Logo BeritaSatu

Bangun Industri Baterai EV, IBC Gandeng CATL dan LG Chem

Rabu, 24 November 2021 | 22:03 WIB
Oleh : Leonard AL Cahyoputra / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Utama Industri Baterai Indonesia/Indonesia Battery Corporation (IBC) Toto Nugroho mengatakan, untuk membangun ekosistem industri baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dari hulu hingga hilir membutuhkan investasi sebesar US$ 15,3 miliar.

"IBC mendapat dukungan dari para pemegang saham dan partner internasional yaitu CATL dari Tiongkok dan LG Chem dari Korea Selatan (Korsel), yang memiliki kemampuan teknologi dan kemampuan marketing dari pemasaran produk terutama baterai EV untuk diekspor," ujar Toto dalam acara Economic Outlook 2022 hari ke-3 yang digelar BeritaSatu Media Holdings, Rabu (24/11/2021).

Toto menerangkan, dengan dana sebesar itu, pihaknya dapat memproduksi baterai dengan kapasitas 140 Giga Watt Hour (Gwh). Kapasitas itu mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri sebesar 60 Giga Watt Hour (Gwh) pada 2035.

Kebutuhan itu terdiri dari kendaraan roda empat yang ditargetkan akan mencapai hampir 400.000 kendaraan EV per tahun, yang akan memiliki permintaan untuk baterai EV. Begitu juga untuk kendaraan roda dua berbasis EV yang diperkirakan akan mencapai 3 juta unit.

"Selain itu juga dari Energy Storage System (ESS) yang dibutuhkan terutama untuk pembangkit-pembangkit berbasis EBT. Dia merupakan itu juga merupakan demand yang sangat besar untuk baterai. Jadi segmen itulah yang mendorong kebutuhan baterai EV kita kedepannya dan ini suatu hal yang sangat strategis, kita harus melakukan dari aspek EV Baterai dan juga ekosistem EV harus sama-sama kita dorong,” ucap Toto.

Dia menerangkan, IBC akan berperan sebagai strategic investments holdings yang akan melakukan kerja bersama dengan beberapa mitra. Selain harus ada provider baterai EV, juga harus ada demand creation. Terutama mendorong beberapa demand creation yang spesifik yang ada di lingkungan dalam negeri, terutama untuk kendaraan dua roda EV dan terus melihat peluang-peluang lain untuk meningkatkan demand dari kendaraan-kendaraan EV.

"Kalau dari EV baterai ekosistem, ini yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita mendevelop dari upstream kita dari mining sampai ke downstream, jadi akan memerlukan beberapa proses tentunya,” ucap Toto.

Toto juga menjelaskan tahapan proses dalam mencapai baterai EV di Indonesia. Pada tahap awal yaitu bahan baku di hulu berupa Nikel Ore. Pada tahap ini, IBC memiliki pemilik saham utama yaitu Mind ID, Antam, Pertamina, dan PLN. “Tentunya dari segi Nikel Ore yang paling berperan adalah Main ID dan Antam,” ujarnya.

Setelah itu, lanjut Toto, IBC melakukan pengolahan terhadap nikel ore menggunakan smelter yang akan menghasilkan nikel dan kobalt sulfat untuk diproses menjadi katoda dan akhirnya menjadi batery cell dan pack.

Dia menerangkan, untuk EV, ESS dan stasiun pengisian akan dilakukan oleh PLN dan Pertamina. "Dan satu hal yang penting juga untuk rangkaian secara intergrasi ini adalah baterai daur ulang. Jadi baterai daur ulang ini, semua baterai yang akan kita produksi dapat kita daur ulang mineral utamanya hampir 97%-98%, sehingga bisa digunakan kembali,” ucap dia.

Toto mengaku saat ini sedang melakukan joint study dengan CTL dan LG Chem, untuk melakukan engineering, procurement and construction (EPC) selama 2-3 tahun.

Dia melanjutkan pada 2024 pihaknya sudah akan melakukan produksi baterai di Karawang dan diharapkan pada 2025 sudah mendapatkan operasional dari keseluruhan rantai suplai untuk menghasilkan baterai EV.

Lalu pada 2026, Indonesia akan menjadi hub baterai EV di ASEAN dna berdasarkan hasil kajian IBC, produksi baterai Indonesia akan sangat kompetitif dengan negara lain di Asean.

"Karena dari keseluruhan nikel di dunia ini, 24% ada di Indonesia. Dan di 2027 karena kapasitas yang kita kembangkan cukup signifikan kita memiliki kemampuan untuk menjadi salah satu pemain global untuk EV di dunia,” pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fasilitas dan Infrastruktur, Fokus Utama Konsumen Perumahan

PT Kesuma Agung Selaras (KAS) meresmikan jembatan dan akses jalan yang menghubungkan perumahan Graha Laras Sentul dengan kawasan sekitarnya.

EKONOMI | 30 September 2022

Gandeng Sinergy Networks, Surge Bidik Pendapatan Rp 821 M

PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) atau Surge melalui PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave) menandatangani perjanjian dengan Sinergy Networks.

EKONOMI | 30 September 2022

Traveloka Dapat Suntikan Dana US$ 300 Juta dari INA Dkk

Traveloka, mendapatkan fasilitas pendanaan US$ 300 juta dari Indonesia Investment Authority, BlackRock, Allianz Global Investors, Orion Capital Asia.

EKONOMI | 30 September 2022

ICT Business Partnership, Pengusaha Korea-Indonesia Jalin Kerja Sama

Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Korea bekerja sama dengan Korea National IT Industry Promotion Agency menggelar ICT Business Partnership.

EKONOMI | 30 September 2022

OPEC Disinyalir Pangkas Produksi, Harga Minyak Mentah Turun

Sempat menyentuh US$ 90 per barel, harga minyak mentah dunia Brent akhirnya turun pada perdagangan Jumat pagi (30/9/2022) di Asia.

EKONOMI | 30 September 2022

Dari Merugi Garuda Untung Rp 57 Triliun, Kok Bisa?

Laba bersih tersebut merupakan hasil dari pembalikan liabilitas atau utang setelah Garuda menuntaskan PKPU.

EKONOMI | 30 September 2022

Wall Street Melemah, S&P 500 Anjlok ke Level Terendah 2022

Wall Street ditutup melemah. Indeks S&P 500 jatuh ke level terendah tahun ini di tengah sentimen the Fed bakal tetap menaikkan suku bunga.

EKONOMI | 30 September 2022

Bank Raya Tunjuk Ida Bagus Ketut Subagia Jadi Dirut

Bank Raya menunjuk Ida Bagus Ketut Subagia sebagai Direktur Utama Bank Raya. Bank Raya juga mengumumkan rencananya menerbitkan 3,5 miliar saham.

EKONOMI | 29 September 2022

Mitigasi Risiko Kendaraan, Fox Logger Gaet Sompo Insurance

Fox Logger bekerja sama dengan PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) untuk memberikan keamanan dalam mitigasi risiko kendaraan.

EKONOMI | 29 September 2022

Seedbacklink Siap Bantu UMKM Masuk Platform Digital

Seedbacklink siap membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mulai memasuki dunia digital.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jual Beli Bayi Rp 15 Juta

Jual Beli Bayi Rp 15 Juta "Ayah Sejuta Anak" Dibekuk

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings