Logo BeritaSatu

Samsung Berencana Membangun Pabrik Chip US$ 17 Miliar di AS

Rabu, 24 November 2021 | 20:18 WIB
Oleh : Grace El Dora / EHD

San Francisco, Beritasatu.com - Samsung mengatakan bahwa pihaknya akan membangun pabrik microchip di Texas, Amerika Serikat (AS). Investasi senilai US$ 17 miliar tersebut dilakukan di tengah masalah kekurangan semikonduktor, yang menyebabkan penundaan rantai pasokan di banyak industri.

"Selamat datang di Texas, Samsung!" tulis Gubernur Partai Republik Texas Greg Abbott, Rabu (24/11/2021). Ia menyebut pabrik yang direncanakan tersebut sebagai investasi langsung asing terbesar di Texas yang pernah ada.

Pabrik baru diperkirakan dapat beroperasi pada akhir 2024, diharapkan dapat menciptakan lebih dari 2.000 lapangan pekerjaan bagi ahli. "Dan meletakkan dasar untuk bab penting lainnya di masa depan kita," kata Kinam Kim, CEO dari divisi elektronik raksasa Korea Selatan Samsung.

Microchip yang diproduksi di pabrik tersebut akan dapat diaplikasikan untuk teknologi seluler, 5G, atau bahkan kecerdasan buatan (AI), kata kelompok itu. Pabrik itu akan dibangun di Taylor, dekat ibu kota Austin.

Berita itu disambut baik oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Direktur Komite Dewan Ekonomi Nasional Brian Deese dan Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pabrik itu akan sangat membantu melindungi rantai pasokan, merevitalisasi basis manufaktur, dan menciptakan lapangan pekerjaan yang baik di dalam negeri.

Samsung yang merupakan produsen chip memori terbesar di dunia, secara agresif meningkatkan investasinya di bisnis semikonduktor saat dunia memerangi kekurangan chip yang melanda segala hal. Mulai dari mobil dan peralatan rumah untuk ponsel pintar dan konsol game.

Samsung bergabung dengan pesaingnya TSMC dari Taiwan dan Intel dari AS dalam memperluas kapasitas produksi chip di AS, yang melihat sektor ini sebagai area persaingan strategis dengan Tiongkok. Adapun TMSC dan Intel membangun pabrik seperti itu di Arizona.

Kedua penasihat presiden menekankan bahwa pengumuman Rabu sebagian besar merupakan hasil dari diskusi antara kepala negara AS dan Korea Selatan.

Samsung, yang telah beroperasi di AS selama 25 tahun, telah mengajukan dokumen untuk proyek tersebut dengan pihak berwenang Texas pada Januari 2021.

Pengumuman pabrik di Texas disampaikan ketika Lee Jae-yong, pemimpin de facto dari konglomerat Samsung, mengunjungi AS. Lee berusaha meningkatkan jejaknya di ekonomi terbesar di dunia tersebut.

Samsung telah menikmati keuntungan yang melonjak dalam beberapa kuartal terakhir, didorong permintaan yang kuat untuk elektronik dan chip di masa pandemi.

Sejak berkuasa, Biden telah mencoba menggalang industri seputar kebutuhan untuk memproduksi komponen vital di Amerika Serikat.

Sejumlah perusahaan telah mengumumkan pabrik baru dalam beberapa bulan terakhir. TSMC mengumumkan akan membangun pabrik di Jepang dalam kemitraan dengan Sony. Sementara itu, produsen chip terbesar Tiongkok mengatakan pada September 2021 bahwa pihaknya akan membangun pabrik baru di Shanghai.

Raksasa semikonduktor AS Intel mengumumkan tahun ini bahwa mereka akan menginvestasikan US$ 20 miliar pada dua pabrik baru di Arizona. Perusahaan juga berencana untuk mengalokasikan antara 20 miliar euro (US$ 22,5 miliar) dan 80 miliar euro (US$ 89,6 miliar) untuk memproduksi microchip di Eropa selama 10 tahun ke depan. (afp/eld)



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings