Logo BeritaSatu

Status Badan Hukum Perkuat Peran BUMDesa bagi Perekonomian

Senin, 20 Desember 2021 | 14:19 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan, lahirnya Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang memberikan status badan hukum bagi badan usaha milik desa (BUMDesa) kian menguatkan BUMDesa sebagi entitas ekonomi yang mempunyai kedudukan yang sama dengan entitas ekonomi lainnya.

Menurut Abdul Halim Iskandar, status badan hukum akan kian menegaskan peran penting BUMDesa sebagai instrumen kebangkitan desa di Indonesia. Saat ini Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus melakukan perbaikan manajamen, menambah permodalan, hingga menuntaskan proses transformasi UPK eks PNPM Mandiri Perdesaan, menjadi BUMDesa Bersama.

“BUMDesa merupakan salah instrumen kebangkitan desa. Dengan adanya status badan hukum, maka BUMDesa akan kian berpotensi menjadi kekuatan ekonomi Indonesia di masa depan,” ujar Abdul Halim Iskandar di acara peluncuran Sertifikat Badan Hukum BUMDesa dan Rapat Koordinasi Nasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) 2021, yang juga disiarkan secara daring, Senin (20/12/2021).

Abdul Halim menjelaskan, saat ini BUMDesa bersama UMKM, ultra mikro dan koperasi berkontribusi terhadap 61% dari total produk domestik bruto (PDB) nasional. Menurutnya fakta ini menunjukkan jika BUM Deas mempunyai peran sangat penting bagi kebangkitan ekonomi nasional terutama setelah dihantam resesi akibat Pandemi Covid-19.

Proses revitalisasi BUMDesa juga terus dilakukan Kemendes PDTT. Melaui Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 3/2021, dibuka pendaftaran bagi BUMDesa untuk menjadi badan hukum. Selain itu dilakukan pendataan jenis usaha, omset, nilai asset serta kondisi objektif BUMDesa melalui Sistem Informasi Desa (SID). Pendataan ini untuk memastikan jika BUMDes memang sehat secara ekonomi.

"Saat ini terdapat 5.170 dari 26.903 BUMDesa, dan 80 dari 1.665 BUMDesa Bersama telah mengajukan sebagai badan hukum. Hari ini, menjadi tonggak sejarah, peluncuran sertifikat badan hukum 1.604 BUMDesa dan 23 BUMDesa Bersama,” ujarnya.

Abdul Halim mengungkapkan nilai valuasi BUMDesa di Indonesia lebih dari Rp 20 triliun. Sebagai gambaran hasil konsolidasi unit pengelola kegiatan (UPK) eks program nasional pemberdayaan masyarkat (PNPM) mandiri perdesaan, menjadi BUMDesa Bersama saja bernilai sekitar Rp 12,4 triliun. Sedangkan saat ini ada 57.288 BUMDesa dengan berbagai kondisi di seluruh Indonesia.

“Harapan masyarakat terhadap BUMDesa sebagai motor penggerak ekonomi juga semakin tinggi. Buktinya selama pandemi ini pendirian BUMDesa juga masih terus berlangsung. Selama 2020-2021 saja ada 6.197 BUMDesa yang berdiri,” ungkap Abdul Halim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wamenaker Dukung Kerja Sama Binawan Group dan AOTS Jepang

Binawan Group menjalin kerja sama strategis dengan AOTS Jepang untuk memperkuat jaringan dan komunikasi stakeholders khususnya untuk caregiver atau careworker.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Incar Pendapatan Naik Jadi Rp 3 T, Simak Strategi Bukalapak

Bukalapak akan memperluas jangkauan kepada mitra, pelapak online, dan pelanggan dengan menyediakan solusi dengan fokus pengembangan specialized platforms.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Pelaku Bisnis Didorong Lakukan Transaksi Keuangan Elektronik

Ada beberapa peluang yang bisa menjadi pendorong pertumbuhan revenue jika retailer menggunakan transaksi keuangan elektronik atau digital payments.

EKONOMI | 29 Juni 2022

OJK Pede Stabilitas Sistem Keuangan Tetap Terjaga

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan indikator perekonomian dan kinerja sektor jasa keuangan masih terjaga dengan baik di tengah dinamika ekonomi global.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Sunter Lakeside Hotel Catat Peningkatan Gross Profit 12,18 Persen pada 2021

PT Sunter Lakeside Hotel Tbk konsisten meningkatkan kinerja bisnis seiring dengan perkembangan industri perhotelan yang kian pulih.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Simak 5 Aset Kripto yang Berpotensi Bullish pada Pekan Ini

Pergerakan pasar aset kripto memasuki tengah pekan ini masih terlihat stagnan, namun cenderung menurun.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Allianz Life Bukukan Premi Rp 3,8 Triliun di Kuartal I 2022

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) membukukan pendapatan premi bruto atau gross written premium (GWP) Rp 3,8 triliun di kuartal I 2022

EKONOMI | 29 Juni 2022

Pertalite Dibatasi, Ini Kelebihan dan Kekurangan MyPertamina

Pengguna Pertalite perlu mendaftarkan di sistem MyPertamina dan memahami penggunaannya serta fitur-fitur menarik di dalamnya.

EKONOMI | 29 Juni 2022

Tokopedia Luncurkan Spot Award, Program Apresiasi Karyawan

Tokopedia baru saja meluncurkan Spot Award, sebuah program untuk mengapresiasi karyawan-karyawan.

EKONOMI | 29 Juni 2022

PUPR Tetapkan Tiga Pemenang Sayembara Rancang Kawasan IKN

Ibu Kota Negara (IKN) akan dibangun secara bertahap hingga 2045 dengan mengusung konsep Future Smart Forest City of Indonesia.

EKONOMI | 29 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 sampai 29 Juni 2022

Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 sampai 29 Juni 2022

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings