Logo BeritaSatu

Airlangga: LPI hingga KEK Tetap Berjalan Pascaputusan MK

Senin, 29 November 2021 | 15:45 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pengujian Undang-undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, pemerintah terus melakukan operasionalisasi UU Cipta Kerja pada seluruh sektor, baik di pusat maupun di daerah yang mencakup antara lain operasional lembaga pengelola investasi (LPI) atau Indonesia investment authority (INA). Pasalnya, peraturan pemerintah (PP) terkait LPI atau INA telah ditetapkan sebelum ada putusan MK.

“Untuk modal LPI, pemerintah telah memberikan penyertaan modal negara (PMN) dalam bentuk tunai sebesar Rp 30 triliun dan PMN dalam bentuk pengalihan saham negara sebesar Rp 45 triliun. kemudian pengaturan pelaksanaan LPI sebagai lembaga yang diberikan kewenangan khusus dalam rangka pengelolaan investasi telah diatur dalam PP yang telah ditetapkan sebelum ada putusan MK. Dengan demikian operasionalisasi LPI tetap berjalan sesuai keputusan MK,” kata Airlangga dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (29/11/2021).

Selain LPI, hal lainnya yang terkait dengan Kawasan ekonomi khusus (KEK) juga tetap berjalan. “Yang terkait KEK, telah dibentuk tambahan empat KEK yang telah berjalan dengan komitmen investasi lebih kurang Rp 90 triliun dan saat ini telah mendapat komitmen investasi baru yang akan memperluas penciptaan lapangan kerja baru,” kata Airlangga.

Kemudian terkait dengan perlindungan dan pemberdayaan UMKM dan koperasi, antara lain pelaksanaan perlindungan yang mencakup kemudahan perizinan berusaha melalui perizinan tunggal, pendirian perseroan bagi UMK, kemudahan mendapatkan sertifikasi halal yang biayanya ditanggung pemerintah untuk UMK, serta alokasi pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Selanjutnya kemudahan berusaha di bidang perpajakan dan pelaksanaan kegiatan perizinan berusaha atau online single submission (OSS). “Pelayanan perizinan berusaha melalui OSS tetap berjalan untuk perizinan berusaha baru maupun perpanjangan. Kemudian yang terkait dengan ketenagakerjaan, termasuk pelaksanaan jaminan kehilangan pekerjaan dan pengupahan. Terkait dengan ini, Menteri Dalam Negeri akan menyampaikan instruksi kepada pemda terkait dengan operasionalisasi UU Cipta Kerja di daerah,” ujarnya.

Airlangga menambahkan, pemerintah bersama DPR RI akan segera melakukan revisi UU Cipta Kerja dan UU Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dalam rangka harmonisasi dalam pembentukan dan pelaksanaan UU Cipta Kerja ke depan pasca putusan MK. Selanjutnya Pemerintah akan menyampaikan Surat kepada Pimpinan DPR RI untuk memasukkan revisi UU ke dalam Prolegnas Prioritas Tahun 2022 (Daftar Kumulatif Terbuka Akibat Putusan MK).



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Strategi Duta Intidaya Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

PT Duta Intidaya Tbk (DAYA) atau yang lebih dikenal dengan Watsons Indonesia meluncurkan kembali Watsons Club membership dalam menjaga loyalitas pelanggan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Napindo Hadirkan Pameran Solusi Kota Cerdas

Pameran dan Forum Teknologi Terpadu yang digelar Napindo menampilkan pameran Indo Water, Indo Waste, dan Indo Renergy, dan IISMEX 2022 Expo & Forum.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, 25 Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Sandiaga Uno menyatakan 25 maskapai internasional melayani penerbangan ke Denpasar, Bali, menjelang KTT G-20.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kolaborasi LandX-Moka Akselerasi Pertumbuhan Bisnis UMKM

LandX menggandeng Moka, sebagai mitra penyaluran modal usaha pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menperin Pede Penuhi Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Agus menegaskan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mengejar target produksi sepeda motor listrik sebanyak dua juta unit dalam waktu satu tahun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta Pengembangan Lumbung Pangan Dilanjutkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong pengembangan lumbung pangan atau food estate di sejumlah wilayah di Indonesia.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menko Airlangga Tegaskan Manfaat Kebijakan Satu Peta

Menko Airlangga menyampaikan, produk kebijakan satu peta telah dibagipakaikan kepada seluruh kementerian/lembaga (K/L) termasuk pemerintah daerah.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Sino Ocean Group Garap Auraya Suites di Kawasan Alam Sutera

Sino Ocean Group, mengembangkan proyek Auraya Suites sebagai hunian modern di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PSSI Sebut Jumlah Penonton Arema FC vs Persebaya di Kanjuruhan Tidak Jelas

PSSI Sebut Jumlah Penonton Arema FC vs Persebaya di Kanjuruhan Tidak Jelas

BOLA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings