Logo BeritaSatu

BEI: 30 Perusahaan Masuk Daftar Pipeline IPO

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:27 WIB
Oleh : Nabil Syarifudin Al Faruq / FMB

Jakarta, Beritasatu.com — Hingga 2 Desember 2021, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah memperoleh 30 perusahaan yang masuk ke dalam daftar pipeline penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) bursa.

Direktur Penilaian Perusahaan Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna mengatakan, sejauh ini sudah ada empat perusahaan aset berskala kecil (di bawah Rp 50 miliar) yang berada di pipeline IPO, 12 perusahaan aset skala menengah (Rp 50 miliar - Rp 250 Miliar) dan 14 perusahaan aset skala besar (di atas Rp 250 miliar).

Secara rinci, dua perusahaan dari sektor basic materials, tiga perusahaan dari sektor industri, satu perusahaan dari sektor transportasi dan logistik, enam perusahaan dari sektor consumer non-cyclicals, delapan perusahaan dari sektor consumer cyclicals dan dua perusahaan dari sektor teknologi.

“Kemudian, terdapat tiga perusahaan dari sektor energi, satu perusahaan dari sektor financials, dua perusahaan dari sektor properti & real estate dan dua perusahaan dari sektor infrastruktur,” ujar Nyoman, Jumat (3/12/2021).

Nyoman menambahkan, varian baru omicron tidak mempengaruhi rencana perusahaan untuk melantai di bursa dan sampai saat ini masih relatif kondusif. Sejauh ini, terdapat empat perusahaan yang sedang dalam proses penjatahan (allotment) di dalam sistem e-IPO, diantaranya, PT Cisarua Mountain Dairy Tbk, PT Widodo Makmur Perkasa Tbk, PT Wira Global Solusi Tbk, PT Jaya Swarsa Agung Tbk.

“Apabila semua berjalan lancar, maka keempat perusahaan tersebut akan dicatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 6 Desember 2021,” ujar dia.

Di samping itu, pada sistem e-IPO juga masih ada empat perusahaan yang sedang proses penawaran (offering) yaitu, PT RMK Energy Tbk, PT Avia Avian Tbk, PT OBM Drilchem Tbk dan PT Indo Pureco Pratama Tbk. Sementara itu, terdapat dua perusahaan lainnya yaitu PT Adhi Commuter Properti Tbk dan PT Dharma Polimetal Tbk dalam proses penawaran awal (book building).

Sebagaimana diketahui, PT Avia Avian Tbk telah menetapkan harga IPO saham pada batas atas, yakni sebesar Rp 930 per saham. Dengan penetapan harga tersebut, dana yang bisa diraih oleh Avian sebesar Rp 5,76 triliun. Avian akan melepaskan 6,2 miliar saham ke publik atau sekitar 10% dari modal perseroan setelah IPO. Harga IPO sebelumnya ditawarkan di angka Rp 780-930 per saham.

Kemudian, PT OBM Drilchem Tbk mematok harga tertingginya di Rp 180 dari harga penawaran yang berada di rentang Rp 150-180 per saham. perseroan akan melepas 182 juta saham atau 24,86% dari total modal perseroan. Maka demikian, perseroan bisa memperoleh dana maksimal sebesar Rp 32,76 miliar.

Sementara, PT Indo Pureco Pratama Tbk mematok harga terendahnya di Rp 100 dari Rp 100-110 per sahamnya. Perseroan akan melepas 1 miliar saham baru atau 21,74% dari total modal perseroan. Melalui aksi korporasi ini, perseroan berpotensi menghimpun dana Rp 100 miliar, dari sebelumnya yang sebesar Rp 110 miliar.

Sebagai informasi, berdasarkan catatan bursa sampai dengan tanggal 2 Desember 2021, total penggalangan dana yang berhasil dihimpun dari IPO saham, obligasi, sukuk serta right issue sebesar Rp 306,1 triliun, yang terdiri dari pencatatan saham sebesar Rp 51,6 triliun, pencatatan obligasi dan sukuk sebesar Rp 91,30 triliun serta right issue sebesar Rp 163,18 triliun.

“Kami memperkirakan total penggalangan dana tersebut akan terus meningkat mengingat masih ada daftar antrian perusahaan-perusahaan pada pipeline pencatatan saham, obligasi dan sukuk serta pipeline right issue,” ujar dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menhub: Jalur KA Solo Balapan-Palur Beroperasi Juli 2022

Menhub menyebutkan, proyek elektrifikasi jalur KA Solo Balapan-Palur saat ini sudah mencapai 84,33% dan ditargetkan beroperasi pada Juli 2022.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Kerja Sama IPEF Diluncurkan, Ini Harapan Pelaku Usaha

Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik atau Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) merupakan upaya untuk memperkuat hubungan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Kebijakan People First Jadi Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, Indonesia saat ini sudah menuju pemulihan ekonomi.

EKONOMI | 26 Mei 2022

UMKM Binaan Bank Indonesia Catat Nilai Ekspor US$ 61 Juta

Komoditas ekspor yang paling signifikan dari para UMKM binaan Bank Indonesia (BI) antara lain ikan laut, kopi, serta kerajinan tangan.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Dukung Platform dan UMKM, Menkominfo: Kami Terus Bangun Infrastruktur Digital

Menkominfo Johnny G Plate menyatakan pemerintah mendukung platform digital dan UMKM dengan terus membangun infrastruktur digital.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Genjot Pemasaran, Synthesis Huis Gandeng Tiga Agen Properti

Selain memperkuat tim sales inhouse, Synthesis Huis berkolaborasi dengan tiga agen properti besar Century 21, ERA Indonesia, dan Promex Indonesia.

EKONOMI | 26 Mei 2022

PLN Insurance Gelar Go Live Pengelolaan ASO PT PLN

Acara go live pengelolaan ASO menandai dimulainya pelayanan pengelolaan administration service only dari PLN Insurance kepada karyawan dan pensiunan PLN.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Merck Alokasikan 80% dari Laba Bersih untuk Dividen

PT Merck Tbk (MERK), perusahaan sains dan teknologi global, sepakat membagikan dividen sebesar Rp 240 per saham atau senilai total Rp 107,5 miliar.

EKONOMI | 26 Mei 2022

Reforminer: Daripada Pembatasan, Lebih Baik Naikkan Harga Pertalite Rp 1.000

antinya pembelian Pertalite akan diatur hanya bagi mereka yang berhak sesuai dengan kriteria yang akan ditentukan oleh pemerintah.

EKONOMI | 26 Mei 2022

PLN Dukung Pelaksanaan Sistem Manajemen Antipenyuapan

PLN mendukung pelaksanaan sistem manajemen antipenyuapan dan berupaya mewujudkan kelancaran pembangunan infrastruktur kelistrikan andal.

EKONOMI | 26 Mei 2022


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

NEWS | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings