Logo BeritaSatu

Hubungan Media dan Humas Korporasi Harus Berkelanjutan

Minggu, 28 November 2021 | 11:00 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Hubungan antara hubungan masyarakat (humas) korporasi dengan media massa harus dilakukan secara berkelanjutan. Hubungan keduanya harus tetap berjalan dengan baik, tidak hanya ketika ada satu pihak yang membutuhkan.

Hal itu dikatakan Founder & CEO The Iconomics, Bram S Putro dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (27/11/2021). Hubungan antara humas dengan media harus dilakukan secara berkelanjutan dan tidak hanya menghubungi saat membutuhkan,” ujar Bram.

Advertisement

Menurut Bram, pola seperti itu menjadi fenomena pada corporate communication dalam menjalin hubungan dengan media, baik secara langsung atau melalui perusahaan agensi public relations (PR). Bram mengingatkan, wartawan adalah teman korporasi dengan koridor profesionalitas tetap yang utama.

Terkait dengan itu, pada Jumat (26/11/2021), The Iconomics kembali menggelar webinar Corporate Communications Talk bertema “How Do State Owned Enterprises Handle The Media?” Acara ini menghadirkan pembicara Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga, Corporate Secretary Bank BRI yang juga Ketua Umum Forum Humas BUMN Aestika Oryza Gunarto, Wakil Ketua Umum III Perhumas Boy Kelana Soebroto, dan Wakil Pemimpin Redaksi Kompas, Tri Agung Kristanto.

Acara yang berlangsung secara virtual itu merupakan upaya untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara corporate communication BUMN dan BUMD dengan media massa di Indonesia. Para pembicara saling berbagi pengalaman dan strategi dalam menjalin kolaborasi antara humas dengan media massa.

Arya Mahendra Sinulingga mengatakan, hal-hal yang menjadi pertanyaan publik harus disampaikan dan dijawab secara tuntas. Dengan demikian, informasi yang beredar tidak menjadi liar dan tidak menjadi isu yang negatif.

“Strategi penyampaian informasi di kementerian BUMN tidak pernah menghindari media. Kesalahan besar kalau menghindari media. Semua harus mempunyai hubungan yang erat dengan media, karena era sekarang adalah era media sosial. Kita harus masuk seluruh saluran yang ada,” ujarnya.

Dikatakan, corporate communication perusahaan, khususnya di BUMN, harus beradaptasi dengan platform teknologi yang berkembang saat ini. Langkah lain dalam menjalin hubungan dengan media adalah dengan sering mengadakan forum atau menciptakan wadah komunikasi.

Corsec BRI Aestika Oryza Gunarto menambahkan, strategi komunikasi yang dilakukan pihaknya adalah keharusan dalam memahami substansi dan narasi, terutama dalam menyampaikan pesan dan menjawab pertanyaan media. Dikatakan, ada tiga langkah yang dilakukan BRI selama menjalin hubungan dengan media.

Pertama, selalu menjawab pertanyaan media dengan relevan, informatif, dan narasi yang kuat. Kedua, melakukan pendekatan personal dengan awak media melalui berbagai macam acara, seperti gathering, olahraga bersama, dan media visit.

“Kami juga selalu berusaha ikut meningkatkan mutu jurnalistik di Indonesia melalui berbagai cara, seperti pemberian beasiswa dan penghargaan melalui ajang kompetisi jurnalistik,” ujarnya. Terakhir, BRI menerapkan komunikasi yang luwes dengan para pemangku kepentingan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tukang Becak Bobol BCA, Salah Bank atau Nasabah? Ini Kata OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai awal pekan depan akan memanggil pihak-pihak yang terlibat dalam kasus tukang becak bobol BCA senilai Rp 320 juta.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Harga Minyak Mentah Menguat 1% Ditopang Sentimen PDB AS

Harga minyak mentah dunia naik sekitar 1% didorong sentimen pembukaan kembali ekonomi Tiongkok dan pertumbuhan ekonomi AS.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Ini yang Perlu Dilakukan Pemerintah untuk Capai Target PDB

Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai angka 5,3% ditopang konsumsi, investasi, dan ekspor.

EKONOMI | 27 Januari 2023

PDB AS Tumbuh 2,9% Dorong Wall Street Menguat

Wall Street naik pada Kamis (26/1/2023). Produk domestik bruto AS kuartal keempat menguat 2,9%, di atas ekspektasi pasar.

EKONOMI | 27 Januari 2023

Green Tech Genjot Produksi Motor Listrik Tanah Air

Green Tech mampu memproduksi sebanyak 1.000 unit per hari, atau kira-kira sekitar 300.000 sampai 400.000 per tahun.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Berdayakan Startup Digital, Telkomsel Hadirkan NextDev Academy

Telkomsel menghadirkan program pengembangan startup digital NextDev Academy ke-8 untuk membuka peluang perkembangan ekosistem pemberdayaan startup digital.

EKONOMI | 26 Januari 2023

Sri Mulyani: Anggaran Covid-19 Bisa Bangun 2 IKN

Sri Mulyani Indrawati mengatakan anggaran penanganan Covid-19 diperkirakan bisa digunakan untuk membangun dua ibu kota negara (IKN).

EKONOMI | 27 Januari 2023

Pengamat: Perppu Cipta Kerja Bawa Indonesia Siap Hadapi Tantangan Global

Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No. 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja

EKONOMI | 26 Januari 2023

Rupiah Hari Ini 26 Januari 2023 Ditutup Menguat ke Rp 14.947

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini Kamis (26/1/2023) ditutup menguat dibandingkan posisi kemarin.

EKONOMI | 26 Januari 2023

IHSG Hari Ini 26 Januari 2023 Ditutup Naik Jadi 6.864

IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada penutupan perdagangan hari ini Kamis (26/1/2023) naik 34,8 poin (0,51%) ke level 6.864.

EKONOMI | 26 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Top News, Jokowi Semadi hingga Serial Killer Wowon

Top News, Jokowi Semadi hingga Serial Killer Wowon

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE