Logo BeritaSatu

Bahlil: Sinergi di Kabinet Indonesia Maju Semakin Baik

Minggu, 5 Desember 2021 | 16:44 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengakui orkestrasi atau sinergi di Kabinet Indonesia Maju semakin baik dibandingkan 6 bulan lalu yang ditandai menurunnya kasus Covid-19 dan terlihatnay pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia, terkait tren kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo mencapai 72%. Tren ini jauh membaik dibandingkan Juli 2021 saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 varian delta. Saat itu kepuasan masyarakat terhadap kinerja presiden turun ke 59% sejak kurun waktu 6 tahun terakhir.

“Kalau orkestrasi yang kami lakukan, ibaratnya sudah kena uratnya, artinya Presiden Joko Widodo dengan pengalaman intuisi mantan pengusaha, wali kota, gubernur, dan Presiden semakin ke sini semakin menemukan cara efektif untuk mengelola kabinet dan melakukan komunikasi dengan pihak eksternal dan asosiasi Kadin (Kamar Dagang dan Industri), Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) dan himpunan lainnya,” tutur Bahlil Minggu (5/12/2021).

Bahlil memastikan bahwa kinerja ekonomi dapat terus pulih dan bangkit apabila pemerintah dan dunia usaha saling bekerja sama. Pemerintah bertugas membuat regulasi dan mengomunikasikan kepada stakeholder untuk dapat dieksekusi secara baik.

Dari sisi kinerja investasi, Bahlil mengatakan saat ini sebaran penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) tidak hanya di pulau Jawa, melainkan semakin masif di luar Jawa. “Saya masuk di BKPM Oktober tahun 2019, investasi di Pulau Jawa tercatat 57% hingga 60% dan di luar Jawa 40%-43%. Sejak kuartal III 2020 investasi di luar Jawa mencapai 62%,” tuturnya.

Investasi antara Jawa dan luar Jawa, tidak terlepas dari kebijakan Presiden Joko Widodo periode pertama yang mengarahkan pembangunan infrastruktur secara masif di luar Jawa untuk mendorong pemerataan ekonomi.

“Pembangunan infrastruktur 5 tahun terakhir periode pertama Presiden Joko Widodo betul-betul berdampak luar biasa, mengubah pola pikir investor dalam negeri dan luar negeri untuk investasi di daerah. Dulu Maluku Utara siapa yang mau investasi di sana, sekarang salah satu daerah yang menerima investasi asing langsung (foreign direct investment) terbesar yakni Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Riau,” ungkapnya.

Dengan pemerataan investasi di Jawa dan luar Jawa, ia meyakini akan mendorong target penyerapan tenaga kerja sebesar 1,2 juta di tahun ini.

Sebagai informasi, realisasi investasi periode Januari–September tercatat Rp 659,4 triliun yang terdiri dari PMA Rp 331,7 triliun dan PMDN sebesar Rp 327,7 triliun. Adapun penyerapan tenaga kerja mencapai 912.402 tenaga kerja. “Kami optimistis dengan kinerja investasi 2021, dan kami targetkan (investasi yang masuk) akan menyerap tenaga kerja langsung hingga 1,2 juta pekerja, yang tidak langsung bisa sampai 4-5 juta tenaga kerja,” tuturnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas Banyak Didukung

Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang diluncurkan Presiden Jokowi mendapat dukungan dari Kadin dan Sinar Mas Group.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Ekonom Apresiasi Keberlanjutan Program Kartu Prakerja Pemerintah pada 2023

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada 2023.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Kolaborasi Majoo dan BRI Mudahkan Transaksi Digital UMKM

Komitmen aplikasi Majoo mewujudkan transformasi digital UMKM Indonesia diwujudkan dengan kolaborasi bersama BRI.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Fintech Teregulasi di Bahrain Fasilitasi Pembayaran Kripto dengan Binance

Adopsi kripto terus berkembang di Kerajaan Bahrain dan ini ditunjukkan dengan banyak perusahaan lokal memfasilitasi pembayaran dalam kripto seperti Bitcoin.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Holding PTPN Bangun Pengolahan Kelapa Sawit Mini di Bogor

Rektor IPB, Prof Arif Satria, memberikan apresiasi kepada PTPN Group yang telah mendukung pembangunan unit Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) Mini.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Strategi Duta Intidaya Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

PT Duta Intidaya Tbk (DAYA) atau yang lebih dikenal dengan Watsons Indonesia meluncurkan kembali Watsons Club membership dalam menjaga loyalitas pelanggan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Napindo Hadirkan Pameran Solusi Kota Cerdas

Pameran dan Forum Teknologi Terpadu yang digelar Napindo menampilkan pameran Indo Water, Indo Waste, dan Indo Renergy, dan IISMEX 2022 Expo & Forum.

EKONOMI | 5 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, 25 Maskapai Layani Penerbangan ke Bali

Sandiaga Uno menyatakan 25 maskapai internasional melayani penerbangan ke Denpasar, Bali, menjelang KTT G-20.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Minyak Makan Merah Raih SNI, Menkop UKM: Tak Perlu Ragu Lagi

Teten Masduki menegaskan, dengan dikeluarkannya SNI dari BSN, tidak perlu lagi ada yang meragukan minyak makan merah layak dikonsumsi atau tidak.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Kebijakan Satu Peta Dorong Pemerataan Pertumbuhan Ekonomi

Menko Airlangga menegaskan, kebijakan satu peta menjadi landasan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.

EKONOMI | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Presiden Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings