Logo BeritaSatu

Menteri Basuki Minta BUJT Tingkatkan Kualitas Layanan Tol

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:32 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan kegiatan penilaian terhadap kualitas layanan mencakup fungsi utama jalan tol, fungsi pendukung di rest area, serta fungsi pelengkap di rest area.

Penilaian jalan tol pada tahun 2021 dilakukan terhadap 63 ruas jalan tol dan 123 rest area yang dikelola oleh 44 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, BUJT didorong untuk meningkatkan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan, karena kebutuhan dan ekspektasi publik yang semakin tinggi.

"Kami meyakini dengan lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest areanya,” kata Menteri Basuki dalam keterangan pers, Sabtu (4/12/2021).

Pemberian penghargaan terhadap hasil penilaian jalan tol berkelanjutan tahun 2021 diserahkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada para pemenang terbaik pada acara puncak Peringatan Hari Bakti PU Ke-76 di Kampus PUPR.

Penghargaan diberikan untuk kategori ruas jalan tol berdasarkan panjang jalan dan tol layang elevated (konstruksi di atas tanah) kepada ruas Tol Makassar Seksi IV untuk kategori panjang kurang lebih 15 km dengan BUJT PT Jalan Tol Seksi Empat, ruas Jalan Tol Pandaan - Malang kategori panjang 16 - 50 km (PT Jasa Marga Pandaan Malang).

Ruas Jalan Tol Jakarta - Bogor - Ciawi kategori di atas 51 km (PT Jasa Marga (Persero) Tbk), dan ruas Jalan Tol Prof Dr Ir Soedijatmo kategori tol layang/elevated (PT Jasa Marga (Persero) Tbk).

Selanjutnya, untuk kategori pengelolaan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/rest area) terbaik Tipe A kepada BUJT PT Linggajati Qaireen selaku pengelola TIP KM 429A Ruas Jalan Tol Semarang-Solo, BUJT PT Jasa Marga Related Business selaku pengelola TIP KM 88B ruas Jalan Tol Cipularang, dan BUJT PT Ingsu Jaya selaku pengelola TIP KM 97B ruas Jalan Tol Cipularang.

Sedangkan untuk TIP Tipe B penghargaan diberikan kepada BUJT PT Astari Marga Sarana selaku pengelola TIP KM 456A dan B ruas Jalan Tol Semarang - Solo dan PT Trans Marga Jateng untuk TIP 478 B dan A ruas Jalan Tol Semarang - Solo.

Penilaian dilakukan selama 40 hari keseluruh ruas jalan tol dengan peninjauan langsung ke lapangan untuk memahami kondisi riil di lapangan dalam hal pengelolaan tol berkelanjutan. Tujuan kegiatan ini adalah agar semua ruas jalan tol dan rest area konsisten memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), bahkan beyond SPM.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemerintah Diminta Masifkan Uji Coba Kompor Listrik Induksi

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah memasifkan uji coba kompor listrik.

EKONOMI | 26 September 2022

Karabha Digdaya Komitmen Fasilitasi Kemajuan Pelaku UMKM

PT Karabha Digdaya bersama-sama stakeholders meresmikan gerai UMKM di wilayah Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok.

EKONOMI | 26 September 2022

Green Pramuka City Optimistis Pemerintah Mampu Atasi Pandemi

Green Pramuka City turut merasakan pandemi Covid-19 telah membentuk suatu ketidakpastian dan mendorong turunnya indeks demand properti.

EKONOMI | 26 September 2022

Multifinance Bidik Peluang Pembiayaan Kendaraan Listrik

Inpres 7/2022 terkait Percepatan Penggunaan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, menjadi angin segar untuk industri multifinance.

EKONOMI | 26 September 2022

Anson Company dan Mayekawa Perkuat Bisnis Rantai Pendingin

Kerja sama strategis Anson Company dan Mayekawa selama 49 tahun pecahkan rekor pembelian produk dengan 29 unit kompresor rantai pendingin industri.

EKONOMI | 26 September 2022

Proshop Card, Strategi Daikin Perkuat Layanan Konsumen

Ketatnya persaingan bisnis AC di Indonesia memacu PT Daikin Airconditioning Indonesia untuk memperkenalkan Daikin Proshop Card.

EKONOMI | 26 September 2022

Konversi Kompor LPG ke Listrik Dinilai Bisa Sia-sia Jika...

Program konversi kompor LPG ke listrik dengan membagikan kompor induksi gratis tanpa melakukan penarikan tabung LPG 3 kg akan sia-sia.

EKONOMI | 26 September 2022

Sri Mulyani Catat Realisasi PC-PEN Capai Rp 214,9 Triliun

Sri Mulyani menyatakan, program PC-PEN telah terealisasi Rp 214,9 triliun hingga 16 September 2022 atau 47,2% dari pagu anggaran Rp 455,62 triliun.

EKONOMI | 26 September 2022

Ambisius, RHB Sekuritas Targetkan Masuk Peringkat 10 Besar

PT RHB Sekuritas Indonesia sebagai anak perusahaan dari RHB Investment Bank, memiliki misi menjadi salah satu dari 10 sekuritas terbaik di Indonesia.

EKONOMI | 26 September 2022

Heboh Minuman Berpemanis Kena Cukai? Ini Kata Kemenkeu

Askolani menyampaikan, pemerintah berencana untuk mengenakan cukai terhadap minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK).

EKONOMI | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 26 September 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 26 September 2022

NEWS | 5 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings