Logo BeritaSatu
Energi Bersih

Pertamina NRE Targetkan Kapasitas Terpasang 3,2 GW di 2022

Jumat, 26 November 2021 | 22:30 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pertamina subholding Power & NRE (Pertamina NRE) menargetkan energi bersih dengan total kapasitas terpasang 3,2 GW pada 2022 atau meningkat 61% dari target 2021. Target tersebut terdiri dari 1,8 GW gas to power, 908 MW geothermal, dan 480 MW energi baru terbarukan (EBT).

“Pertamina NRE mengejar pertumbuhan untuk mencapai aspirasi 10 GW pada tahun 2026. Untuk mencapai pertumbuhan tersebut, pengembangan bisnis dan investasi dilakukan melalui optimalisasi peluang di internal maupun eksternal Pertamina,” kata Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi dalam keterangan resminya, Jumat (26/11/2021).

Ditegaskan Dicky, internal Pertamina menjadi sasaran utama dalam rangka memenuhi komitmen Pertamina menurunkan emisi karbon sebesar 30% pada 2030. Sebagai perusahaan yang berkomitmen penuh mengimplementasikan aspek environmental, social, dan governance (ESG), Pertamina merasa bertanggung jawab untuk melakukan transisi energi dengan fokus utama adalah "halaman sendiri".

Ia mengungkapkan, potensi kapasitas untuk beralih ke penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di internal Pertamina mencapai 500 MW setidaknya hingga dua tahun ke depan.

Salah satu proyek penyediaan PLTS internal Pertamina antara lain di wilayah kerja Rokan yang potensinya mencapai 200 MWp, di mana sebesar 40 MWp ditargetkan akan beroperasi di tahun 2022.

Proyek PLTS internal Pertamina lainnya di tahun 2022 antara lain di Terminal BBM Tanjung Uban, Terminal BBM Pulau Sambu, dan Terminal LPG Tanjung Sekong yang potensi kapasitasnya mencapai 5 MWp serta 8 MWh battery energy storage system (BESS).

Sedangkan optimalisasi peluang eksternal Pertamina dilakukan antara lain melalui sinergi BUMN, sinergi dengan instansi pemerintah dan perguruan tinggi, commercial & industry (C&I), konsumen ritel, serta merger dan akuisisi.

Dicky menambahkan, pemanfaatan EBT yang masih sangat kecil serta dorongan yang besar untuk bertransisi ke energi ramah lingkungan menjadi peluang yang besar bagi Pertamina NRE untuk mengejar pertumbuhan.

Total kapasitas terpasang 10 GW yang menjadi aspirasi Pertamina tahun 2026 dikontribusikan dari gas to power sebesar 4 GW, EBT 5 GW di mana di dalamnya termasuk geothermal, serta 1 GW yang merupakan bisnis masa depan Pertamina NRE, seperti baterai dan kendaraan listrik, hidrogen, perdagangan karbon, serta kawasan industri hijau.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kolaborasi, Menhub Optimistis Sektor Penerbangan Akan Pulih

Menhub Budi Karya Sumadi optimistis sektor penerbangan mampu menghadapi tantangan pemulihan di masa normal.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pertamina Tak Wajibkan Beli Pertalite Pakai HP, Solusinya?

Pertamina juga menegaskan bahwa tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina saat konsumen ingin membeli Pertalite.

EKONOMI | 30 Juni 2022

OJK Dorong BPR/BPRS Lebih Inovatif agar Makin Diterima Pasar

OJK mendorong Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) untuk secepatnya melakukan inovasi.

EKONOMI | 30 Juni 2022

2022, Penerbitan Obligasi Korporasi Diproyeksi Rp 120 T

PT BNI Sekuritas memperkirakan pada 2022 potensi penerbitan obligasi korporasi mencapai Rp 120 triliun atau lebih tinggi 14,7% dari tahun 2021.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Jasuindo Tiga Perkasa Bagi Dividen Tunai Rp 37,7 Miliar

PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) akan membagikan dividen tunai Rp 37,7 miliar atau 41,18% dari laba tahun buku 2021 yang tercatat sebesar Rp 91,5 miliar.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Jakarta Timur Dinilai Potensial untuk Investasi Properti

Meski perkembangan tata kotanya tidak secepat wilayah lain, wilayah administrasi Jakarta Timur dinilai memiliki potensi investasi properti yang sangat tinggi.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Aski dan idsMED Luncurkan Alat Kesehatan Dalam Negeri

Bersama Aski, idsMED membangun ekosistem sekaligus menghasilkan produk alat kesehatan yang saja memiliki standar kualitas internasional, namun harga terjangkau.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Pendaftaran MyPertamina Hanya untuk Kendaraan Roda Empat

Pendaftaran pembelian bahan bakar minyak bersubsidi melalui platform digital MyPertamina dikhususkan hanya untuk pemilik kendaraan roda empat.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Program Inkubasi ImpacttoBuild Bantu Startup Capai Sukses

Impactto, platform pengembang startup kolektif mendirikan ImpacttoBuild, program inkubasi dengan misi utama membantu startup-startup tahap awal.

EKONOMI | 30 Juni 2022

Menhub Lantik Dua Dirjen, Irjen (Pol) Hendro Pimpin Hubdat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya melantik Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perhubungan Laut yang baru.

EKONOMI | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Jokowi Ukraina


# Pengawasan Intelijen


# MyPertamina


# Roy Suryo


# Mars


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Seto: Lawan Persib Bandung Ajang PSS Sleman Pertajam Tim

Seto: Lawan Persib Bandung Ajang PSS Sleman Pertajam Tim

BOLA | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings