 3 Juli 2022

PMI Manufaktur RI Melambat, Pemerintah Jaga Pemulihan Ekonomi

PMI Manufaktur di bulan Juni masih berada pada zona ekspansif di level 50,2. Sebelumnya pada Mei 2022, PMI Manufaktur berada di level 50,8.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Anak

Lifepal.co.id membagikan tips memilih asuransi kesehatan anak supaya orang tua dapat merasa lebih tenang jika telah memiliki proteksi untuk buah hatinya.

EKONOMI | 3 Juli 2022

Mentan Syahrul Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Cabai

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, gejolak harga cabai yang terjadi belakangan ini dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama.

EKONOMI | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 3 Juli 2022

Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 3 Juli 2022

NEWS | 22 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings