Logo BeritaSatu

Persepsi Publik Bahwa Ekonomi Buruk Makin Berkurang

Minggu, 5 Desember 2021 | 14:05 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan evaluasi publik terkait kondisi ekonomi nasional selama pandemi Covid-19 secara umum masih negatif. Namun bila dilihat trennya, persepsi publik yang mengatakan ekonomi nasional masih buruk terus mengalami penurunan.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan sebanyak 4,7% masyarakat mengatakan kondisi ekonomi nasional sangat buruk, sebanyak 32,9% masyarakat menyatakan buruk. Lalu sebanyak 19,5% masyarakat mengatakan baik dan 1,8% masyarakat mengatakan sangat baik. Sementara sebanyak 40,4% masyarakat mengatakan kondisi ekonomi nasional dalam keadaan sedang-sedang saja, tidak baik atau tidak buruk.

“Mereka yang mengatakan buruk masih lebih banyak. Jadi evaluasi publik terkait kondisi ekonomi nasional itu secara umum masih negatif. Kebanyakan menilai ekonomi nasional sedang. Yang menilai buruk atau sangat buruk lebih banyak dibandingkan yang menilai baik atau sangat baik,” kata Burhanuddin Muhtadi dalam Rilis Temuan Survei Indikator Politik Indonesia terkait Kinerja Presiden, Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Pascapandemi, Minggu (5/12/2021).

Namun bila dilihat dari data, tren kondisi ekonomi nasional ada optimisme. Persepsi terhadap kondisi ekonomi dalam 5 bulan terakhir mulai membaik. Meski yang menilai buruk masih lebih banyak. “Persepsi terhadap kondisi ekonomi nasional yang mengatakan buruk trennya terus menerus turun. Jadi kita ingat, Mei tahun 2020 waktu itu 81% yang mengatakan buruk, sekarang sudah turun jauh ke bawah, di bawah 40,” ujar Burhan Muhtadi.

Burhan mengungkapkan dari hasil survei terlihat jumlah masyarakat yang menyatakan kondisi ekonomi nasional baik semakin meningkat. Tren positif ini sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengatakan pertumbuhan ekonomi nasional sudah positif karena lepas dari resesi pada kuartal kedua tahun 2021. “Bahkan di kuartal ketiga, meskipun kita baru saja melalui gelombang kedua (Covid-19), pertumbuhan ekonomi masih positif 3,51%. Kemungkinan besar pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa mencapai 4,5%,” ungkap Burhan Muhtadi.

Indikator Politik Indonesia mengambil populasi survei dari seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak dalam pemilu, yaitu berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Ukuran sampel basis 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Adapun responden diwawancarai lewat tatap muka.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jelang KTT G-20, 25 Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Sandiaga Uno menyatakan 25 maskapai internasional melayani penerbangan ke Denpasar, Bali, menjelang KTT G-20.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kolaborasi LandX-Moka Akselerasi Pertumbuhan Bisnis UMKM

LandX menggandeng Moka, sebagai mitra penyaluran modal usaha pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menperin Pede Penuhi Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Agus menegaskan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mengejar target produksi sepeda motor listrik sebanyak dua juta unit dalam waktu satu tahun.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Jokowi Minta Pengembangan Lumbung Pangan Dilanjutkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong pengembangan lumbung pangan atau food estate di sejumlah wilayah di Indonesia.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Menko Airlangga Tegaskan Manfaat Kebijakan Satu Peta

Menko Airlangga menyampaikan, produk kebijakan satu peta telah dibagipakaikan kepada seluruh kementerian/lembaga (K/L) termasuk pemerintah daerah.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Sino Ocean Group Garap Auraya Suites di Kawasan Alam Sutera

Sino Ocean Group, mengembangkan proyek Auraya Suites sebagai hunian modern di kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Di Era Transisi Energi, Peranan Hulu Migas Justru Makin Besar

Peranan hulu minyak dan gas (migas) justru makin besar di era transisi energi. Kebutuhan energi di era transisi energi masih akan dipasok oleh energi fosil.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Waskita Karya Jalankan 8 Strategi Penyehatan, Ini Progresnya

PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) tengah fokus melakukan pemulihan dengan delapan langkah penyehatan keuangan yang dilakukan sejak tahun lalu.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua Umum Zulkifli Hasan Resmikan Kantor Baru DPP PAN

Ketua Umum Zulkifli Hasan Resmikan Kantor Baru DPP PAN

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings