Logo BeritaSatu

Daikin Sediakan Tenaga Ahli di Balai Latihan Kerja Kemenaker

Selasa, 14 Desember 2021 | 14:45 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Daikin Airconditioning Indonesia turut serta mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja. Hal ini dilakukan melalui penandatangan nota kesepahaman dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), pada Senin (13/12/2021).

Pabrikan asal Jepang ini berkomitmen mendukung pemerintah bagi peningkatan kualitas tenaga ahli teknik pendingin dan tata udara di Indonesia. Dilakukan di bawah Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker, penandatanganan ini dilakukan bersama 14 perusahaan dari berbagai industri.

Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia, Budi Mulia, mengatakan Daikin menjadi satu-satunya perusahaan yang bergerak dalam industri perangkat solusi tata udara yang mengambil bagian dalam kerja sama ini.

"Sebagai yang terdepan dalam perangkat solusi tata udara, menjadi tanggung jawab kami untuk mengambil peran lebih besar dalam membagikan pengetahuan yang Daikin miliki bagi peningkatan sumber daya manusia Indonesia,” ujar Budi Mulia dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Selasa (14/12/2021).

Komitmen Daikin dalam mendukung peningkatan sumber daya manusia Indonesia, khususnya teknik pendingin dan tata udara sebenarnya bukan baru kali ini.

Sebelumnya, perusahaan yang dikenal melalui berbagai produk air conditioning (AC) untuk rumah maupun bangunan komersial ini, telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbudristek), khususnya untuk meningkatkan kompetensi bidang teknik pendingin dan tata udara bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Berbeda dengan kerja sama sebelumnya dengan Kemdikbudristek, sasaran dalam nota kesepahaman antara Daikin dan Kemenaker adalah Balai Latihan Kerja (BLK) di seluruh Indonesia.

Bakal berlangsung sepanjang tiga tahun sejak ditandatangani, kesepakatan ini disusun dengan meliputi enam ruang lingkup. Termasuk didalamnya penyusunan analisa kebutuhan pelatihan, pengembangan program, kurikulum dan modul pelatihan serta penyediaan sarana dan prasarana pelatihan.

Tak hanya itu, melalui kerja sama ini Daikin pun memberi perhatian pada peningkatan pengetahuan tenaga pengajar sekaligus peserta didik.

"Selain menyediakan tenaga ahli untuk menjadi pelatih pada berbagai BLK, perusahaan juga bakal memberikan pelatihan khusus bagi pengajar pada masing-masing balai latihan kerja. Melengkapinya, Daikin juga bakal mendukung penyelenggaraan berbagai pelatihan berbasis kompetensi," kata Budi Mulia.

Budi Mulia menambahkan, perhatian Daikin untuk terus meningkatkan kompetensi tenaga teknik pendingin dan tata udara ini, menjadi salah satu fokus utama perusahaan. Tak cuma bertalian dengan kepuasan pengguna, peningkatan kompetensi ini pun berkaitan dengan perhatian pada penjagaan lingkungan hidup. Hal ini misalnya terkait dengan teknik penjagaan refrigerant agar tak lepas di udara yang dapat mempengaruhi lingkungan hidup.

“Beriring dengan peningkatan kompetensi tenaga ahli, kerja sama ini juga menjadi wujud perhatian kami pada lingkungan hidup yang sesuai dengan komitmen besar Daikin di berbagai wilayah tempatnya beroperasi. Kami berharap sinergitas dengan pemerintah Indonesia dapat berkembang lebih baik di masa mendatang," pungkas Budi Mulia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Sejak diberi mandat sebagai BUMN transformasi, Danareksa bertugas menyehatkan BUMN sakit seperti Balai Pustaka hingga scaling up BUMN-BUMN lain.

EKONOMI | 29 November 2022

Mentan Yakin Produksi Beras Bisa Penuhi Kebutuhan Nasional

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meyakini produksi beras lokal mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

EKONOMI | 29 November 2022

Buwas Beberkan Hal yang Harus Dibenahi agar Polemik Beras Tidak Terulang

Dirut Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas menyampaikan, hal yang perlu dibenahi agar polemik impor beras tidak lagi terjadi di kemudian hari.

EKONOMI | 29 November 2022

Kejar Target Penjualan, Emdeki Utama Fokus Pasar Domestik

Produsen kalsium karbida atau karbit, PT Emdeki Utama Tbk (MDKI) tahun ini lebih berkonsentrasi di pasar domestik untuk mencapai target penjualan 22.006 ton.

EKONOMI | 29 November 2022

Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

Pemprov Sumut resmi menetapkan upah minimum provinsi atau UMP Sumatera Utara 2023 naik 7,45% atau menjadi Rp 2.710.493,93. Senin (28/11/2022). 

EKONOMI | 29 November 2022

Dedi Mulyadi Beri Catatan jika Impor Beras Dilakukan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi memberi catatan khusus jika nantinya impor beras menjadi opsi yang diambil untuk memenuhi cadangan beras pemerintah 

EKONOMI | 28 November 2022

UMP DKI 2023 Naik Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Respons Pengusaha

Menurut Nurjaman, Apindo DKI keberatan terhadap kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta yang mencapai 5,6%.

EKONOMI | 28 November 2022

Buwas: Impor Beras untuk Antisipasi Kekurangan Produksi Dalam Negeri

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menegaskan, di tengah kondisi stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor beras perlu dipertimbangkan.

EKONOMI | 28 November 2022

Pelaku Parekraf Bergotong Royong Bantu Korban Gempa Cianjur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi  upaya gotong royong pelaku Parekraf untuk membantu korban gempa Cianjur

EKONOMI | 28 November 2022

Indonesia Ternyata Masih Impor Beras, untuk Apa Saja?

Perum Bulog pada akhir tahun ini berencana melakukan impor beras untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP).

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

40 Tahun Tertidur, Gunung Berapi Terbesar di Dunia Meletus di Hawaii

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE