Logo BeritaSatu

2030, Tahun Keemasan EkonomI Digital Indonesia

Jumat, 26 November 2021 | 05:10 WIB
Oleh : Leonard AL Cahyoputra / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - 2030 diproyeksi akan menjadi tahun keemasan bagi ekonomi digital Indonesia. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menerangkan berdasarkan laporan ekonomi digital di ASEAN yang dirilis Google pada 2021, ekonomi digital akan terus tumbuh dan pada 2030 ekonomi digital Indonesia bisa mengalami pertumbuhan lima kali lipat dari proyeksi saat ini.

“Ini tentunya merupakan pencapaian luar biasa yang harus kita pahami dan maknai sebagai salah satu pilar untuk kita bisa berkreasi dan melakukan ekspansi ke depannya khususnya dalam hal-hal yang sifatnya digital,” ucap dia dalam Berita Satu Economic Outlook 2022, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Jerry menerangkan pandemi Covid-19 merupakan blessing in disguise, sebab membuat mobilitas masyarakat terbatas dan mengharuskan berinteraksi melalui digital. Hal ini memberikan efek positif bagi perkembangan dunia digital terlebih e-commerce. Dia menerangkan, ekonomi digital pada 2020 mencapai Rp 632 triliun atau sekitar 4% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Kemendag memproyeksikan pada 2030 akan meningkat delapan kali lipat dari Rp 632 triliun menjadi Rp 4.531 triliun. “Ini bukan angka yang sedikit, angka yang signifikan, angka yang krusial, tentunya menjadi salah satu pijakan yang juga catatan dan referensi bagi pelaku usaha ekonomi digital,” ucap Jerry.

Dia mengatakan, berdasarkan data yang Kemendag, pada 2030 akan ada lima besar kelompok usaha yang mendominasi ekonomi digital Indonesia. Kelompok paling besar adalah e-commerce sebesar 33,37% atau Rp 1.908 triliun pada 2030. Lalu B2B service sebesar 13,34% atau Rp 763 triliun. Selanjutnya travel 10,06% atau Rp 575 triliun. Kemudian corporate service sebesar 9,27% atau Rp 529,9 triliun. Terakhir digital content sebesar 9,01% atau Rp 515,3 triliun. “Saya yakin ini semua adalah kontribusi positif untuk keseharian rutinitas dan hal-hal yang kita lakukan dapat membuktikan bahwa Indonesia semakin siap untuk platform digital,” ucap Wamendag.

Melihat potensi tersebut, Kemendag memandang bagaimana pasar baik itu tradisional, modern atau ritel diberdayakan supaya digitalisasi berjalan dengan baik. Dimulai dari hal sederhana contohnya cashless payment atau pembayaran yang tidak menggunakan uang tunai. Jerry mengatakan, pihaknya mendatangi satu per satu pasar tradisional di kampung-kampung untuk mendigitalisasi pembayaran dengan bekerja sama BI melalui QRIS. “Ini agar alat pembayaran seragam dan tentunya bisa diaplikasikan oleh pedagang khususnya teman-teman di pasar. Sebagai contoh pasar di kampung, kita coba digitalisasi, ada 100-150 lapak, kita pastikan mereka menggunakan QRIS,” ucap dia.

Jerry mengatakan digitalisasi dapat membantu pelaku pasar dan UMKM dalam hal database. Jika mereka ingin meminjam uang ke bank akan lebih tertib secara administrasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

NEWS | 47 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings