Logo BeritaSatu

Menko Airlangga Minta PII Sukseskan Presidensi G-20 Indonesia

Sabtu, 18 Desember 2021 | 11:50 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FMB

Bali, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta para insinyur yang tergabung dalam organisasi Persatuan Insinyur Indonesia (PII) memanfaatkan momentum kepemimpinan Indonesia di panggung dunia pada Presidensi G-20 guna mendorong pemulihan dan transformasi ekonomi bersama.

“Para insinyur adalah orang-orang yang dididik untuk menghasilkan inovasi, semakin banyak insinyur, semakin banyak kita membuka peluang untuk solusi-solusi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya,” kata Menko Airlangga di depan para delegasi Kongres PII XXII di Bali, Jumat (17/12/2021).

Menko Airlangga mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan emerging country pertama yang menjadi Presidensi G-20. Ia mengapresiasi pengurus pusat PII yang telah memilih tema yang sangat sejalan dengan visi Indonesia sebagai Presidensi G-20 Indonesia, yaitu fokus untuk menyukseskan tiga hal yakni penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.

”Dalam ketiga visi Presidensi G-20 Indonesia, para insinyur Indonesia dapat mengambil peran melalui berbagai inovasi,” tandas Airlangga.

Dikatakan, visi yang pertama dalam Presidensi G20 Indonesia adalah arsitektur kesehatan global. Di sini, para insinyur harus mengambil perannya untuk mendorong penciptaan lighthouse projects yang memperkuat resiliensi sistem kesehatan dunia, seperti inovasi dalam alat kesehatan, obat-obatan, dan produksi vaksin. Upaya ini salah satunya akan mendorong ASEAN, terutama Indonesia, menjadi transfer hub untuk pengembangan dan produksi vaksin.

Visi yang kedua adalah transformasi ekonomi berbasis digital. Tujuan dari visi ini adalah untuk memperluas pemanfaatan digital dan konektivitas untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Ketiga adalah visi transisi energi. Terkait visi ini, kata Airlangga, insinyur dapat membantu penciptaan model-model adopsi teknologi yang mempercepat penurunan emisi karbon. Seperti transisi energi dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan dan pengembangan high voltage direct current transmission.

Upaya tersebut akan didukung oleh model baru mekanisme pendanaan berkelanjutan yang melibatkan sektor swasta. Pemerintah juga berkomitmen untuk menyediakan dukungan antara lain melalui program Insentif Fiskal dan Pendanaan Riset Inovatif Produktif.

Dukungan tersebut berupa program pendanaan riset baik kompetitif maupun inisiatif yang ditujukan untuk peningkatan kemampuan daya saing bangsa melalui komersialisasi produk, teknologi atau implementasi kebijakan, tata kelola atau publikasi yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.

Guna mendorong inovasi di sektor swasta, atau bagi para insinyur yang berkecimpung di dunia usaha, pemerintah juga telah menyediakan insentif berupa Super Deduction Tax untuk perusahaan yang melakukan kegiatan litbang atau research and development melalui Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 153/PMK.010/2020 tentang Pemberian Pengurangan Penghasilan Bruto Atas Kegiatan Penelitian dan Pengembangan Tertentu di Indonesia.

Pemerintah juga terus mendukung PII untuk melakukan penguatan insinyur profesional di Indonesia hingga bisa mencapai jumlah insinyur yang dibutuhkan. “Saya berharap semoga PII dapat terus mendorong lahirnya insinyur-insinyur Indonesia yang handal, sehingga menguatkan posisi Indonesia dalam percaturan kepemimpinan dunia,” pungkas Airlangga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jalankan TJSL, Pegadaian Bantu 2 Desa Binaan di Yogyakarta

PT Pegadaian konsisten menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan memberikan bantuan kepada dua desa binaan di Yogyakarta.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Ditjen Pajak dan Bank BUMN Kerja Sama Reformasi Perpajakan

Himbara terus mendukung reformasi perpajakan yang dilakukan Ditjen Pajak untuk menggenjot penerimaan negara.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Terus Ekspansi, Catur Sentosa Bangun Outlet Mitra10 Ke-44

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) terus melakukan ekspansi dengan membangun outlet Mitra10 ke-44.

EKONOMI | 29 Juni 2022

TokoMall Jalin Kolaborasi dengan Wormhole

Pada TokoSurprise kali ini, TokoMall bekerjasama dengan W-Unit yang merupakan sebuah NFT Project dari Wormhole.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Kemenkop Beberkan Penyebab UKM Sulit Tembus Pasar Dunia

Kontribusi  Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terhadap ekspor nasional masih sangat minim dan ini terjadi karena banyak faktor.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Adhi Commuter Alokasikan 20% Laba Bersih untuk Dividen

Pada 2021 Adhi Commuter mencatat perolehan kontrak baru sebesar Rp 883,8 miliar dan berhasil membukukan pendapatan usaha Rp 563,69 miliar.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Impack Pratama Masuk Daftar Indeks ESG IDX Kehati

PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) masuk ke dalam daftar Indeks ESG Sector Leaders IDX Kehati dan Indeks ESG Quality 45 IDX Kehati.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Million Dollar Round Table Indonesia 2022 Kembali Digelar

Million Dollar Round Table (MDRT) Indonesia kembali menyelenggarakan MDRT Day Indonesia 2022 pada tanggal 28 Juli 2022.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Darya-Varia Laboratoria Tebar Dividen Rp 123,2 Miliar

PT Darya-Varia Laboratoria Tbk (DVLA) menetapkan pembagian dividen sebesar Rp 123,2 miliar yang bersumber dari laba bersih tahun buku 2021.

EKONOMI | 28 Juni 2022

Mayora IndahIncar Pertumbuhan Penjualan 10% di Tahun Ini

PT Mayora Indah Tbk (MYOR) menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp 21 per saham yang akan mulai dibagikan pada tanggal 27 Juli 2022. 

EKONOMI | 28 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jalankan TJSL, Pegadaian Bantu 2 Desa Binaan di Yogyakarta

Jalankan TJSL, Pegadaian Bantu 2 Desa Binaan di Yogyakarta

EKONOMI | 44 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings