Logo BeritaSatu

IPO, Saham Cimory Rebound ke Rp 3.360 Jelang Akhir Sesi 1

Senin, 6 Desember 2021 | 10:47 WIB
Oleh : Gita Rossiana / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY) atau Cimory secara resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan menjadi perusahaan terbuka, Cimory ingin menjadi pemimpin pasar dan inovator di industri pangan berbasis protein.

Pendiri dan Presiden Komisaris Cimory Bambang Sutantio mengatakan IPO menjadi momentum bersejarah bagi karena bisa menguatkan misi perusahaan untuk menjadi pemimpin di bidang industri olahan susu dan makanan konsumen. Hal ini dilakukan dengan menyediakan produk olahan susu dan konsumen makanan premium yang kuat di era perdagangan modern.

"IPO ini menjadi momen bersejarah bagi perusahaan karena kami bertransformasi dari sebuah perusahaan keluarga menjadi sebuah perusahaan terbuka dengan memiliki komitmen kuat terhadap tata kelola perusahaan yang baik serta fokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan," kata fia, dalam acara Pencatatan Saham Perdana secara virtual, Senin (6/12/2021).

Di sisi lain, Presiden Direktur dan Grup CEO Cimory Farell Sutantio mengatakan, adanya pandemi membuat kesadaran masyarakat meningkat untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi. Melihat hal ini, Cimory akan selalu fokus pada inovasi produk dan menciptakan pasar baru di kategori pangan berbasis protein.

Pihaknya juga akan terus memperluas distribusi dengan berinvestasi di cold chain logistics, serta menambah program kemitraan melalui program Miss Cimory.

"Saat ini kami telah bermitra dengan lebih dari 3.600 ibu di seluruh Indonesia melalui program Miss Cimory yang memiliki tujuan utama untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru," ujarnya.

Pada pukul 10.45 WIB, saham CMRY melesat hingga 9% ke Rp 3.360, setelah sempat terkoreksi ke kisaran Rp 2.870 di awal perdagangan.

Adapun dalam penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham ini, Cimory melepas 1,19 miliar saham atau mewakili 15% dari modal disetor setelah IPO. Harga IPO mencapai Rp 3.080 setiap saham sehingga dana yang dihimpun mencapai Rp 3,66 triliun.

Dari dana yang diperoleh, sekitar 33% akan digunakan untuk belanja modal untuk penambahan kapasitas produksi dalam bentuk properti, pabrik dan peralatan. Selanjutnya, sekitar 25% untuk penyetoran modal kepada entitas anak, yaitu PT Macroprima Panganutama, perusahaan pengolahan makanan.

"Dana tersebut akan digunakan oleh Macroprima Panganutama untuk penambahan kapasitas untuk fasilitas produksi, serta untuk modal kerja," kata dia.

Kemudian, sekitar 20% untuk penyetoran modal kepada entitas anak, PT Macrosentra Niagaboga, perusahaan yang bergerak di bidang agen dan distributor. Dana tersebut akan digunakan untuk belanja modal yang berkaitan dengan ekspansi pusat distribusi, serta untuk modal kerja.

Lalu, sekitar 15% dana akan digunakan untuk belanja modal untuk penambahan jumlah toko dan pelatihan dan pengembangan Miss Cimory. Terakhir, sekitar 7% dana akan digunakan untuk modal kerja untuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari hari.

Adapun dalam penawaran umum perdana saham ini, perseroan menunjuk Nomura Singapore Limited, PT CLSA Indonesia dan PT Mandiri Sekuritas sebagai joint global coordinators. Sementara PT CLSA Sekuritas Indonesia dan PT Mandiri Sekuritas juga bertindak sebagai lead domestic underwriters.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Sandiaga dan Erick Thohir Siap Bantu Modal UMKM Perempuan

Pemerintah mendukung permodalan ribuan anggota perempuan pengusaha Iwapi untuk menciptakan pelaku UMKM perempuan yang tangguh.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Peneliti LPEM: Hiburan Sepak Bola Perlu Digeser dari Stadion ke TV

Peneliti LPEM UI Mohamad Dian Revindo berpendapat, kompetisi sepak bola di Indonesia sebaiknya perlu digeser dari hiburan stadion menjadi hiburan televisi.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings