Logo BeritaSatu

Pacu Startup Lokal, Upaya Erick Thohir Dapatkan Apresiasi

Kamis, 18 November 2021 | 13:43 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Pengamat BUMN Research Group Lembaga Manajemen FEB UI Toto Pranoto mengatakan upaya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan pendanaan terhadap start uplokal atau perusahaan rintisan dapat menciptakan ekosistem pertumbuhan ekonomi khususnya ekonomi digital.

“Saya kira ini langkah bagus. Selama ini banyak sekali start up bagus yang justru dapat pembiayaan dari angel investor asing. Dengan dukungan investor lokal maka diharapkan kreatifitas start up bisa meningkat lebih pesat,” kata Toto melalui keterangan pers, Kamis (18/11/2021).

Toto menyatakan bahwa salah satu kunci kesuksesan membangun start up adalah memiliki basis pasar yang kuat, idealnya start up lokal mampu menguasai pasar ASEAN yang cocok dengan bisnis layanan konten kreatif.

“Kunci sukses start up salah satunya tentu pada jumlah subscribers. Artinya butuh basis market yang kuat, jadi zona subscribers idealnya nanti bisa pada pasar ASEAN. Pasar regional ini tentu cocok pada layanan content creative, layanan kebutuhan esensial publik seperti Halodoc,” katanya.

Namun, jika ingin fokus ke pasar domestik, start up lokal bisa memprioritaskan pemberdayaan para petani atau nelayan, serta bisnis pada sektor kreatif dan jasa intermediasi keuangan UMKM.

“Atau kalau mau fokus di domestik maka model start up yang fokus pada pemberdayaan petani atau nelayan seperti Tanihub, sektor kreatif dan jasa intermediasi keuangan mikro atau kecil bisa jadi prioritas.” Ulasnya.

Lanjut Toto, dengan dukungan kepada start up ini menunjukkan Erick Thohir memiliki kepedulian dan keberpihakan terhadap pertumbuhan industri ekonomi digital di Indonesia.

“Dengan policy ini menunjukkan ada keberpihakan pada start up lokal. Ini juga sekaligus bisa menumbuhkan semangat dan motivasi serta membentuk ecosystem start up lokal lebih baik karena ada jaminan pemerintah lewat BUMN untuk pengembangan bisnis mereka,” ungkapnya.

Namun, Toto juga mengingatkan agar perusahaan BUMN yang akan menginvestasikan dananya untuk start up tidak asal-asalan, agar terhindar dari kerugian di kemudian hari.

“Perlu ada model bisnis yang lebih win-win diantara kedua belah pihak. Karena BUMN juga jangan sampai investasi sembarangan yang bisa memunculkan potensi kerugian.” Tegasnya.

Sebelumnya, Erick Thohir berencana memberikan syarat pendanaan bagi start up lokal, ketiganya yaitu pendiri start up merupakan orang Indonesia, perusahaan beroperasi di Indonesia dan go public di Indonesia.

Menurut Erick Thohir, sebagai bagian dari Merah Putih tentunya BUMN harus mendukung kreator dan konten lokal untuk memastikan pasar Indonesia digunakan untuk pertumbuhan Indonesia.

"Karena kenapa? Kita bagian dari Merah Putih yang harus mendukung daripada kreator lokal, konten lokal. Kita tidak anti asing, tetapi kita tidak mau pasar kita digunakan untuk pertumbuhan negara lain. Kita harus memastikan market Indonesia untuk pertumbuhan bagi negara kita," kata Erick

Terkait pendanaan start upini, ia menyampaikan bahwa bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak dan tentunya dengan tetap mengedepankan nasionalisme Merah Putih.

Saat ini Menteri BUMN juga sedang mencoba untuk memperbaiki sistem dari investasi yang ada di BUMN, karena terdapat Telkom, Telkomsel, Mandiri, BRI, yang masuk ke sektor pendanaan bagi start up.

Erick Thohir juga ingin membatasi terkait sektor pendanaan bagi investasi ini, karena ia tidak mau kejadian seperti dana pensiun yang semua BUMN memiliki dana pensiun sehingga akhirnya terjadi hal-hal yang tidak inginkan terulang kembali.

"Sekarang saya juga tidak mau semua BUMN tanpa expertise atau keahlian tiba-tiba investasi semuanya di start up, kita perlu konsolidasikan karena proses bisnis sangat penting," ucap Erick Thohir.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Siap IPO, Hoffmen Cleanindo Bidik Dana Segar Rp 56,1 Miliar

PT Hoffmen Cleanindo siap melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggelar Initial Public Offering (IPO).

EKONOMI | 19 Mei 2022

Program CSR Jangan Hanya Sekedar Bagi-bagi Sumbangan

Dalam menjalankan program CSR, selama ini konotasinya yang terpenting perusahaan telah menyampaikan donasi atau memberikan sumbangan.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Bank BJB Gandeng Digidata Mudahkan Layanan Onboarding

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank BJB) melakukan pengembangan inovasi digital melalui kolaborasi dengan Digidata.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Presiden Jokowi Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mulai 23 Mei 2022 mencabut larangan ekspor minyak goreng.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Mantap! Tugu Insurance Tebar Dividen Rp 126,59 Miliar

RUPST PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) menyepakati pembagian dividen sebesar Rp 126,59 miliar.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Dukung NZE 2060, MMS Group Indonesia Jalankan EBT

Berbagai inisiatif dilakukan MMS Group Indonesia dalam menerapkan energi baru terbarukan (EBT).

EKONOMI | 19 Mei 2022

Bahas Isu G20, Tempo BNI The Bilateral Forum 2022 Digelar

Tempo BNI Bilateral Forum bahas peran UKM dalam pembangunan ekonomi

EKONOMI | 19 Mei 2022

Jokowi Setujui Tarif Listrik Pelanggan di Atas 3.000 Va Naik

Sri Mulyani Indrawati mengatakan tarif listrik untuk pelanggan dengan daya di atas 3.000 volt ampere (Va) akan mengalami kenaikan.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Yuk Simak! Ini Lima Langkah BEI Dukung Implementasi ESG

BEI berkomitmen untuk mendukung penuh implementasi environmental, social and governance (ESG), simak caranya.

EKONOMI | 19 Mei 2022

Investasi di GoTo, Strategi Telkomsel Dipuji Legislator

Investasi yang dilakukan Telkomsel di GoTo mendapatkan pujian dari Ketua Komisi VI DPR Faisol Reza.

EKONOMI | 19 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Siap IPO, Hoffmen Cleanindo Bidik Dana Segar Rp 56,1 Miliar

Siap IPO, Hoffmen Cleanindo Bidik Dana Segar Rp 56,1 Miliar

EKONOMI | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings