Logo BeritaSatu

Garuda Indonesia Optimalkan Layanan Kargo Ekspor

Rabu, 24 November 2021 | 15:09 WIB
Oleh : Herman / EHD

Jakarta, Beritasatu.com Garuda Indonesia (Persero) terus mengoptimalkan penyediaan jalur distribusi komoditas ekspor nasional melalui layanan kargo udara ke berbagai negara tujuan ekspor. Beberapa jalur penerbangan langsung juga sudah dibuka untuk mempercepat proses distribusi barang dari Indonesia.

“Untuk kargo, kita saat ini memutuskan lebih banyak fokus di ekspor dengan membuka beberapa jalur penerbangan langsung. Memang tidak sering, masih seminggu sekali. Dari Makassar ke Hong Kong, dan dari Manado ke Narita khusus membawa komoditas-komoditas yang berasal dari daerah tersebut,” ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam acara Economic Outlook 2022 hari ke-3 sesi diskusi “Akselerasi Pembangunan Transportasi 2022” yang digelar BeritaSatu Media Holdings, Rabu (24/11/2021).

Dengan penerbangan langsung yang dilayani Garuda, lanjut Irfan, barang yang diekspor memiliki value yang lebih tinggi. “Kita mesti mengurangi sedalam mungkin pergerakan barang dan kargo untuk ekspor yang selama ini harus dari Jakarta. Jadi misalnya dari Manado ke Narita, kita membawa fresh tuna dan bisa sampai sana dengan value yang lebih tinggi dibandingkan tuna atau produk lain yang di-frozen,” ujarnya.

Irfan menambahkan, saat ini Garuda Indonesia terus melakukan review atas layanan penerbangan langsung yang disediakan. Garuda beberapa kali juga pernah melakukan penerbangan langsung dari Surabaya ke Incheon Korea Selatan hingga Padang ke Guangzhou.

“Dalam upaya kita memfokuskan diri di kargo, muncullah banyak sekali hal-hal yang menarik. Contohnya Garuda sering sekali satu pesawat isinya 30 ton manggis ke Tiongkok. Dulu kita mulai dari Padang, kemudian juga dari Bali dan tempat-tempat lain. Saya juga sedang bicara dengan salah satu Bupati yang tanpa sepengetahuan banyak pihak memproduksi 100.000 nanas setiap tahun. Garuda ini kan mestinya mengambil peran bukan hanya sebagai transporter, tetapi juga sebagai pendorong pergerakan barang-barang ekspor,” ungkap Irfan.

Saat ini mayoritas penerbangan rutin ke luar negeri yang masih dipertahankan Garuda Indonesia adalah negara-negara tujuan ekspor produk Indonesia.

“Banyak orang tidak tahu, di dalam pesawat penumpangnya kosong, hanya misalnya 50 orang, padahal kita membawa 30 ton barang dari Indonesia. Kita juga harus membawa juga barang-barang masuk ke Indonesia sebanyak 30 ton, dan sebagian dari itu kita mengambil peran sebagai hub,” kata Garuda.

Saat ini Garuda juga sudah memiliki kemampuan menerbangkan kargo ke negara-negara di mana Garuda tidak beroperasi, misalnya di Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa. Pasalnya Garuda juga bekerja sama dengan maskapai-maskapai lain yang sudah hadir di negara tersebut.

“Jadi produsen tidak perlu khawatir lagi memikirkan bagaimana membawa barang. Kita akan bantu semaksimal mungkin dan memastikan barang itu sampai ke destinasi yang diinginkan,” kata Irfan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Naik karena Pelonggaran Lockdown Tiongkok

Harga minyak naik tipiskarena rencana larangan Uni Eropa terhadap minyak Rusia dan pelonggaran penguncian Covid-19 di Tiongkok.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Meski Larangan Ekspor CPO Dicabut, RI Bukan Eksportir Terbesar Lagi

Dengan kembali dibukanya keran ekspor CPO, tidak menjadikan Indonesia dalam waktu dekat sebagai negara pengekspor CPO terbesar lagi.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Klaster Baru Green Paradise City Milik Samara Rampung 2022

Samara Land menargetkan klaster terbaru Green Paradise City di Parung Panjang, bisa rampung pada tahun 2022.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Wall Street Bak Roller Coaster karena Kekhawatiran Resesi

Meningkatnya kekhawatiran resesi mendorong bursa AS Wall Street masuk ke pasar bearish (tertekan) pada Jumat (20/5/2022).

EKONOMI | 21 Mei 2022

Bursa Eropa Ditutup Menguat di Tengah Minggu yang Fluktuatif

Stoxx 600 pan- bursa Eropa bertambah 0,5% dengan saham perjalanan dan liburan menguat 2% memimpin kenaikan.

EKONOMI | 21 Mei 2022

POJK Perlindungan Konsumen Dorong Masyarakat Paham Haknya

Aturan perlindungan konsumen mendorong masyarakat lebih paham hak dan kewajibannya sebagai pengguna produk dan layanan jasa keuangan.

EKONOMI | 21 Mei 2022

Investasi di GOTO, Ini Pandangan Pengamat Pasar Modal

Perusahaan yang berinvestasi di GOTO bukan melihat kenaikan harga saham dalam jangka pendek tetapi bisnis jangka panjangnya.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pengelolaan Arsip BP Jamsostek Raih Penghargaan ANRI

Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan ANRI selama tahun 2021, BP Jamsostek berhasil mengungguli 31 kandidat lainnya.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Patra Niaga Selama LebaranDinilai Optimal

Keberhasilan memberikan pelayanan BBM tidak terlepas dari inovasi PT Pertamina Patra Niaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Raih Top BUMD 2022, Bank BJB Fokus Pelayanan bagi Nasabah

Bank BJB berhasil meraih penghargaan Top BUMD 2022 dengan peringkat 1 kategori BPD KBMI 2.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Minyak Naik karena Pelonggaran Lockdown Tiongkok

Harga Minyak Naik karena Pelonggaran Lockdown Tiongkok

EKONOMI | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings