Logo BeritaSatu

Ma’ruf Amin Pimpin Rapat Pengembangan Ekonomi Syariah

Selasa, 30 November 2021 | 20:09 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin rapat pleno Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Rapat dihadiri oleh 16 pimpinan kementerian/lembaga/instansi anggota.

Beberapa hal strategis yang dibahas dalam rapat adalah pengembangan industri produk halal beserta ekosistemnya. Penguatan industri keuangan syariah untuk mendukung perwujudan visi Indonesia sebagai pusat halal dunia sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Perwujudan visi Indonesia sebagai pusat halal dunia tersebut dilakukan untuk membuka lebih banyak lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan, dan mengentaskan kemiskinan yang diharapkan memberikan manfaat yang inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Ma’ruf, Selasa (30/11/2021).

Pada kesempatan itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan telah terjadi peningkatan skala ekonomi syariah Indonesia. Misalnya, urutan Islamic Finance Index Indonesia naik pada 2020 ke urutan 2. Lalu, untuk makanan halal berada di peringkat 4 dunia. Untuk fashion ke urutan 3. Sektor media dan rekreasi di posisi ke-5 dunia. Friendly travel di urutan keenam, begitupun kosmetik-farmasi dan islamic finance.

Total aset aset perbankan syariah 4,41 persen, dana pihak ketiga 4,89 persen, dan pembiayaan 4,54 persen. Airlangga mengatakan ekonomi syariah berperan penting. Buktinya, kontraksi sektor tersebut pada 2020 lebih rendah dibanding ekonomi nasional.

“Hanya minus 0,175, bandingkan nasional minus 0,27. Rapat tadi membicarakan penguatan semua sektor yang ada. Beberapa faktor didorong khususnya sisi supply and demand supaya kue ekonomi syariah meningkat,” kata Airlangga.

Selain itu, mendorong inklusi keuangan, percepatan program, wakaf mikro, inklusi keuangan santri dan pesantren, dan dorong ekosistem industri halal.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan rapat pleno ini makin menyinergikan program pemerintah dan kelembagaan yang tergabung dalam KNEKS. Dengan begitu, program pengembangan ekonomi syariah menjadi satu padu, tersinergikan dalam area yang jelas.

BI mendukung lewat program ekonomi pengembangan syariah. Diwujudkan dengan kegiatan seperti pengembangan klaster ekonomi di komunitas masyarakat atau mendorong pondok pesantren yang digabungkan melalui industri menjadi halal chain. Perry mengatakan BI konsisten ke halal food dan halal fashion.

“Lalu BI setiap tahun menggelar festival ekonomi syariah indonesia. Ini jadi event bersama yang mendorong berbagai kemajuan,” kata Perry.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya mendukung dengan berbagai program. Baik lewat pengembangan industri surat berharga syariah negara dan berbagai peraturan pengembangan produk halal.

“Kementerian Keuangan mengeluarkan peraturan Menkeu mengenai pengembangan produk halal, di mana UMKM syariah tak dibebani tarif untuk mendapatkan sertifikasi halal. APBN mendukung Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal untuk membimbing dan melaksanakan produk halal,” kata Sri Mulyani.

Pihaknya juga mendukung lewat instrumen pendanaan ultra mikro, hingga upaya memasukkan kodifikasi produk halal ekspor dan impor ke dunia internasional.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Presiden Jokowi Kagum Impor Jagung Menurun Tajam

Presiden Jokowi mengungkapkan kekagumannya melihat impor jagung di Tanah Air mengalami penurunan yang cukup tajam selama 7 tahun terakhir ini.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Hadapi Krisis Global, Jokowi: Kuncinya Kompak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kekompakan merupakan kunci untuk menghadapi krisis global dalam sektor keuangan, pangan maupun energi.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Resesi Mengancam, Pasar Modal Diyakini Tetap Menjanjikan

Pasar modal Indonesia dinilai tetap menjanjikan dan masih kuat meski dibayang-bayangi awan kelabu resesi ekonomi global.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Industri Asuransi Didorong Sebar Risiko Domestik ke Luar Negeri

Berbagai risiko yang diserap industri asuransi nasional untuk wilayah Indonesia belum banyak disebar ke luar negeri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Modern Hub Lengkapi Fasilitas Lifestyle di Kota Modern

PT Modernland Realty Tbk resmi meluncurkan Modern Hub, pusat kuliner dan belanja paling hype di dalam Kota Modern, Tangerang.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

OPEC+ Akan Kurangi Produksi Minyak 1 Juta Bph, Ini Alasannya

OPEC+ akan mempertimbangkan pengurangan produksi minyak lebih 1 juta barel per hari (bph) minggu depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Fokus Aspek Lingkungan, NavaPark Raih Sertifikasi "Hijau"

NavaPark BSD City, mixed-use residential pertama di Indonesia meraih sertifikasi Greenship Neighborhood dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Sejumlah perusahaan reasuransi dikabarkan mulai kesulitan membayar klaim imbas praktik tidak sehat dari bisnis asuransi kredit.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Digitalisasi Warung Berpeluang Tingkatkan Pendapatan 100%

Flourish Ventures merilis studi soal pentingnya toko kelontong di Indonesia (warung), sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Surya Paloh Jelaskan Alasan Nasdem Usung Anies Baswedan

Surya Paloh Jelaskan Alasan Nasdem Usung Anies Baswedan

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings