Logo BeritaSatu

Bahlil: Investasi Rp 1.200 Triliun Ngeri-ngeri Sedap

Rabu, 24 November 2021 | 10:25 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut ngeri-ngeri sedap target investasi sebesar Rp 1.200 triliun yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tahun 2022.

Hal itu diungkapkan Bahlil saat menyampaikan laporan pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Investasi/BKPM Tahun 2021 di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Pada acara bertema "Hilirisasi dan Kolaborasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan," Presiden Jokowi menyaksikan penyerahan penghargaan Anugerah Layanan Investasi 2021 kepada Kementerian/Lembaga, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.

Menurut Bahlil, penyelenggaraan Rakornas Kementerian Investasi/BKPM 2021 adalah dalam rangka menerjemahkan arah kebijakan Presiden Jokowi di bidang investasi pada tahun 2022.

"Tahun ini, kita targetkan Rp 900 triliun. Di dalam RPJMN Bappenas, Pak sebenarnya nilainya adalah Rp 865 triliun. Tapi Bapak perintahkan kepada kami adalah sebesar Rp 900 triliun," kata Bahlil.

Ia mengatakan, pada tahun 2021 realiasi investasi telah mencapai 63%. "Dan, ternyata Bapak Presiden, kami melaporkan bahwa realisasi investasi uang yang masuk, belum tentu akan produktif sama dengan sektor hilirisasi," jelas Bahlil.

Ia mencontohkan, hilirisasi di Maluku Utara dan Sulawesi Tengah yang tidak sebesar di Provinsi Jawa Barat. Namun, multiplier effect yang tercipta di Maluku Utara dan Sulawesi Tengah tinggi.

"Nilai investasi belum tentu menunjukkan multiplier effect yang masif. Ini hasil kerja sama kami dengan Universitas Indonesia," kata Bahlil.

Investasi berperan penting sebagai motor penggerak kegiatan perekonomian nasional. Pemerintah secara konsisten terus berupaya menjadikan daerah-daerah sebagai pusat-pusat kegiatan usaha.

Saat ini, pemerintah mendorong hilirisasi seluruh sumber daya alam yang dimiliki, termasuk dengan pengembangan industri baterai kendaraan listrik dan kendaraan listriknya.

Sejalan dengan tren global untuk meninggalkan bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan dan mempercepat transformasi menuju ekonomi hijau.

Untuk mewujudkan target realisasi investasi Rp 1.200 triliun pada tahun 2022, kementerian/lembaga dan pemerintah daerah juga didorong untuk meningkatkan kolaborasi dan kekompakan demi meningkatkan kinerja.

Setiap investor yang masuk ke daerah juga diwajibkan berkolaborasi dengan pengusaha yang ada di daerah dan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas Banyak Didukung

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang diluncurkan Presiden Jokowi mendapat dukungan dari Kadin dan Sinar Mas Group.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Ekonom Apresiasi Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Pemerintah pada 2023

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada 2023.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kolaborasi Majoo dan BRI Mudahkan Transaksi Digital UMKM

Komitmen aplikasi Majoo mewujudkan transformasi digital UMKM Indonesia diwujudkan dengan kolaborasi bersama BRI.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Fintech Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

Adopsi kripto terus berkembang di Kerajaan Bahrain dan ini ditunjukkan dengan banyak perusahaan lokal memfasilitasi pembayaran dalam kripto seperti Bitcoin.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Holding PTPN Bangun Pengolahan Kelapa Sawit Mini di Bogor

Rektor IPB, Prof Arif Satria, memberikan apresiasi kepada PTPN Group yang telah mendukung pembangunan unit Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) Mini.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Strategi Duta Intidaya Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

PT Duta Intidaya Tbk (DAYA) atau yang lebih dikenal dengan Watsons Indonesia meluncurkan kembali Watsons Club membership dalam menjaga loyalitas pelanggan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Napindo Hadirkan Pameran Solusi Kota Cerdas

Pameran dan Forum Teknologi Terpadu yang digelar Napindo menampilkan pameran Indo Water, Indo Waste, dan Indo Renergy, dan IISMEX 2022 Expo & Forum.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, 25 Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Sandiaga Uno menyatakan 25 maskapai internasional melayani penerbangan ke Denpasar, Bali, menjelang KTT G-20.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penahanan Putri Candrawathi Permudah Proses Hukum Kasus Brigadir J

Penahanan Putri Candrawathi Permudah Proses Hukum Kasus Brigadir J

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings