Logo BeritaSatu

Tingkatkan Transparansi, Pelni Perkuat Transformasi Digital

Rabu, 15 Desember 2021 | 20:27 WIB
Oleh : Thresa Sandra Desfika / CAH

Jakarta, Beritasatu.com – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni Persero) terus memperkuat transformasi digital guna mendukung penerapan good corporate governance (GCG) di perusahaan. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-01/MBU/2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada BUMN.

Pjs Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik menyampaikan bahwa Pelni terus berinovasi di era digitalisasi untuk mengimplementasikan prinsip transparansi dan akuntabilitas yang sesuai dengan GCG sebagai upaya pengendalian gratifikasi di perusahaan.

Advertisement

Aplikasi tersebut diantaranya PelniDoc, MyCargoo!, self scan barcode, laporan protokol kesehatan di cabang dan kapal, PMS (planned maintenance system), Winona, Pelni Agency, Bitrix24, aplikasi pengelolaan SDM, dan Siparsel.

“Perusahaan senantiasa berkomitmen untuk mengimplementasikan penerapan GCG dalam setiap proses bisnis perusahaan. Contohnya adalah pengembangan aplikasi MyCargoo! untuk pemesanan logistik. Shipper dapat memesan jasa logistik melalui aplikasi tanpa adanya pihak ketiga dan dapat memantau secara langsung prosesnya sehingga dapat mengurangi praktik gratifikasi di lapangan,” ungkap Opik dalam pernyataan resmi, Rabu (15/12).

Dalam upayanya memerangi tindak gratifikasi dan korupsi di Pelni, kata dia, perusahaan juga menerapkan sosialisasi pedoman soft structure secara rutin kepada pegawai. Pedoman tersebut di antaranya pedoman board manual, pedoman tata kelola perusahaan (GCG), pedoman perilaku (code of conduct), pedoman pengendalian gratifikasi, pedoman unit pengendalian gratifikasi (UPG), dan pedoman whistleblowing system.

“Saat ini perusahaan memiliki unit pengendalian gratifikasi (UPG) guna pengendalian gratifikasi di perusahaan sehingga setiap bentuk gratifikasi dapat ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang telah kami tetapkan serta bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk pelapor gratifikasi identitasnya juga kami rahasiakan untuk menjaga keamanan dan identitas pelapor,” terang Opik.

Tahun 2022 mendatang, Pelni kembali mengembangkan aplikasi guna mendukung pengendalian gratifikasi di perusahaan. Pelni akan meluncurkan aplikasi E-procurement untuk kegiatan pengadaan barang dan jasa di perusahaan, mulai dari rencana pengadaan hingga proses penetapan pemenang sehingga dapat mempermudah proses pengadaan dengan pihak ketiga dan menghindari praktik gratifikasi dalam setiap proses pengadaan.

“Kami berharap dengan adanya pengembangan teknologi yang dilakukan oleh perusahaan dapat mendukung upaya perusahaan dalam pengendalian tindak gratifikasi dan korupsi sehingga penerapan GCG dapat dijalankan dengan semestinya,” pungkas Opik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, UMKM berkontribusi besar bagi pemulihan ekonomi nasional. UMKM, menyerap 96,9 persen tenaga kerja. 

EKONOMI | 11 Agustus 2022

Kolaborasi dengan Bank Sumut, BNI Usung Orange Synergy

Melalui Orange Synergy, Bank Sumut dan BNI berkomitmen membangun kolaborasi strategis yang dituangkan dalam berbagai inisiatif pengembangan layanan perbankan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

AFPI-TékenAja! Hadirkan Tanda Tangan Elektronik

AFPI menjalin kerja sama dengan TékenAja! dalam penyediaan tanda tangan elektronik dan e-meterai bagi penyelenggara fintech p2p lending.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Gandeng 4 Mitra, APR Hadirkan Viscose-Rayon Berkelanjutan

PT Asia Pacific Rayon (APR), produsen serat viscose-rayon menegaskan komitmennya mendukung inovasi tekstil berkelanjutan atau ramah lingkungan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Ekonomi Pulih, Debitur Profil Risiko Tinggi Mulai Menurun

Debitur perbankan dan jasa keuangan yang memiliki profil risiko tinggi dan sangat tinggi (high risk and very high risk) mulai menurun.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Sejalan Era Digitalisasi, Aviana Kelola 180 Juta Transaksi

PT Aviana Sinar Abadi berhasil mengelola 180 juta transaksi per bulan, termasuk transaksi di pelosok daerah.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Indocement Gunakan Listrik PLN di Kompleks Pabrik Tarjun

Indocement Kompleks Pabrik Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan, resmi menjadi konsumen tegangan tinggi PLN pertama di Kalimantan.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Resesi Global, Founder Startup Perlu Lakukan Tiga Strategi Ini

Dua tahun lalu memang menjadi tahun emas bagi startup karena pandemi dan masyarakat banyak bergantung pada teknologi.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Dana dan Here Technologies Perdalam Inklusi Keuangan

Here Technologies, platform data dan teknologi lokasi mengumumkan bahwa DANA sebagai platform dompet digital telah menggunakan layanan lokasi.

EKONOMI | 10 Agustus 2022

Sambut Hari Kemerdekaan, Pengembang Beri Fasilitas DP 0%

Pengembang properti Widari Agung Group memberikan kemudahkan untuk konsumen Widari Village dengan fasilitas uang muka atau DP 0%.

EKONOMI | 10 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

Kronologi Penembakan Brigadir J hingga Ferdi Sambo Tersangka

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings