Logo BeritaSatu

Siap IPO, Tays Bakers Incar Segmen Makanan Ringan Sehat

Selasa, 30 November 2021 | 13:04 WIB
Oleh : Gita Rossiana / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Jaya Swarasa Agung atau Tays Bakers berencana melakukan ekspansi, berupa pembangunan pabrik baru dan penambahan kapasitas mesin setelah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan ekspansi ini, Tays Bakers berharap bisa melakukan inovasi produk di kategori makanan ringan sehat.

Chief Executive Officer (CEO) Jaya Swarasa Agung Alexander Anwar menjelaskan, pasar makanan ringan berkembang pesat di Indonesia dan mancanegara. Melihat peluang ini, Tays Bakers akan terus melakukan inovasi produk sehingga bisa memenuhi permintaan masyarakat dan juga kalangan yang memiliki kebutuhan nutrisi khusus seperti vegetarian, gluten free, low sugar ataupun kalangan umum dengan health awareness yang tinggi.

“Kami melihat perkembangan pasar healthy snacks sangat pesat, baik di Indonesia maupun mancanegara. Tentunya semua inovasi snack baru ini tetap harus memiliki citarasa yang enak," jelas Alexander dalam keterangan resmi, Selasa (30/11/2021).

Untuk mendukung inovasi tersebut, Tays Bakers akan membangun pabrik baru dan penambahan kapasitas mesin. Dana untuk ekspansi tersebut akan diperoleh dari penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham.

Selain mengandalkan ekspansi, Tays Bakers juga akan menggunakan 20 pengalamannya di industri makanan ringan sehat. Berkat pengalaman tersebut, Tays Bakers bisa bertahan melalui berbagai krisis, termasuk krisis ekonomi pada tahun 1998, 2008 dan juga masa pandemi saat ini.

Adapun dalam pelaksanaan IPO, Tays Bakers akan menawarkan 240,3 juta saham baru ke publik. Jumlah ini setara dengan 21,87% dari modal disetor perusahaan. Harga yang ditawarkan adalah sebesar Rp 360 per lembar saham, sehingga dana yang diperoleh dari IPO adalah Rp 86,5 miliar.

Dari dana tersebut, sekitar 53,69% akan digunakan untuk pembangunan pabrik baru. Kemudian, sekitar 38,29% untuk pembelian dan instalasi mesin-mesin produksi, dan sisanya sebesar 8,02% untuk keperluan modal kerja.

Direktur Investment Banking NH Korindo Sekuritas Indonesia Amir Suhendro Samirin mengatakan, perseroan telah memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 26 November 2021 dan akan melaksanakan penawaran umum pada 30 November hingga 2 Desember 2021. Pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia akan dilakukan pada 6 Desember 2021.

"Melihat antusiasme yang diperoleh pada masa bookbuilding lalu, kami memiliki keyakinan bahwa proses penawaran umum perdana saham akan diminati oleh para pelaku pasar yang juga melihat prospek industri makanan ringan cukup menarik," kata dia.

Sementara itu, Market Analyst NH Korindo Sekuritas Indonesia Dimas Pratama menambahkan, melihat industri makanan ringan saat ini, Tays Bakers memiliki prospek peningkatan pasar yang cukup besar, terutama untuk kategori produk biskuit dengan merek TRICKS Potato Crisps yang pasarnya masih terus berkembang. Jika didukung oleh investasi yang tepat bagi produk-produk lainnya, maka Tays Bakers berpeluang untuk tumbuh lebih besar lagi.

Adapun Tays Bakers berdiri pada 1998 dan memulai usahanya dengan satu lini produksi wafer stick dengan merek dagang Nitchi. Kini, perusahaan telah memiliki empat kategori produk yaitu biskuit dan crackers, rolled wafer, extruded puff snack dan confectionary dengan Berbagai merek dagang, termasuk Tricks, Tiles, Nitchi, dan Wasuka. Produk Tays Bakers telah diekspor ke mancanegara, seperti Asean, Tiongkok, Taiwan, Korea, Australia, Timur Tengah, hingga Amerika Serikat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

NEWS | 31 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings