Logo BeritaSatu

Sri Mulyani Sebut Pasar Keuangan Domestik Relatif Stabil

Selasa, 23 November 2021 | 14:58 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kondisi pasar keuangan domesik relatif stabil dan terus membaik di tengah dinamika perkembangan ekonomi global yang dinamis.

Stabilnya kondisi pasar keuangan tercermin dari surat berharga negara yang mengalami penurunan spread terhadap US Treasursy.

Advertisement

"Dalam hal ini permintaaan ke SBN terutama dari domestik cukup berikan stabilisasi termasuk peranan Bank Indonesia (BI), tetapi lingkungan dunia tidak dalam situasi tenang," kata Sri Mulyani dalam Kongres AAIPI Tahun 2021, Selasa (23/11/2021).

Sri Mulyani menjelaskan, ada beberapa faktor yang patut diwaspadai Indonesia. Pasalnya, negara maju tengah menghadapi beragam tantangan dari sisi tingkat inflasi yang sangat tinggi dan disrupsi rantai pasok dari sisi suplai dan kenaikan harga komoditas terutama energi sehingga mendorong kenaikan harga yang sangat drastis.

"Negara maju dihadapkan pilihan sulit, ketika memilih mengerem inflasi berarti akan mengerem pemulihan ekonomi, namun jika menggunakan instrumen kebijakan moneter maka akan berujung kenaikkan suku bunga acuan. Ini harus diwaspadai sebab dampaknya ke seluruh dunia," jelasnya.

Menurut Sri Mulyani, saat ini dunia terus menggunakan seluruh instrumen yang dimiliki dalam pemulihan ekonomi. Sisi pemulihan ekonomi terjadi, namun bukan berarti pemulihan tanpa konsekuensi seperti pemulihan yang sepat dari sisi permintaan meningkat, namun tak diikuti pasokan akan menimbulkan kenaikan harga.

Sementara, untuk kinerja inflasi di tanah air tercatat relatif rendah dibandingkan negara emerging market dan negara maju yang terjadi lonjakan inflasi.

"Terjadi diruspsi sebab produksi dan distribusi masih terkendala karena masih merebaknya Covid-19 menimnbulkan tekanan dari sisi harga. Ini harus diwaspadai, karena jika ini terjadi di negara maju mereka akan dipaksa lakukan pengetatan moneter dan terjadi capital outflow yang bisa menimbulkan tekanan terhadap nilai tukar rupiah," tuturnya.

Meski begitu, Menkeu menegaskan, kondisi ekonomi Indonesia jauh lebih baik dibandingkan negara lain. Namun, Sri Muyani menekankan pentingnya meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi berbagai ketidakpastian global yang berpotensi menekan kinerja ekonomi nasional.

"Kita akan lebih baik tapi gambarkan kewaspadaan tetap ditumbuhkan saat relatif baik, sisi penanganan covid-19 dan inflasi. Inflasi kita 1,7% dibandingkan AS di atas 6 %, Meksiko di atas 6 % dan Afrika Selatan di atas 6% bahkan Agentina mencapai 50% dan Turki mencapai 19%. Ini menggambarkan bukan situasi yang mudah," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

HUT Ke-77 RI, Bank BJB Gelar Berbagai Program Menarik

Memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Bank BJB menggelar berbagai program yang menarik bagi para nasabah.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

ASDP Indonesia Ferry Optimistis Pertahankan Kinerja Positif

PT ASDP Indonesia Ferry optimistis pada tahun ini Earning Before Interest, Tax and Amortization (Ebitda) mampu menembus Rp 1 triliun.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Barito Pacific Dukung Mapala UI Wujudkan Ekonomi Sirkular

Barito Pacific fokus memberikan manfaat bagi semua kepentingan masa depan dengan kegiatan di bidang pendidikan, lingkungan, ekonomi, dan sosial.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, Depo Bangunan Salurkan 2.000 Bingkisan

Depo Bangunan menyiapkan bantuan 10 ton beras, 2.000 liter minyak goreng dan 2.000 kg gula.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Rayakan Hari Kemerdekaan, BRI Resmikan Menara BRILian

Menara BRILian yang bernuansa green and smart building ini dibangun di lahan seluas 8200 M2 berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Astra Life Konsisten Lanjutkan Inovasi Layanan Digital

PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) resmi meluncurkan aplikasi mobile MyAstraLife sebagai upaya memperkuat inovasi pelayanan nasabah berbasis digital.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Cakep! Premi Asuransi Perjalanan Jasindo Tumbuh 565%

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) mencatatkan pertumbuhan 565% secara tahunan atau year on year (yoy) di lini bisnis asuransi perjalanan.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Digitalisasi BPR, Komunal Luncurkan Fitur E-Deposito

DepositoBPR by Komunal meluncurkan fitur terbaru E-Deposito untuk mendukung seluruh BPR semakin maju secara digital.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

HUT Ke-77 RI, BTN Tawarkan KPR Edisi Khusus Kemerdekaan

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN memiliki cara tersendiri untuk memperingati HUT ke-77 RI.

EKONOMI | 17 Agustus 2022

Pangdam XIV Hasanuddin Jamin Stabilitas Keamanan Smelter Nikel CNI Group

Menurut Mayjen TNI Andi Muhammad, proyek smelter nikel CNI Group wajib untuk dilindungi karena proyek ini didukung penuh oleh negara.

EKONOMI | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kematian Covid-19 di Indonesia sampai 17 Agustus 2022

Data Kematian Covid-19 di Indonesia sampai 17 Agustus 2022

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings