Logo BeritaSatu

DJP: 85 KPP Sudah Capai Target

Senin, 20 Desember 2021 | 12:55 WIB
Oleh : Triyan Pangastuti / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melaporkan jumlah unit vertikal yang telah mencapai target penerimaan pajak mencapai 85 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) hingga Senin (20/12/2021). Angka ini diyakini akan terus bertambah di sisa 2 pekan lagi menuju akhir tahun.

“Hingga Senin 20 Desember 2021 sebanyak 85 KPP (dari sekitar 350 KPP) mencapai target penerimaan 100%. Kemudian target setoran pajak di 3 Kanwil DJP juga telah mencapai target,” tutur akun Twitter Ditjen PajakRI yang dikutip Senin (20/12).

Selain itu, DJP juga menyampaikan terima kasih atas kontribusi wajib pajak yang diperuntukkan untuk pembiayaan dan pembangunan negara. Dengan begitu, kinerja penerimaan pajak secara nasional terus bertambah hingga akhir tahun, sehingga DJP mampu mengamankan target penerimaan pajak 100% pada tahun ini.

Sebelumnya, Staf Ahli Bidang Kepatuhan Pajak Kementerian Keuangan, Yon Arsal, mengatakan realisasi penerimaan pajak pada tahun ini akan tembus target APBN 2021 Rp 1.229,6 triliun. Pasalnya hingga (13/12/2021), penerimaan pajak sudah mencapai 90% atau setara Rp 1.106,6 triliun.

“Insyallah seperti disampaikan bapak Dirjen Pajak (Suryo Utomo) dan Menteri Keuangan (Sri Mulyani), penerimaan pajak hingga akhir tahun bisa mencapai 100%,” ujarnya pekan lalu.

Ia menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan penerimaan KPP mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, di tengah ancaman Covid-19 yang masih berlangsung di tahun ini. Pertama, sisi administrasi yang menunjukkan kegiatan sisi pengawasan kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan dari wajib pajak, melalui pengawasan pembayaran masa (voluntary payment), untuk memastikan bahwa tidak terjadi lagi upaya tax avoidance.

“Pengawasan kunci voluntary wajib pajak, baik sisi kegiatan pengawasan pembayaran masa atau sisi kepatuhan melakukan upaya sedemikian rupa yang terukur sesuai ketentuan yang berlaku,” tutur Yon.

Kemudian faktor kedua, dari sisi kegiatan ekonomi yang mulai pulih sejalan dengan (melandainya kasus Covid-19) dan aktivitas masyarakat dan dunia usaha yang mulai bergerak, hal ini pun mendorong sisi penerimaan pajak meningkat.

Selain itu, adapula faktor harga komoditas yang relatif stabil dan melonjak tinggi sehingga turut mendongkrak penerimaan negara.

“Sisi ekonomi, tahun ini, commodity price relatif stabil, tinggi dukung kita sebagai eksportir komoditi dan aktivitas perdagangan internasional sangat kuat,” tuturnya.

Sementara itu, faktor dari sisi neraca perdagangan Januari-November tercatat surplus US$ 34,32 miliar, surplus ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, alhasil akan menambah sisi penerimaan.

Dengan melandainya kasus aktif covid-19 disertai akselerasi vaksinasi yang terus ditingkatkan, Yon berharap kasus Covid-19 tidak kembali naik, hal ini untuk menjaga proses pemulihan ekonomi yang berjalan. Indikator perbaikan ini sudah tercermin dari sisi mobilitas masyarakat yang mulai meningkat dan konsumsi masyarakat.

“Ini ikut akan mendorong pertumbuhan sisi konsumsi dalam negeri, dikonfirmasi sisi demand side dan PDB tumbuh positif, PPN dalam negeri tumbuh stabil rata rata 6 hingga 10% dalam 3 bulan terakhir, tapi saya pikir ga ada satu faktor single factor tetapi lebih kombinasi dari berbagai faktor sangat favorable. Jadi kombinasi faktor eksternal, faktor kemampuan administrasi meng-capture potensi yang ada dan faktor kepatuhan wajib pajak,” tegasnya.

Sebagai informasi, penerimaan pajak di tahun lalu tidak mencapai target atau shortfall Rp 128,8 triliun, karena penerimaan pajak hanya mampu terkumpul Rp 1.069,98 triliun atau 89,25% dari target yang ditetapkan Rp 1.198,8 triliun dalam Perpres 72/2020.

Adapun pemerintah sempat mencatatkan penerimaan pajak gemilang atau capai target pada tahun 2008 sebesar Rp 571 triliun atau 106,7% dari target Rp 535 triliun.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Digitalisasi Dorong Investasi Makin Diminati Kaum Muda

Ekonom Indef, Nailul Huda mengatakan meningkatnya jumlah investor muda di Indonesia adalah blessing in disguise kencangnya digitalisasi pada masa pandemi.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

Pemerintah Diharapkan Lebih Optimal Jaga Stabilitas Harga Pangan

Pemerintah perlu lebih bekerja keras menjaga stabilitas harga pangan nasional agar daya beli masyarakat terus stabil.

EKONOMI | 4 Oktober 2022

ABM Group Sabet Tujuh Penghargaan dari Kementerian ESDM

ABM Group berhasil meraih tujuh penghargaan berskala nasional dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Core Indonesia: Inflasi Tinggi Bisa Gerus Daya Beli

Tingkat inflasi tahun kalender pada September 2022 yang sebesar 4,84% sudah melampaui target yang ditetapkan pemerintah di kisaran 3% plus minus 1%.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Investor Daily Summit Angkat Isu Digital, Resources, Services

Investor Daily Summit (IDS) 2022 yang diselenggarakan 11-12 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) akan mengangkat tiga pilar utama.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

E-Commerce dan Online Travel Jadi Kekuatan Ekonomi Digital

Ekonomi digital Indonesia diproyeksi tumbuh 20% dari tahun 2021 menjadi US$ 146 miliar pada 2025.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Kompetisi ICStar Hackathon 2022 Latih Kemampuan Robotic dan Teknologi

Kompetisi ICStar Hackathon 2022 memberikan pelatihan kepada 78 peserta dari seluruh Indonesia dan negara seperti Malaysia dan Afrika Selatan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Ketidakpastian Tinggi, Enggartiasto Ajak Masyarakat Optimistis

Executive Chairman Beritasatu Media Holdings Enggartiasto Lukita mengajak masyarakat harus tetap optimistis.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

IWIP Asah Keahlian dan Kemampuan Tenaga Kerja Maluku Utara

Program pelatihan yang digelar PT IWIP menjadi upaya dalam menyiapkan tenaga kerja yang siap dalam dunia industri.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Indonesia Diyakini Tak Sampai Alami Resesi di 2023

Indonesia diyakini tidak akan sampai mengalami resesi ekonomi pada 2023 di tengah kondisi perekonomian global yang masih bergejolak.

EKONOMI | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

Tragedi Kanjuruhan, Suporter Barito Putera Nyalakan Lilin

BOLA | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings