Logo BeritaSatu

Kemkop dan UKM Bantu Permodalan 500 Usaha Mikro di Bali

Senin, 22 November 2021 | 22:25 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Bali, Beritasatu.com - Kementerian Koperasi (Kemkop) dan UKM bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali meresmikan program “Kita Jaga Usaha di Denpasar, Bali”.

Sebanyak 500 usaha mikro dan 41 warung/restoran di Bali diberikan bantuan permodalan sebanyak Rp 1 juta per orang agar bisa bangkit dari dampak pandemi Covid-19.

Hadir dalam peresmian tersebut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki didampingi Ketua Baznas Noor Achmad, mewakili Gubernur Bali I Wayan Koster, Kepala Biro Ekonomi dan Litbang Bali Tjok Bagus Pemayun; Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan; serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bali, I Wayan Mardiana.

Peluncuran program bantuan tunai untuk usaha mikro di wilayah PPKM (Jawa dan Bali) dilakukan di kantor Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Bali, di Denpasar, Senin (22/11/2021).

Teten mengatakan, kerja sama dengan Baznas ini diharapkan terus bergulir agar lebih banyak lagi membantu UMKM di berbagai daerah di Indonesia. Program “Kita Jaga Usaha” ini pun membantu usaha mikro yang belum terhubung ke pembiayaan formal, terutama yang terdampak paling dalam karena pandemi Covid-19.

“Kerja sama ini terus bergulir, mudah-mudahan ikut meringankan beban para pelaku mikro. Pemerintah tidak bisa kerja sendiri, butuh sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak,” kata dia.

Para pelaku UMKM, khususnya yang ada di Bali, sambung Teten, merupakan pihak yang sangat terdampak pandemi Covid-19.

UMKM Bali umumnya bergerak di sektor pariwisata, sektor yang menyumbang 56 persen ekonomi Bali. Pandemi Covid-19 telah menghancurkan sektor pariwisata hingga kini belum pulih.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), Teten menyebut, ekonomi Bali kembali mengalami kontraksi sedalam 2,91 persen pada kuartal III-2021 yoy (year-on-year).
Kontraksi ini terjadi setelah sempat bangkit dari masa resesi dengan mengalami pertumbuhan positif pada kuartal II-2021 sebesar 2,88 persen yoy.

“Di saat yang sulit seperti ini, pemerintah sangat berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak yang ikut berkontribusi membantu UMKM yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Teten.

Baznas, lanjut Teten, salah satunya sangat peduli dengan UMKM Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19 dengan program-programnya, bantuan jaring pengaman sosial kepada pengusaha kuliner Warung Tegal (Warteg), Warung Padang, Bakso, Soto, Pecel Lele, dan Warung makan lainnya yang terdampak pandemi Covid-19.

Teten menegaskan, pemerintah tetap mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui kelanjutan program PEN tahun 2021 bagi KUMKM, dengan memberikan stimulus pembiayaan bagi KUMKM.

Kemkop dan UKM melanjutkan program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk membantu permodalan usaha mikro dan daya beli masyarakat. Di mana tahun ini alokasinya sebesar Rp 15,36 triliun dan telah terealisasi 100 persen disalurkan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro.

Kemkop dan UKM terus melakukan sinergi dengan berbagai pihak, memperkuat ekosistem penguatan daya saing UMKM (hulu-hilir) dengan fasilitasi dukungan pelatihan dan pendampingan, sertifikasi/standarisasi UMKM, Korporatisasi Petani, fasilitasi kemitraan, factory sharing, penguatan aspek pembiayaan, dan fasilitasi promosi dan perluasan akses pasar, serta literasi dan digitalisasi UMKM.

Di kesempatan yang sama, Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan, Bali mendapat bantuan usaha mikro dari Program Kita Jaga Usaha sebanyak 500 usaha kecil dan 41 warung/restoran.

Ia berharap, bantuan tersebut bisa tersebar di kota dan provinsi terutama pengusaha kecil yang membutuhkan bantuan usaha di seluruh Indonesia.

“Usaha mikro tumbuh diharapkan menjadi kekuatan tangguh ekonomi. Begitu dibuka kembali, UMKM Bali akan memberikan dampak besar bagi ekonomi daerah. Kami juga akan memperkuat warung-warung kecil yang ada di desa-desa,” jelas Noor.

Selain itu, Baznas juga terus memperkuat keberadaan mustahik. Salah satunya pelaku usaha dan peternakan ayam yang kini tengah dikembangkan untuk dijadikan usaha berbasis koperasi. Di mana para peternak ayam yang ada di suatu desa dibina dan dibantu permodalannya oleh Baznas.

“Akan banyak rakyat kecil yang dibantu. Harapannya bisa seluruh provinsi akan dibantu UMKM-nya. Menjadikan Baznas sebagai mitra yang ideal. Baznas dengan KemenKopUKM sangat beririsan. Baznas diperuntukkan bagi basis kesejahteraan rakyat yang juga menjadi program kementerian,” ucapnya.

Sementara, sambutan Gubernur Bali I Wayan Koster yang diwakili Kepala Biro Ekonomi dan Litbang Bali, Tjok Bagus Pemayun, mengatakan, Baznas kembali menginisiasi program bagi UMKM.

Diharapkan program ini menjadi solusi konsisten menyongsong kembali ekonomi Bali. Di mana ekonomi Bali bangkit dengan menjaga UMKM.

“Bali bangkit sangat penting disiapkan sedini mungkin. Dukungan penuh untuk Bali kembali sangat berarti. Pemberian bantuan ini sebagai garda terdepan, seiring dengan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Bali. Mendorong pertumbuhan UMKM memberikan kontribusi,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Strategi Industri Telekomunikasi Hadapi Resesi Global

Dalam menghadapi ancaman resesi global, industri telekomunikasi di seluruh dunia telah melakukan berbagai strategi.

EKONOMI | 30 November 2022

Tiga Alasan Rights Issue BBTN Menarik bagi Investor

Analis MNC Sekuritas Tirta Citradi memaparkan, salah satu aksi korporasi yang harus jadi perhatian investor adalah rights issue BBTN.

EKONOMI | 30 November 2022

DPR: Tidak Boleh Ada Permainan Harga Tiket Transportasi Jelang Nataru

Pengalaman Nataru sebelumnya, harga tiket transportasi bisa tiba-tiba melonjak dan terkadang harga tersebut tidak masuk akal.

EKONOMI | 30 November 2022

Ekonomi Digital Jadi Solusi untuk Hadapi Ancaman Resesi

Di tengah adanya perlambatan ekonomi global serta ancaman resesi, industri ekonomi digital bisa menjadi solusi dan tumpuan harapan.

EKONOMI | 30 November 2022

Ajukan JR Aturan Upah, Apindo: PP Lebih Tinggi dari Permen

Apindo sebut kenaikan UMP seharusnya mengacu pada PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai turunan UU Cipta Kerja.

EKONOMI | 30 November 2022

Waduh! Pendapatan BUMI Berpotensi Hilang US$ 1 Miliar

Emiten batu bara PT Bumi Resources Tbk (BUMI) pada tahun ini berpotensi kehilangan pendapatan lebih US$ 1 miliar karena curah hujan tinggi.

EKONOMI | 30 November 2022

Bahlil Janji Target Investasi Rp 1.200 T Tercapai Desember

Bahlil Lahadalia optimistis target investasi tahun 2022 sebesar Rp 1.200 triliun akan terpenuhi pada Desember.

EKONOMI | 30 November 2022

Didukung KBRI Den Haag, Belanda Siap Impor Komoditas Pertanian

Belanda siap mengimpor komoditas pertanian Indonesia dengan dukungan KBRI Den Haag. 

EKONOMI | 30 November 2022

Kemenaker Minta Seluruh Pihak Patuhi Upah Minimum 2023

Kemenaker mendorong semua pihak untuk memperkuat dialog sosial agar implementasi upah minimum 2023 berjalan kondusif.

EKONOMI | 30 November 2022

Meski Tertekan, Industri Penerbangan Tak Boleh Abaikan Pelayanan

Persoalan yang mengimpit industri penerbangan membuat sejumlah maskapai lalai pada aspek pelayanan. Sebut saja kasus Aris Lasso yang ditinggal Batik Air. 

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Strategi Industri Telekomunikasi Hadapi Resesi Global

Ini Strategi Industri Telekomunikasi Hadapi Resesi Global

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE