Logo BeritaSatu

Pencegahan HIV-AIDS di Tempat Kerja Tantangan Berat ASEAN

Kamis, 25 November 2021 | 09:59 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bersama negara-negara anggota ASEAN mendukung kebijakan pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja, yang saat ini masih menjadi tantangan berat bagi pembangunan dan masalah sosial, termasuk keterkaitan dengan sektor ketenagakerjaan, sosial, dan ekonomi lainnya.

Menurut Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (Binwasnaker) dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kemenaker, Haiyani Rumondang, untuk menjawab tantangan berat tersebut diperlukan perlindungan memadai dalam hal K3 dan berbagai upaya K3 secara komprehensif dengan mengedepankan upaya pencegahan (preventif).

"Pekerja/buruh berperan besar dalam kegiatan produksi di tempat kerja, namun juga merupakan komunitas yang juga rentan akan tertular HIV. Karenanya, workshop kedua tentang pencegahan dan menghapus HIV AIDS di tempat kerja menjadi perhatian mengingat persoalan HIV AIDS masih menjadi tantangan berat di negara-negara anggota ASEAN," kata Haiyani usai memberikan paparan 2nd Workshop on the Development of Guideline on HIV-AIDS Counselling and Testing at Workplace di Jakarta, Rabu (24/11/2021) sebagaimana dalam siaran persnya.

Haiyani mengatakan, sektor ketenagakerjaan memiliki peran strategis dalam mendukung keberhasilan program pengendalian HIV-AIDS di kawasan ASEAN.

Untuk itu, melalui workshop kedua ini, diharapkan dapat melahirkan sebuah pedoman konsultasi dan pengecekan tentang HIV AIDS di tempat kerja yang dapat digunakan oleh seluruh negara anggota ASEAN.

Salah satunya melalui perluasan layanan akses konseling dan tes HIV bagi pekerja dengan pelaksanaan konseling dan testing HIV-AIDS di tempat kerja atau VCT (Voluntary Counseling and Testing at workplace), serta penyusunan buku panduan di tingkat nasional maupun regional.

"VCT ini merupakan upaya program komprehensif pencegahan dan penanggulangan HIV di tempat kerja yang sangat penting dalam mendukung kebijakan pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja," katanya.

Selain menerbitkan pedoman konsultasi dan pengecekan tentang HIV AIDS di tempat kerja, workshop ini juga sebagai ajang bertukar informasi dan pengalaman antarnegara anggota ASEAN.

"Termasuk perlindungan terhadap kesehatan pekerja agar dapat menjaga dan meningkatkan produktivitas khususnya di usia produktif karena banyak yang terserang HIV-AIDS di usia produktif," lanjut Haiyani.

Workshop kedua ini juga merupakan pembahasan lanjutan terhadap draf Guideline on HIV-AIDS Counselling and Testing at Workplace yang telah mendapatkan masukan dari negara anggota ASEAN pada workshop pertama pada bulan Juni 2021.

"Kami berharap dengan melaksanakan kegiatan workshop ini, para anggota ASEAN dapat saling berbagi wawasan dan pengalaman khususnya dalam penyempurnaan panduan ASEAN ini dalam rangka peningkatan kapasitas penerapan program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja, serta pelaksanaan VCT at Workplace dengan kekhususan karakteristik dari masing-masing ASEAN Member State (AMS)," ujar Haiyani.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ekonomi Pulih, Chitose Bidik Penjualan Tumbuh 21,04%

PT Chitose Internasional Tbk (CINT) pada tahun 2022 menargetkan pertumbuhan penjualan 21,04% menjadi Rp 347,56 miliar.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Damai Putra Group Terus Berinovasi dan Tingkatkan Kualitas

Developer properti Damai Putra Group terus melakukan inovasi serta meningkatkan kualitas guna memenuhi kebutuhan hunian di Indonesia.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Airlangga: Transisi Energi Ciptakan 65 Juta Pekerjaan di 2030

Airlangga menyampaikan, transisi energi menuju ekonomi hijau dapat menghasilkan 65 juta pekerjaan bernilai tinggi pada tahun 2030.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Berdikari Mobilisasi Sapi dari Sentra Lokal Bebas PMK

Berdikari fokus memobilisasi sapi kurban dari sentra-sentra sapi lokal yang bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

EKONOMI | 25 Mei 2022

Bertemu Wapres Zambia, Jokowi Bahas Penguatan Kerja Sama

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Wakil Presiden Zambia WK Mutale Nalumango di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali.

EKONOMI | 25 Mei 2022

2 Tahun Tertunda, FLEI 2022 Kembali Digelar di JCC

Setelah dua tahun tertunda karena pandemi, pameran bisnis terbesar FLEI 2022, akhirnya kembali digelar di Jakarta Convention Center.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Askrindo Jadi Mitra Resmi Asuransi Java Jazz Festival 2022

PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) menjadi mitra resmi asuransi kecelakaan diri pada gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2022.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Kedepankan Aspek Keselamatan Kerja, Kinerja PGE Diapresiasi

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) sebagai bagian Subholding Power & New Renewable Energy (PNRE) meraih sembilan penghargaan K3.

EKONOMI | 25 Mei 2022

Asabri dan Taspen Sepakat Gabungkan Layanan di Enam MPP

PT Asabri (Persero) meresmikan enam titik layanan sharing branches bersama Taspen di Mal Pelayanan Publik (MPP).

EKONOMI | 25 Mei 2022

Bank Bumi Arta Targetkan Kredit Tumbuh 13% di 2022

PT Bank Bumi Arta Tbk (BNBA) menargetkan pertumbuhan kredit tahun 2022 sebesar 13% atau bertambah setara Rp 516 miliar dibandingkan tahun lalu.

EKONOMI | 25 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bom Rusia Menarget Sekolah Ukraina, Hancurkan Masa Depan

Bom Rusia Menarget Sekolah Ukraina, Hancurkan Masa Depan

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings