Logo BeritaSatu

Ciri-ciri Pinjaman Online yang Aman untuk Digunakan

Selasa, 23 November 2021 | 17:00 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Keberadaan aplikasi pinjaman uang online cepat, bisa menjadi andalan banyak orang di tengah tanggal tua atau lagi ada kebutuhan mendesak. Apalagi kalau bunganya rendah, tenornya panjang, dan cara mengajukannya gampang. Tak ayal, banyak orang yang minat pakai aplikasi pinjaman uang online cepat.

Namun, aplikasi pinjaman uang online cepat, atau sering disebut “pinjol”, akhir-akhir ini banyak sekali yang meresahkan masyarakat. Saking meresahkannya, hingga Presiden Joko Widodo turun tangan, dengan meracik strategi untuk memberantas keberadaan pinjol ilegal yang kian bermunculan.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman di aplikasi pinjaman uang online, lebih baik simak 5 ciri-ciri berikut, yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut aman untuk digunakan.

Wajib terdaftar di OJK
Patut diingat, kalau jangan pernah sekali-kali tergiur untuk menggunakan aplikasi pinjaman online ilegal, yang mengiming-imingi pencairan cepat, tanpa tahu seluk beluk perusahaan tersebut. Cara paling mudah untuk mengecek legal atau tidaknya sebuah aplikasi pinjaman uang online adalah dengan mengecek langsung di situs OJK ataupun nomor WhatsApp resminya, di https://www.ojk.go.id/id.

Jika sudah terdaftar, aplikasi tersebut bisa Anda pertimbangkan. Jika belum terdaftar, sebaiknya cari alternatif lain, dan jangan mengajukan pinjaman di aplikasi tersebut. Sebab, banyak sekali pilihan aplikasi pinjaman uang legal yang sudah terdaftar. Per 6 Oktober 2021, total ada 106 penyelenggara fintech legal yang terdaftar di OJK dan bisa menjadi pilihan Anda.

Cara Menggunakan Aplikasinya Jelas
Aplikasi pinjaman uang online yang ilegal, biasanya juga menggunakan cara-cara yang aneh dalam pengajuan pinjaman. Misalnya, dengan menggunakan link khusus yang dikirimkan melalui Whatsapp untuk mengunduh aplikasinya, tidak bisa lewat Google Play Store atau App Store.

Jika menemui kondisi ini, Anda sebaiknya berhati-hati, karena bisa jadi ini adalah salah satu tanda bahwa aplikasi atau layanan pinjaman tersebut tidak aman digunakan. Bahkan, jika mengunduh aplikasi dari link tersebut, bisa berpotensi membahayakan data-data pribadi Anda.

Aplikasi pinjaman uang online cepat, yang legal biasanya memiliki situs dengan akses https atau aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Salah satu contohnya ada Kredivo.

Suku Bunga Transparan dan Tenor Sesuai Kebutuhan
Selain memilih yang sudah terdaftar di OJK, dan cara menggunakan aplikasinya jelas, Anda juga perlu memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah menginformasikan suku bunga, tenor, dan biaya lain-lain yang menyertai pinjaman secara jelas di awal. Dengan begini, Anda bisa lebih aman dan tenang dalam meminjam, serta memiliki kalkulasi pengembalian pinjaman yang jelas.

Seperti di Kredivo, semua informasi pinjaman atau cicilan akan kamu dapatkan di awal sebelum menyetujui pinjaman. Mulai dari limit pinjaman minimal 500 ribu sampai 2 digit, suku bunganya 2,6% per bulan, dan pilihan tenornya yaitu 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Sebelum menyetujui pinjaman, Anda juga akan diberikan simulasi pinjaman dan angsuran per bulan. Jika setuju, Anda boleh melanjutkan proses pengajuan pinjaman tersebut.

Review Pengguna Lain
Agar lebih yakin dengan aplikasi pinjaman uang online cepat pilihan Anda, cobalah untuk melihat pengalaman atau ulasan pengguna lain yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi tersebut. Hal tersebut bisa dengan mudah Anda temui di kolom ulasan pengguna di Google Play Store atau App Store. Bagaimana ulasannya, berapa rating-nya, dan apa saja masalah yang dialami pengguna ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Semakin banyak komentar positif dan tinggi rating, tentu semakin baik. Sebaliknya, semakin banyak ulasan negatif, atau rendah ratingnya, sebaiknya Anda siap-siap untuk beralih dan mencari aplikasi pinjaman uang online yang lain.

Nah, itu dia 5 ciri pinjaman uang online yang aman. Meski sudah tahu ciri-cirinya, Anda wajib tetap berhati-hati dan waspada meski butuh pinjaman dalam kondisi mendesak.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

WIR Asia Optimistis Laba Bersih Melesat 87% di Akhir 2022

Perusahaan teknologi, PT WIR Asia Tbk (WIRG) atau WIR Group memproyeksikan mengantongi laba bersih Rp 45,9 miliar sampai akhir 2022, naik 87%.

EKONOMI | 30 September 2022

World Bank Sebut Warga Miskin Bertambah 13 Juta, DTKS Diubah?

Akibat perubahan batas garis kemiskinan World Bank membuat warga miskin di Indonesia bertambah.

EKONOMI | 30 September 2022

Bantuan Subsidi Upah Dinilai Lambat, Ini Penyebabnya

Bantuan subsidi upah lambat penyalurannya karena harus melalui proses verifikasi sehingga pihak penerima tepat sasaran.

EKONOMI | 30 September 2022

Sri Mulyani Teriakan Slogan NasDem dan Demokrat, Kemenkeu Buka Suara

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sempat meneriakkan slogan NasDem dan Demokrat, apa maksudnya?

EKONOMI | 30 September 2022

Pengamat: BLT Bantu Ekonomi Masyarakat Kelompok Rentan

Keputusan Presiden Jokowi memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat rentan dipandang sebagai langkah yang tepat.

EKONOMI | 30 September 2022

Gandeng Asparindo, KEK Morotai Bangun Pusat Industri Laut

Kawasan industri kelautan mencakup pengolahan, perdagangan, budidaya, pemasaran, serta pelatihan peningkatan SDM di KEK Morotai.

EKONOMI | 30 September 2022

Waskita Divestasi Tol Semarang-Batang Rp 3,8 T ke Hong Kong

PT Waskita Toll Road (WTR) mendivestasi (melepas) sebanyak 40% saham atau setara Rp 3,8 triliun kepemilikannya di PT Jasamarga Semarang Batang (JSB).

EKONOMI | 30 September 2022

Askrindo Raih Penghargaan Stellar Workplace Award 2022

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo meraih penghargaan dalam Stellar Workplace Award 2022, Kamis (29/9/2022).

EKONOMI | 30 September 2022

Bansos Kartu Sembako dan PKH Cair Lagi Pekan Depan

Pemerintah akan mencairkan kembali bantuan sosial (bansos) kartu sembako dan bansos program keluarga harapan (PKH) mulai Oktober 2022.

EKONOMI | 30 September 2022

Rupiah Ditutup Menguat 35 Poin ke Rp 15.227 Per Dolar AS

Mata uang Garuda atau rupiah hari ini diperdagangkan dengan kisaran Rp 15.014- Rp 15.049 per dolar AS.

EKONOMI | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi pada 30 September

Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi pada 30 September

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings