Logo BeritaSatu

Grab, Bareksa, OVO Kolaborasi Tingkatkan Inklusi Keuangan

Kamis, 25 November 2021 | 17:47 WIB
Oleh : Nabil Syarifudin Al Faruq / FMB

Jakarta, Beritasatu.comGrab, Bareksa dan OVO menjalin kolaborasi untuk memperluas akses e-investment masyarakat Indonesia. Kerja sama ini diharapkan dapat membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, melalui kolaborasi ini, Bareksa akan mendapatkan akses ke pengguna dan mitra Grab untuk menawarkan peluang investasi dengan pembayaran melalui OVO.

“Grab, Bareksa dan OVO memiliki misi yang sama dalam meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia. Maka, kerja sama ini berada di posisi yang sangat strategis,” ujar Neneng, Kamis (25/11/2021).

Dalam kolaborasi tersebut, Bareksa, platform e-investasi terintegrasi memperoleh pendanaan Seri C dari Grab yang telah dirampungkan pada akhir Oktober lalu. “Investasi kami di Bareksa itu karena kami akan memperkuat bisnis jasa keuangan di indonesia, dan juga dengan ini kami mempertegas komitmen Grab Indonesia dalam mendorong perkembangan ekosistem start up,” ujar dia.

Pendanaan tersebut sejalan dengan keberhasilan Bareksa menjadi platform e-investasi pilihan masyarakat, sekaligus sebagai strategi untuk memperkuat sinergi antara Grab, Bareksa dan OVO, selaku platform pembayaran digital terdepan di Indonesia yang menyuntikkan dana Seri B ke Bareksa pada 2019 lalu.

Langkah tersebut mencerminkan besarnya potensi pertumbuhan pasar wealth management Indonesia mengingat pada tahun 2020, tingkat penetrasi reksa dana di Indonesia baru 3% dari produk domestik bruto (PDB). Namun, di tengah pandemi Covid-19, jumlah investor pasar modal justru bertambah.

Sebagai informasi, data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, sampai dengan Agustus 2021, ada 6 juta investor pasar modal. KSEI menyampaikan bahwa sepanjang 2020, 70% investor ritel, membeli reksadana melalui platform fintech.

“Kami bangga dapat menjadi bagian dari keluarga Grab dan OVO yang saat ini merupakan pemain digital terkemuka di Indonesia. Pendanaan Grab ke Bareksa ini akan semakin mengukuhkan keberadaan Bareksa sebagai marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia yang berhasil menjadi platform e-investasi pilihan masyarakat melalui penawaran produk dan layanan investasi yang berkualitas, aman dan beragam,” ujar Co-Founder & CEO of Bareksa Karaniya Dharmasaputra.

Karaniya menyampaikan, bersinergi dengan Grab dan OVO, Bareksa akan dapat semakin luas memberikan akses, mengedukasi manfaat investasi dan memberikan pengalaman e-investasi yang seamless kepada jutaan mitra pengemudi, pemilik kios dan UMKM, serta pengguna Grab dan OVO.

CEO OVO Jaygan Fu Ponnudurai menambahkan, sinergi OVO-Bareksa telah membuktikan bahwa kolaborasi dan inovasi antara platform pembayaran digital dan wealth-tech memiliki dampak positif yang riil dalam perluasan layanan pasar modal.

Fitur investasi OVO yang pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2021 dengan didukung Bareksa, kini telah berkembang dalam menawarkan produk reksa dana baik yang berbasis konvensional maupun syariah, telah berhasil menggaet ratusan ribu nasabah baru.

“Kini dengan hadirnya Grab di sinergi yang baru ini, kami yakin produk investasi kami ke depannya akan semakin beragam dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin inklusif secara finansial,” ujar dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DJP Optimistis Penerimaan Pajak 2022 Lampaui Rp 1.485 T

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) optimistis penerimaan pajak tahun 2022 akan melampaui  target yang ditetapkan sebesar Rp 1.485 triliun.

EKONOMI | 30 November 2022

Pertamina SMEXPO 2022 Dukung UMKM Binaan Naik Kelas

Sebanyak 500 UMKM binaan Pertamina akan berpartisipasi secara online maupun offline dalam Pertamina SMEXPO 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Honeywell Komitmen Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Honeywell menyatakan kesiapan dalam mendukung Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk mewujudkan ibu kota yang cerdas dan berkelanjutan.

EKONOMI | 30 November 2022

Erick Thohir Sebut Impor Beras Sebagai Langkah Keseimbangan

Erick Thohir menyatakan, impor beras sebagai langkah memastikan terjadinya keseimbangan dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

52,9 Juta Wajib Pajak Bisa Gunakan NIK Sebagai NPWP

Neil mengatakan, pengintegrasian NIK sebagai NPWP bertujuan meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak.

EKONOMI | 29 November 2022

Pacu Bisnis KPR, KB Bukopin Gandeng Asosiasi Agen Properti

KB Bukopin mengumumkan kerja sama strategis dengan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) dalam memacu bisnis kredit pemilikan rumah (KPR).

EKONOMI | 29 November 2022

Begini Strategi BRI Finance Targetkan NPF di Bawah 2,5%

PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) menetapkan target NPF di bawah 2,5% melalui strategi tata kelola yang baik.

EKONOMI | 29 November 2022

Wamenkeu: Pemerintah Waspadai Dampak Kebijakan The Fed

Wamenkeu Suahasil Nazara mengatakan, gejolak perekonomian global bisa terjadi karena The Fed masih akan menaikan suku bunga acuan di tahun 2023 nanti.

EKONOMI | 29 November 2022

Indonesia Dapat Komitmen Rp 314 Miliar untuk Transisi Energi

Indonesia mendapat komitmen dana asing US$ 20 juta (Rp 314 miliar) untuk transisi energi.

EKONOMI | 29 November 2022

Selamat! Ini Dia Daftar Pemenang Kompetisi Bukit Asam Innovation Awards 2022 Greenovator

Kompetisi ini terdiri dari roadshow, workshop, penyampaian karya inovasi, screening, pembekalan, presentasi, verifikasi lapangan, dan penetapan pemenang.

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Inggris Lawan Senegal, Belanda vs AS di 16 Besar

Piala Dunia 2022: Inggris Lawan Senegal, Belanda vs AS di 16 Besar

SEMESTA BOLA 2022 | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE