Logo BeritaSatu

Wika Rampungkan 4 Proyek Bendungan Strategis pada 2021

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:37 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika) berhasil menyelesaikan 4 proyek bendungan strategis sepanjang 2021. Keempat bendungan yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara berturut-turut, yaitu Bendungan Kuningan (31 Agustus), Bendungan Bendo, Ponorogo (7 September ), Bendungan Paselloreng (9 September) dan Bendungan Tugu di Trenggalek yang mulai beroperasi pada 30 November 2021.

Direktur Utama Wika, Agung Budi Waskito mengatakan, pada proyek Bendungan Tugu, Wika mendapat kepercayaan mengerjakan tahap I dengan lingkup pekerjaan bangunan pengelak, galian dan timbunan bendungan utama (main dam) dan bendungan pengelak (cofferdam).

"Sementara, untuk tahap II bersama PT APTA (KSO) dengan lingkup pekerjaan timbunan bendungan utama (main dam), instrumentasi, hidromekanikal dan bangunan fasilitas dengan total nilai proyek keseluruhan mencapai Rp 1,4 triliun," kata Agung, Rabu (1/12/2021).

Agung menjelaskan latar belakang pembangunan bendungan Tugu didasarkan atas kebutuhan prasarana sumber air, seperti reservoir atau fasilitas bendungan yang masih terbatas di Kabupaten Trenggalek.

“Wika mendukung Kementerian PUPR, guna menjawab kebutuhan penyediaan air irigasi dan air baku untuk rumah tangga masyarakat dan industri serta sebagai pengendali banjir di Kabupaten Trenggalek. Insyaallah, bendungan dapat menjadi landmark di Kabupaten Trenggalek,” jelasnya.

Bendungan Tugu merupakan bendungan multifungsi dengan tinggi 81 meter dan luas genangan 41,7 hektare (Ha). Keberadaannya dapat memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 Ha dan penyediaan air baku sebesar 12 liter per detik bagi 17.280 jiwa di Kabupaten Trenggalek.

Bendungan dengan tipe urugan inti tegak ini juga memiliki potensi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro berkapasitas 0,4 MW, mereduksi banjir sebesar 25% dari luas genangan terdampak, hingga tujuan pariwisata.

Tidak hanya itu, Agung menambahkan, rekam jejak Perseroan pada pekerjaan bendungan, semakin lengkap dengan telah dilaksanakannya pengisian awal bendungan Randugunting, pada 29 November 2021.

Pelaksanaan pengisian awal bendungan ini sekaligus juga menandai pengerjaan tahap akhir konstruksi dengan progres mencapai 90,85% (lebih cepat 10,41% dari rencana) dan ditargetkan dapat selesai pada akhir Januari 2022 mendatang.

Kepala BBWS Pemali Juana, Adek Rizaldi menjelaskan, setelah rampung nanti, bendungan Randugunting akan berperan dalam intensifikasi Daerah Irigasi Kedungsapen Kabupaten Rembang seluas 630 Ha, retensi banjir seluas 2.284,6 Ha.

“Termasuk diproyeksikan dapat menyediakan air baku sebesar 200 liter/detik untuk tiga Kabupaten dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Blora,” tutupnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Digitalisasi Dorong Investasi Makin Diminati Kaum Muda

Ekonom Indef, Nailul Huda mengatakan meningkatnya jumlah investor muda di Indonesia adalah blessing in disguise kencangnya digitalisasi pada masa pandemi.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Pemerintah Diharapkan Lebih Optimal Jaga Stabilitas Harga Pangan

Pemerintah perlu lebih bekerja keras menjaga stabilitas harga pangan nasional agar daya beli masyarakat terus stabil.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

ABM Group Sabet Tujuh Penghargaan dari Kementerian ESDM

ABM Group berhasil meraih tujuh penghargaan berskala nasional dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Core Indonesia: Inflasi Tinggi Bisa Gerus Daya Beli

Tingkat inflasi tahun kalender pada September 2022 yang sebesar 4,84% sudah melampaui target yang ditetapkan pemerintah di kisaran 3% plus minus 1%.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Investor Daily Summit Angkat Isu Digital, Resources, Services

Investor Daily Summit (IDS) 2022 yang diselenggarakan 11-12 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) akan mengangkat tiga pilar utama.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

E-Commerce dan Online Travel Jadi Kekuatan Ekonomi Digital

Ekonomi digital Indonesia diproyeksi tumbuh 20% dari tahun 2021 menjadi US$ 146 miliar pada 2025.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Kompetisi ICStar Hackathon 2022 Latih Kemampuan Robotic dan Teknologi

Kompetisi ICStar Hackathon 2022 memberikan pelatihan kepada 78 peserta dari seluruh Indonesia dan negara seperti Malaysia dan Afrika Selatan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Ketidakpastian Tinggi, Enggartiasto Ajak Masyarakat Optimistis

Executive Chairman Beritasatu Media Holdings Enggartiasto Lukita mengajak masyarakat harus tetap optimistis.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

IWIP Asah Keahlian dan Kemampuan Tenaga Kerja Maluku Utara

Program pelatihan yang digelar PT IWIP menjadi upaya dalam menyiapkan tenaga kerja yang siap dalam dunia industri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Indonesia Diyakini Tak Sampai Alami Resesi di 2023

Indonesia diyakini tidak akan sampai mengalami resesi ekonomi pada 2023 di tengah kondisi perekonomian global yang masih bergejolak.

EKONOMI | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Digitalisasi Dorong Investasi Makin Diminati Kaum Muda

Digitalisasi Dorong Investasi Makin Diminati Kaum Muda

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings