Logo BeritaSatu

Resources Alam Indonesia Rambah Properti di Ibu Kota Baru

Minggu, 28 November 2021 | 12:40 WIB
Oleh : Muhammad Ghafur Fadillah / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Resources Alam Indonesia Tbk (KKGI) berencana masuki bisnis properti untuk menangkap peluang bisnis dari rumah tapak di sekitar ibu kota baru, Kalimantan Timur. Pada bisnis inti, perseroan juga berencana meningkatkan volume produksi nikel dalam jumlah yang signifikan.

Direktur Resources Alam Indonesia Agoes Sugiarto menjelaskan, untuk memuluskan rencana tersebut perseroan telah menyiapkan landbank dengan luas mencapai 3,766 hektare (Ha) yang lokasinya berada di sekitar Balikpapan dan Samarinda. Lahan tersebut, nantinya akan difokuskan pada beberapa segmen, yakn rumah tapak, rumah toko dan pergudangan.

“Semuanya mengarah pada pembangunan ibu kota negara baru, lokasinya pun cukup berdekatan sekitar 50 Kilometer (Km),” jelasnya dalam paparan publik virtual belum lama ini.

Agoes menambahkan, sejumlah rencana ini sejalan dengan niat perseroan untuk melakukan diversifikasi bisnis selain batubara. Perseroan juga menyatakan sudah mendapatkan izin dari otoritas bursa untuk memulai pembangunan yang jadi salah satu fokus perseroan pada tahun 2022 mendatang.

“Untuk memuluskan rencana ini, kami akan melibatkan perusahaan afiliasi dalam pembangunan proyek properti ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, pada sektor pertambangan perseroan juga berencana untuk meningkatkan produksi nikel menjadi 600.000 ton pada tahun 2022, dari 100.000 ton di tahun 2021 untuk area penambangan nikel di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Peningkatan produksi ini, sejalan dengan penjajakan kontrak yang sedang perseroan jalani.

Untuk diketahui, saat ini Resources Alam Indonesia menjual bijih nikelnya kepada Virtue Dragin dengan kadar keseluruhan 1,7%.

Untuk menanggapi peningkatan kebutuhan dari market, kata Agoes, perseroan juga berencana untuk melakukan akuisisi tambang mineral baru, namun rencana itu masih dalam kajian lebih lanjut. Berbagai rencana pada tahun depan, perseroan siap menganggarkan belanja modal sebanyak US$ 2,5 juta yang berasal dari kas internal.

“Capex itu rencananya sebagian besar digunakan untuk keperluan sarana dan prasarana infrastruktur dan juga penunjang produk seperti pembelian alat berat,” terangnya.

Sementara itu, hingga kuartal-III 2021, berhasil membalikan rugi sebanyak US$ 8,98 juta pada kuartal-III 2020 menjadi untung US$ 8,96 juta. Raihan positif ini, sejalan dengan peningkatan pendapatan usaha sebanyak 40,28% menjadi US$ 80,14 juta, dari sebelumnya US$ 57,13 juta.

Meningkatnya pendapatan, sebagian besar ditopang oleh penjualan batu bara lokal sebanyak US$ 15,12 juta, atau bertumbuh 13,68% dari US$ 13,30 dari periode yang sama tahun sebelumnya. Segmen listrik dan lain-lain menyumbang sebanyak US$ 1,51 juta dan US$ 269,75 ribu.

Pendapatan perseroan juga dipertebal dengan meningkatnya segmen ekspor batu bara sebanyak US$ 80,05 juta dari sebelumnya hanya menyumbang US$ 57,13 juta. Jasa pertambangan memberikan pemasukan sebanyak US$ 89,87 ribu.

Terakhir, total aset berjumlah US$ 119,79 juta, yang terdiri aset lancar US$ 42,34 juta dan aset tidak lancar US$ 77,45 juta. Sementara total liabilitas mencapai US$ 28,42 juta



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fintech Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

Adopsi kripto terus berkembang di Kerajaan Bahrain dan ini ditunjukkan dengan banyak perusahaan lokal memfasilitasi pembayaran dalam kripto seperti Bitcoin.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Holding PTPN Bangun Pengolahan Kelapa Sawit Mini di Bogor

Rektor IPB, Prof Arif Satria, memberikan apresiasi kepada PTPN Group yang telah mendukung pembangunan unit Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) Mini.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Strategi Duta Intidaya Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

PT Duta Intidaya Tbk (DAYA) atau yang lebih dikenal dengan Watsons Indonesia meluncurkan kembali Watsons Club membership dalam menjaga loyalitas pelanggan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Napindo Hadirkan Pameran Solusi Kota Cerdas

Pameran dan Forum Teknologi Terpadu yang digelar Napindo menampilkan pameran Indo Water, Indo Waste, dan Indo Renergy, dan IISMEX 2022 Expo & Forum.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, 25 Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Sandiaga Uno menyatakan 25 maskapai internasional melayani penerbangan ke Denpasar, Bali, menjelang KTT G-20.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kolaborasi LandX-Moka Akselerasi Pertumbuhan Bisnis UMKM

LandX menggandeng Moka, sebagai mitra penyaluran modal usaha pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menperin Pede Penuhi Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Agus menegaskan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mengejar target produksi sepeda motor listrik sebanyak dua juta unit dalam waktu satu tahun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta Pengembangan Lumbung Pangan Dilanjutkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong pengembangan lumbung pangan atau food estate di sejumlah wilayah di Indonesia.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ciliwung Meluap, 6 Pintu Air di Jakarta Waspada Banjir

Ciliwung Meluap, 6 Pintu Air di Jakarta Waspada Banjir

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings