Logo BeritaSatu

Kementerian PUPR Minta Pemda Permudah Perizinan Perumahan

Selasa, 30 November 2021 | 14:56 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Palembang, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk mempermudah proses perizinan dalam mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Sub Direktorat Wilayah I Direktorat Rumah Umum dan Komersial (RUK) Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Nurlaili mengatakan, pelaksanaan program sejuta rumah yang dilaksanakan saat ini membutuhkan dukungan kemudahan perizinan pembangunan perumahan dari pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah diharapkan dapat menyederhanakan perizinan perumahan yang ada agar para pengembang dan masyarakat bisa optimal dalam melaksanakan pembangunan perumahan. Salah satu hal yang dibutuhkan dalam pelaksanaan program sejuta rumah adalah pemenuhan hunian layak huni dari segi fisik bangunan maupun lingkungan sekitarnya saat ini terkendala dalam perizinan pembangunan perumahan,” kata Nurlaili, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/11/2021).

Menurut Nurlaili, untuk mendorong pembangunan perumahan di daerah dapat melaksanakan terobosan untuk menyiasati kondisi perumahan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dalam penyediaan infrastruktur. "Pemda bisa melaksanakan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dalam penyediaan infrastruktur dan perumahan di Indonesia,” katanya.

Dijelaskannya, salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam pemenuhan perumahan bagi MBR melalui Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2016 tentang Pembangunan Perumahan MBR yang mengamanatkan dukungan terhadap Perizinan Pembangunan Perumahan MBR.

"Pemerintah maupun pemerintah daerah berusaha hadir dalam pemenuhan kebutuhan akan hunian yang layak apalagi di masa pandemi ini. Kementerian PUPR, saat ini juga memiliki berbagai terobosan baik berupa bantuan stimulan maupun kemudahan likuiditas diberikan pada keluarga yang belum memiliki hunian," tandasnya.

Sebagai informasi, dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) tercantum sejumlah langkah strategis pemerintah dalam mengatasi permasalahan investasi dan penciptaan lapangan kerja.

Selain itu juga ada peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha meliputi penerapan perizinan berbasis risiko, penyederhanaan persyaratan dasar perizinan berusaha, penyederhanaan perizinan berusaha sektor dan penyederhanaan persyaratan investasi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, terdapat 1.702 kegiatan usaha yang terdiri atas 1.349 klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia (KBLI) yang sudah diimplementasikan ke dalam Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko.

Setidaknya terdapat tiga persyaratan dasar perizinan berusaha, yaitu Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Persetujuan Lingkungan dan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

Mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 38 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur, skema KPBU bertujuan untuk membangun infrastruktur bagi kepentingan umum dengan mengacu pada spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Menteri/Kepala Lembaga/ Kepala Daerah/ BUMN/ BUMD yang sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya Badan Usaha dengan memperhatikan pembagian risiko di antara para pihak.

"Kami berharap mitra kerja bidang perumahan ke depan bisa meningkatkan pemahaman terkait penyelenggaraan perizinan pembangunan perumahan berbasis risiko di daerah," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investasi di GOTO, Ini Pandangan Pengamat Pasar Modal

Perusahaan yang berinvestasi di GOTO bukan melihat kenaikan harga saham dalam jangka pendek tetapi bisnis jangka panjangnya.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pengelolaan Arsip BP Jamsostek Raih Penghargaan ANRI

Berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan ANRI selama tahun 2021, BP Jamsostek berhasil mengungguli 31 kandidat lainnya.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pelayanan BBM Patra Niaga Selama LebaranDinilai Optimal

Keberhasilan memberikan pelayanan BBM tidak terlepas dari inovasi PT Pertamina Patra Niaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Raih Top BUMD 2022, Bank BJB Fokus Pelayanan bagi Nasabah

Bank BJB berhasil meraih penghargaan Top BUMD 2022 dengan peringkat 1 kategori BPD KBMI 2.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Catat Ya! Ini 3 Proyek TOD Paling Populer di Jabodetabek

Serpong Garden menempati peringkat pertama sebagai proyek TOD terpopuler di Jabodetabek, diikuti LRT City Bekasi dan Mahata Tanjung Barat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Pembayaran Kompensasi ke Pertamina Perlu Ada Kepastian Waktu

Pemerintah harus segera memberikan kepastian waktu pembayaran kompensasi BBM dan gas LPG ke Pertamina.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Perkuat Digitalisasi Layanan Keuangan, Reliance Group Investasi di Digi Asia

Reliance Group sebagai group perusahaan jasa keuangan terintegrasi mengumumkan investasi pada PT Digi Asia Bios (Digi Asia).

EKONOMI | 20 Mei 2022

Program Migor Rakyat Permudah Akses Penjualan Minyak Goreng

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama BUMN dan pelaku usaha terus memperluas akses penjualan minyak goreng melalui program Migor Rakyat.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Wamendag: Bangga Buatan Indonesia Jangan Hanya Jadi Slogan

Wamendag Jerry Sambuaga menegaskan, Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) hendaknya tidak sekedar menjadi slogan, tetapi harus diterapkan dalam keseharian.

EKONOMI | 20 Mei 2022

Bank BTN Siap Dukung REI Wujudkan Perumahan Berkualitas

Bank BTN siap bersinergi dan mendukung REI dalam penyediaan proyek perumahan yang berkualitas di seluruh Indonesia.

EKONOMI | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Demo 21 Mei, La Nyalla Minta Masyarakat Waspadai Provokator

Demo 21 Mei, La Nyalla Minta Masyarakat Waspadai Provokator

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings